Mayoritas Muslim Memilih untuk Menerima Otonomi Bangsamoro

KIBLAT.NET, Manila – Penghitungan suara tidak resmi atas plebisit atau referendum pada Selasa (22/01/2019) di dua provinsi menunjukkan setuju untuk pengesahan Bangsamoro Organic Law (BOL). UU akan memberikan kewenangan yang lebih luas bagi Bangsamoro terhadap wilayah selatan Filipina.

Mayoritas suara “ya” datang dari provinsi Maguindanao dan Basilan di Daerah Otonomi Muslim Mindanao (ARMM) sebagai wilayah inti awal dari entitas politik Bangsamoro yang baru. Sebuah entitas politik baru yang disebut Daerah Otonomi Bangsamoro di Mindanao Muslim (BARMM) akan menggantikan Daerah Otonomi di Muslim Mindanao saat ini (ARMM).

Maguindanao, yang memiliki populasi pemilih terbesar di ARMM, sangat setuju dengan BOL dengan 458.831 suara “ya” dibandingkan dengan 6.579 suara “no.” Hal yang sama berlaku untuk provinsi Basilan di mana “ya” didapatkan 24.000 suara dibanding 5.000 suara “tidak”.

Yang ditunggu-tunggu adalah hasil plebisit dari provinsi komponen ARMM lainnya seperti Lanao de Sur, Sulu dan Tawi Tawi serta kota-kota Marawi, Isabela dan Cotabato.

Secara keseluruhan, Komisi Pemilihan Umum Filipina serta perwira militer dan polisi sepakat bahwa plebisit pada hari Senin yang melibatkan lebih dari dua juta penduduk berlangsung damai. Meskipun terjadi penundaan dalam pembukaan tempat pemilihan terutama di Kota Cotabato.

Para pejabat juga setuju bahwa pemungutan suara itu berhasil. Anggota Front Pembebasan Islam Moro (MILF) juga memberikan suara mereka untuk pertama kalinya.

“Secara keseluruhan, plebisit BOL berhasil. Kami hanya harus menunggu hasilnya,” kata Jimenez di tengah optimisme bahwa para pendukung BOL akhirnya akan menang untuk pembentukan entitas politik Bangsamoro yang lebih kuat dan lebih otonom.

Menurut Jimenez, daerah pemilihan dibuka secara menyeluruh di semua wilayah pada hari Senin. Namun, 24 dari 374 tempat pemilihan di Kota Cotabato dibuka selama empat jam karena para guru yang mendapatkan jatah pemilihan tidak muncul.

Sumber: Gulf News
Redaktur: Ibas Fuadi

Ingin Langganan Artikel?
Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan update artikel terbaru.
Anda dapat berhenti langganan kapan saja.
Anda mungkin juga berminat