... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Hekmatyar Maju dalam Pencalonan Presiden Afghanistan

Foto: Gulbuddin Hekmatyar

KIBLAT.NET, Kabul – Gulbuddin Hekmatyar, pemimpin Hezb-e-Islami (Partai Islam) mencalonkan diri sebagai presiden Afghanistan. Hekmatyar akan berhadapan dengan petahana Ashraf Ghani.

Dikutip Al-Arabiya, Sabtu (19/01/2019), Hekmatyar berjanji untuk memulihkan perdamaian dan keamanan. Dia juga mengatakan pemerintah saat ini telah gagal mengakhiri perang dengan Taliban.

“Situasi negara kita membutuhkan pemerintahan pusat yang kuat yang dipimpin oleh presiden terpilih yang didukung oleh mayoritas orang,” katanya dalam konferensi pers di Kabul.

Hekmatyar berjuang pada tahun delapan puluhan melawan Uni Soviet dan menjadi perdana menteri pada tahun sembilan puluhan, sebelum munculnya kekuasaan Taliban. Amerika Serikat menyatakan dirinya sebagai teroris pada tahun 2003.

PBB juga telah menempatkan namanya di daftar hitam. Namun telah dihapus pada tahun 2017 pasca dirinya melakukan perjanjian dengan pemerintah Afghanistan.

Sejak 14 tahun yang lalu, Partai Islam memerangi pemerintah Afghanistan di bagian yang berbeda dari negara itu, dan dilakukan terutama terhadap pasukan Afghanistan dan serangan bom di Kabul.

Pada tahun 2016, Hekmatyar menjalin kesepakatan dengan pemerintah Afghanistan, yang meliputi pengampunan bagi anggota Partai Islam dan pembebasan mereka dari tahanan, penghapusannya dari daftar hitam PBB dan juga pengakuan Partai Islam sebagai partai politik.

Kesepakatan yang dijalin Hekmatyar itupun mendapat kritikan keras dari ulama jihadis Abu Muhammad Al-Maqdisi. “Inilah ending perjalanan tanpa manhaj yang jelas. Maka kenalilah itu,” ungkapnya

BACA JUGA  Petinggi Pentagon Tiba-tiba Temui Presiden Afghanistan

Al-Maqdisi lalu mengutip perkataan Ilqimah yang menasihati saudaranya mengenai masalah masuk ke pintu penguasa, “Engkau tidak akan mencelakai dunia mereka sedikit pun. Sebaliknya mereka akan mencelakai agamamu, yang lebih baik daripada urusan dunia.”

Sumber: Al-Arabiya
Redaktur: Ibas Fuadi

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Jawab Tudingan Alumni Suriah, ACT: Sangat Tidak Berdasar

"Mereka kan ada di Damaskus, mungkin mereka cukup nyaman berada di wilayah kekuasaan Assad, sehingga kita paham juga kondisi mereka," kata Vice President ACT Syuhelmaidi Syukur.

Ahad, 20/01/2019 14:30 2

Indonesia

Muslim Uighur Donasikan 5 Kapal untuk Nelayan Korban Tsunami di Lampung

Bantuan uang tunai ini diterima oleh AQL Peduli yang kemudian mempercayakan kepada One Care Lampung untuk pendistribusiannya.

Ahad, 20/01/2019 13:54 0

Indonesia

Kapan Sebenarnya Ust. ABB Akan Dibebaskan? Ini Jawaban TPM

Ustadz Abu Bakar Baasyir dikabarkan akan dibebaskan dari Lembaga Pemasyarakatan Gunung Sindur Bogor, dalam waktu dekat.

Ahad, 20/01/2019 12:08 0

Indonesia

Densus 88 Bicara Soal Suriah, dari Intervensi Israel Hingga Isu Sunni-Syiah

"Karena Suriah itu paling berani melawan Israel. Jadi kalau Indonesia mau aman salah satunya jangan terlalu keras sama Israel, barangkali," kata Kabagbanops Densus 88, Kombes Pol. Ahmad Nurwahid.

Ahad, 20/01/2019 11:30 0

Indonesia

Alumni Suriah Tuding 14 NGO Tak Salurkan Bantuan untuk Warga

Sekjen Alumni Suriah, Najih Arromadhoni menuding bahwa hampir semua bantuan kemanusiaan yang disalurkan ke Suriah tidak bisa dipertanggungjawabkan.

Ahad, 20/01/2019 10:48 0

Opini

Sunnatullah Pembebasan Ust. ABB

Ustadz ABB bebas itu sudah ketentuan Allah.

Ahad, 20/01/2019 10:21 0

Artikel

Menyibak Mitos Milenial

Demikian berpengaruhnya daya sihir milenial dengan segala atributnya, membuat politisi berakrobat memikat simpati millenial. Hal-hal yang tak masuk akal pun dilakukan demi mendekati mereka.

Sabtu, 19/01/2019 21:45 0

Video News

BEM SI Tuntut Debat Capres-Cawapres Digelar di Kampus

KIBLAT.NET- Badan Eksekutif Mahasiswa-Seluruh Indonesia (BEM-SI) menggelar aksi demonstrasi di depan Hotel Bidakara, Tebet, Jakarta...

Sabtu, 19/01/2019 14:22 0

Video News

Densus 88: Radikalisme Ada di Semua Agama

KIBLAT.NET- Kabagbanops Densus 88 AT Polri, Kombes Pol. R. Ahmad Nurwahid SE. M.M mengatakan bahwa...

Sabtu, 19/01/2019 14:14 0

Manhaj

Ambisi Kekuasaan dalam Perspektif Islam

Sepekan yang lalu kita dikejutkan dengan adanya seorang caleg yang meminta kepada keluarganya untuk memindahkan kuburan.

Sabtu, 19/01/2019 10:07 0

Close