... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Mosaik Mirip Salib di Depan Balkot Solo, LUIS Layangkan Protes

Foto: Penampakan jalan depan Ballai Kota Solo dilihat dari drone.

KIBLAT.NET, Solo – Sebuah pemandangan baru di jalan depan Balai Kota Solo menjadi sorotan warga. Pasalnya, terlihat penampakan mirip motif salib jika koridor jalan Jenderal Sudirman itu dilihat dari ketinggian. Menjadi mirip karena di sisi selatannya berbentuk lebih panjang.

Laskar Umat Islam Surakata (LUIS) mempertanyakan penampakan tersebut. Humas (LUIS), Endro Sudarsono, pada Rabu (16/01/2019) melayangkan surat terbuka untuk Wali Kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo.

Menurutnya, beberapa komunitas muslim Solo Raya ikut mempertanyakan kemiripannya dengan salib. Endro mengatakan, jalan Jendral Sudriman diambil dari nama tokoh muslim. Ia berharap untuk tidak dinodai dengan mosaik yang mirip dengan simbol agama tertentu.

“Kami berharap jalan jenderal Sudirman, nama seorang tokoh Muslim, tokoh perang gerilya tidak dinodai dengan mosaik yang mirip Salib,” ungkapnya melalui keterangan pers.

Endro menilai, renovasi dan kreasi yang mengarah pada peningkatan pariwisata tidaklah harus berpolemik dan menciptakan isu SARA yang akan berdampak pada kondusifitas dan kenyamanan kota Solo

Di sisi lain, pihaknya meminta kepada Wali Kota Solo untuk bisa menyerap aspirasi warga. Terlebih, terkait keluhan kenyamanan bertransportasi dan tetap menjaga perasaan umat beragama yang lain.

“Warga mengeluhkan perubahan aspal menjadi paving, jalan terasa nggronjal, kurang nyaman,” katanya.

Di akhir, Endro meminta Pemkot Surakarta untuk mengevaluasi dan mengganti mosaik tersebut dengan motif lain yang sebisa mungkin agar tidak menimbulkan keresahan warga.

BACA JUGA  Pengidap Gangguan Jiwa Nyoblos, Panti Rehabilitasi Akui Belum Ada Sosialisasi

Jalan Jenderal Sudirman di depan Balai Kota Surakarta awalnya berupa aspal hitam biasa. Pada bulan September 2018, jalan tersebut mulai direnovasi. Menurut situs Pemerintah Kota Solo renovasi tersebut disiapkan untuk menegaskan Solo sebagai Kota Bengawan.

Reporter: Reno
Editor: M. Rudy

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Suriah

Rusia Kirim 500 Tentara Tambahan ke Idlib Suriah

Kementerian Pertahanan Rusia sebelumnya telah memutuskan untuk mengurangi kehadiran militernya di Suriah dan penarikan sejumlah unit.

Rabu, 16/01/2019 14:34 0

Suriah

Kurang Perawatan Medis, 15 Bayi Suriah Tewas Kedinginan

Delapan dari mereka tewas akibat kedinginan di kamp Rukban di Suriah tenggara, dan tujuh lainnya tewas ketika akan mengungsi dari Hajin.

Rabu, 16/01/2019 14:05 0

Suriah

Fatah Perkuat Hubungan dengan Bashar Assad

Otoritas Palestina (PA) memperkuat hubungan dengan rezim Suriah Bashar Assad dengan membuka Radio dan TV Palestina di Damaskus.

Rabu, 16/01/2019 13:11 0

Suriah

Manuver HTS dan Upaya Mediasi Antar Oposisi di Suriah

Koalisi oposisi jihadis Haiah Tahrir Syam (HTS) dilaporkan semakin memperkuat posisi di bagian barat laut Suriah dalam beberapa pekan terakhir.

Rabu, 16/01/2019 10:37 0

Afrika

Al-Shabaab Somalia Kembali Gelar Operasi di Ibukota Kenya

Juru bicara gerakan, Syaikh Abu Mush’ab, saat dikonfirmasi Reuters mengatakan bahwa pihaknya akan mengeluarkan rincian operasi tersebut.

Rabu, 16/01/2019 09:10 0

Afghanistan

Taliban Ancam Mundur dari Perundingan dengan AS

Ancaman itu dikeluarkan untuk menekan AS menarik pasukannya dari Afghanistan

Rabu, 16/01/2019 07:58 0

Turki

Erdogan dan Trump Bahas Zona Penyangga di Suriah

Erdogan mengatakan kepada wartawan bahwa kemudian daerah itu dapat diperluas hingga lebih dari 20 mil tetapi tidak menentukan jaraknya.

Rabu, 16/01/2019 07:14 0

Suara Pembaca

Harga Tiket Pesawat Hanya Turun Setengah Tiang

Namun setidaknya dompet kita tidak terlalu terkuras.

Selasa, 15/01/2019 23:56 0

Feature

Nasib Uighur dan Jerat Investasi Cina di Pakistan

"Ada bahaya bagi kita semua di Pakistan sekarang. Siapa pun yang mulai mengatakan saya Uighur, saya orang Turkistani, berada dalam bahaya."

Selasa, 15/01/2019 19:12 0

Qatar

Qatar Tolak Normalisasi Hubungan dengan Rezim Bashar Assad

Normalisasi hubungan dengan rezim Suriah pada tahap ini berarti normalisasi terhadap seseorang yang terlibat dalam kejahatan perang," kata Syaikh Mohammed.

Selasa, 15/01/2019 17:11 0

Close