... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Bersama AQL Peduli, Rombongan Uighur Salurkan Bantuan untuk Korban Tsunami

Foto: Bersama AQL Peduli, Rombongan Uighur Salurkan Bantuan untuk Korban Tsunami

KIBLAT.NET, Banten – Rombongan diaspora Uighur yang diketuai oleh Seyyit Tumturk, Ketua Majelis Nasional Turkistan Timur, menyalurkan bantuan berupa uang senilai USD 30.000 atau sekitar Rp423 juta untuk korban bencana tsunami Selat Sunda di Pandeglang, Banten. Bersama AQL Peduli, diaspora Uighur memberikan bantuan tersebut di empat titik di Pandeglang, Banten.

Titik pertama yang didatangi adalah Desa Cigujang, Tanjungjaya. Rombongan disambut hangat oleh penduduk sekitar. Melalui bantuan penerjemah, Seyyit Tumturk bercengkerama dengan Maman ketua RT 02 Kampung Cigujang, dan Sunarta, Ketua RW 12 Tanjung Jaya.

“Jauh-jauh dari Turkistan Timur datang ke sini, memberikan bantuan dengan sangat ikhlas, saya pun menerima apapun yang diberikan, yang penting adalah keikhlasannya,” ujar Maman.

Sunarta menambahi, “Kami tidak bisa berbicara banyak, yang bisa kami ucapkan hanyalah berterima kasih atas kebaikan dari turki tadi, hanya Allah yang tau, kami minta doakan dari mereka supaya kami diberi ketenangan.”

Melalui AQL Peduli, rombongan Uighur memberikan bantuan sebesar Rp50 juta untuk warga yang kehilangan rumahnya.

Rombongan lalu mendatangi Desa Cikoneng, Tanjung Jaya. Dari kejauhan anak-anak tampa sudah berkumpul menunggu rombongan. Setiba di sana, Gulbakhar Cililova, mantan tahanan kamp konsentrasi Uighur memberikan minuman susu kotak kepada mereka.

Secara simbolik, rombongan Uighur juga memberikan bantuan sebesar Rp50 juta kepada warga Desa Cikoneng yang diterima Ketua RT 03 Desa Banyuasih, Kecamatan Cigelis.

BACA JUGA  Kepolisian Malaysia Menolak Bawaslu-KPU Mengecek Surat Suara Tercoblos, Ini Alasannya

“Harapan saya yang mewakili semua, saya mengucapkan banyak terimakasih, kepada donatur dari uighur, terimakasih atas bantuannya,” ujar Juharna.

Sebelum bergeser ke Kecamatan Sumur, Seyyit Tumturk menyempatkan diri untuk memberikan jajanan kepada anak-anak yang berkumpul. Sepanjang perjalanan menuju Kecamatan Sumur, masih terlihat sisa-sisa rumah warga yang dihempas tsunami.

Khusus untuk terdampak di daerah Kecamatan Sumur, AQL Peduli menyalurkan bantuan dari Uighur sebanyak Rp200 juta. Di Desa Sumberjaya Kecamatan Sumur, lebih dari 50 rumah yang hancur total.

“Meskipun rumahnya hancur, namun Allah masih memberi keselamatan kepada kalian,” ujar Seyyit kepada kepada warga.

Agung, salah satu warga Sumur mmengaku sangat berterima kasih kepada rombongan Uighur. “Lagi kesusahan, tapi dia masih membantu kita, karena rasa peduli mereka sesama muslim. Padahal di sini tidak banyak yang tau tentang Uighur ini,” ujar Agung.

Mengakhiri kunjungan ini, rombongan Uighur bertemu dengan Imam Masjid Al-Barkah, KH. Zamakhsyar usai mengerjakan shalat Ashar. KH. Zamakhsyar pun mengungkapkan rasa terima kasih atas bantuan yang diberikan kepada warga Banten.

“Kami masyarakat Banten, berterimakasih atas kunjungannya dan menyatakan belasungkawa kami. Kami merasa sangat bersimpati terhadap muslim di Cina yang tertindas mudah-mudahan ukhuwah Islamiyah kita dengan muslim sangat baik, karena semua muslim adalah saudara,” ujarnya.

Usai menyalurkan bantuan, rombongan Uighur langsung bertolak ke Bandara Soekarno-Hatta untuk terbang kembali ke Turki. Bantuan yang disalurkan melalui AQL Peduli sebesar Rp300 juta. Adaun sisanya, sekitar Rp120 juta akan disalurkan kepada warga Lampung yang terkena tsunami.

BACA JUGA  Tokoh Lintas Agama Serukan Pemilu Damai

Reporter: Muhammad Jundii
Editor: M. Rudy

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Suriah

Rusia Kirim 500 Tentara Tambahan ke Idlib Suriah

Kementerian Pertahanan Rusia sebelumnya telah memutuskan untuk mengurangi kehadiran militernya di Suriah dan penarikan sejumlah unit.

Rabu, 16/01/2019 14:34 0

Suriah

Kurang Perawatan Medis, 15 Bayi Suriah Tewas Kedinginan

Delapan dari mereka tewas akibat kedinginan di kamp Rukban di Suriah tenggara, dan tujuh lainnya tewas ketika akan mengungsi dari Hajin.

Rabu, 16/01/2019 14:05 0

Suriah

Fatah Perkuat Hubungan dengan Bashar Assad

Otoritas Palestina (PA) memperkuat hubungan dengan rezim Suriah Bashar Assad dengan membuka Radio dan TV Palestina di Damaskus.

Rabu, 16/01/2019 13:11 0

Suriah

Manuver HTS dan Upaya Mediasi Antar Oposisi di Suriah

Koalisi oposisi jihadis Haiah Tahrir Syam (HTS) dilaporkan semakin memperkuat posisi di bagian barat laut Suriah dalam beberapa pekan terakhir.

Rabu, 16/01/2019 10:37 0

Afrika

Al-Shabaab Somalia Kembali Gelar Operasi di Ibukota Kenya

Juru bicara gerakan, Syaikh Abu Mush’ab, saat dikonfirmasi Reuters mengatakan bahwa pihaknya akan mengeluarkan rincian operasi tersebut.

Rabu, 16/01/2019 09:10 0

Afghanistan

Taliban Ancam Mundur dari Perundingan dengan AS

Ancaman itu dikeluarkan untuk menekan AS menarik pasukannya dari Afghanistan

Rabu, 16/01/2019 07:58 0

Turki

Erdogan dan Trump Bahas Zona Penyangga di Suriah

Erdogan mengatakan kepada wartawan bahwa kemudian daerah itu dapat diperluas hingga lebih dari 20 mil tetapi tidak menentukan jaraknya.

Rabu, 16/01/2019 07:14 0

Suara Pembaca

Harga Tiket Pesawat Hanya Turun Setengah Tiang

Namun setidaknya dompet kita tidak terlalu terkuras.

Selasa, 15/01/2019 23:56 0

Feature

Nasib Uighur dan Jerat Investasi Cina di Pakistan

"Ada bahaya bagi kita semua di Pakistan sekarang. Siapa pun yang mulai mengatakan saya Uighur, saya orang Turkistani, berada dalam bahaya."

Selasa, 15/01/2019 19:12 0

Qatar

Qatar Tolak Normalisasi Hubungan dengan Rezim Bashar Assad

Normalisasi hubungan dengan rezim Suriah pada tahap ini berarti normalisasi terhadap seseorang yang terlibat dalam kejahatan perang," kata Syaikh Mohammed.

Selasa, 15/01/2019 17:11 0

Close