Sri Bintang Pamungkas: Ada Mafia Peradilan di Indonesia

KIBLAT.NET, Jakarta – Aktivis Sri Bintang Pamungkas menyebut adanya mafia peradilan di Indonesia. Ia mengatakan, praktik tersebut sudah terjadi sejak era Presiden Soeharto.

“Jadi kalau zamannya Soeharto dulu, datangnya instruksi seseorang dihukum berapa lama itu datangnya dari presiden memalui menteri kehakiman, melalui jaksa agung,”ujar Sri Bintang pada Selasa (15/01/2019) di Htel Gran Alia Cikini, Jakarta.

Ia menuturkan, kini praktik mafia peradilan di Indonesia masih eksis dan dikuasai satu kelompok tertentu. Sri Bintang juga menyebut ada banyak posisi dalam dunia peradilan yang terlibat, mulai dari hakim, jaksa penuntut umum, panitera, bahkan hingga pengacara terdakwa.

“Jadi kalau ini disampaikan ke dunia internasional saya kira memalukan. Kita malu punya negara hukum seperti ini. Banyak hakim begitu,”ujarnya.

Diakhir, Sri Bintang pun berpesan agar jika di tahun 2019 terpilih presiden baru, maka presiden tersebut harus membersihkan dunia peradilan Indonesia dengan cara mengganti hakim-hakim yang terlibat.

“Jadi, kita harus siap-siap. Nanti rezim baru itu harus banyak merekrut sarjana hukum. Untuk menggantikan hakim-hakim yang kurang ajar itu,”tandasnya.

Reporter: Qoid
Editor: Izhar Zulfikar

Ingin Langganan Artikel?
Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan update artikel terbaru.
Anda dapat berhenti langganan kapan saja.
Anda mungkin juga berminat