Soal Tim Gabungan dari Polri, Novel: Ungkap Saja, Jangan Hanya Formalitas

KIBLAT.NET, Jakarta – Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Novel baswedan mengkritisi pembentukan tim gabungan dari Polri untuk menuntaskan kasus yang menimpa dirinya. Ia menegaskan bahwa tolak ukur tim ini berhasil atau tidak tentu dilihat dari bagaimana mengungkap kasus tersebut

“Tentunya kita semuanya akan menilai tim ini akan bekerja benar atau tidak, indikatornya adalah bisa atau tidak ini diungkap dengan benar,” ujarnya kepada awak media di kantor KPK, Jakarta Pusat pada Selasa (15/01/2019).

Ia juga mengaku mendapatkan bukti-bukti dan fakta-fakta proses penyidikan yang dilakukan tidak sungguh-sungguh untuk mengungkap pelakunya. Maka, ia menekankan kesungguhan tim ini untuk mengungkap kasusnya.

“Oleh karena itu sudahlah, kalo memang mau diungkap, ungkap dengan benar. Jangan hanya tim ini memenuhi formalitas rekomendasi dari Komnas HAM,” tuturnya.

Selain itu, dirinya juga khawatir bila kasus ini tak lekas diungkap, justru bebanan pembuktian akan seutuhnya di tetapkan kepadanya.

“Saya khawatir kemudian karena sengaja untuk tidak diungkap, maka seolah-olah beban pembuktian di tetapkan kepada saya,” jelasnya.

Reporter: Syuja Asadullah
Editor: Izhar Zulfikar

Ingin Langganan Artikel?
Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan update artikel terbaru.
Anda dapat berhenti langganan kapan saja.
Anda mungkin juga berminat