... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Perzinaan Berisiko Mengganggu Kesehatan Mental

KIBLAT.NET – Sudah banyak yang memahami, apabila perilaku perzinaan dapat menularkan penyakit, terutama penyakit menular seksual. Yang jarang diketahui atau tidak disadari, perzinaan juga dapat berpengaruh pada kejiwaan atau kesehatan mental.

Penyakit menular seksual akibat seks bebas, antara lain HIV, herpes simpleks, kutil kelamin, sifilis, gonore, hepatitis B, hepatitis C, dan klamidia “hanya” menyerang fisik. Namun terdapat efek yang menyerang psikis, misalnya risiko kehamilan yang tidak diinginkan dan kemungkinan aborsi.

Di era keterbukaan ini, berbagai aplikasi dan forum online terkadang justru mempermudah para penggunanya menemukan pasangan untuk melakukan perzinaan. Perzinaan ini biasanya terjadi karena berbagai alasan, mulai dari rasa penasaran dan keinginan bereksplokrasi, sedang mabuk, pengaruh pergaulan, atau sekadar ingin membuat orang lain cemburu.

Sebagian orang jelas hanya menginginkan hubungan semalam, “kencan” tanpa status (no strings attached), atau hubungan friends with benefits. Tetapi mungkin ada juga yang diam-diam ingin mencari hubungan jangka panjang. Jika hal ini yang sebenarnya dicari, hubungan seksual bebas tanpa komitmen atau tanpa hubungan emosional, akan membuat seseorang merasa rendah diri dan rentan mengalami depresi.

Perasaan tersebut akan lebih mudah muncul terutama jika hubungan seksual dilakukan pada saat mengalami peristiwa buruk atau setelahnya, misalnya baru saja diberhentikan dari pekerjaan. Selain itu, juga bila seks bebas dilakukan sebagai bentuk pelampiasan emosi.

Meski saat melakukan perzinaan kamu bisa merasa diinginkan atau merasa puas, tetapi hal ini umumnya hanya bersifat sesaat. Selanjutnya, kamu justru akan merasa bersalah, menyesal atau malu. Hal ini dapat terjadi baik pada perempuan, maupun laki-laki, tetapi paling sering dialami oleh wanita, terutama di awal usia 20-an. Biasanya lebih sulit bagi wanita untuk berhubungan seksual tanpa mengharapkan apapun lebih lanjut.

Dalam penelitian ditemukan bahwa sebagian orang merasa lebih kesepian, cemas, stres, lebih tidak puas akan hidup, lebih tidak bahagia, bahkan depresi, setelah melakukan seks bebas.

Hubungan seks yang sehat yaitu hubungan seks yang dilakukan untuk menjalin keintiman dalam jangka panjang melalui pernikahan. Jika seks bebas cenderung dapat membuat mental terganggu, seks yang dilakukan setelah menikah justru dapat membuat seseorang lebih sehat, tidak hanya secara fisik, tapi juga secara psikologis, emosional, intelektual dan sosial.

Seperti olahraga, seks sehat dalam pernikahan dapat mengurangi kecemasan dan stres, serta membuat seseorang lebih bahagia. Dan yang terpenting, tidak perlu khawatir dengan kehamilan bahkan bisa menjadi salah satu motivasi.

Sumber: Alodokter
Editor: Azzam

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

MUI: Kebijakan Sertifikat Layak Kawin Sebelum Menikah di Jakarta Bagus

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mewajibkan warganya yang hendak menikah untuk mempunyai sertifikat layak kawin terlebih dahulu

Senin, 14/01/2019 21:18 0

Indonesia

Tanggapi Pernyataan Ma’ruf Amin Soal Ahok, Sekjen MUI: Sikap Keagamaan Lahir Bukan karena Dipaksa

Sekertaris Jenderal Majelis Ulama Indonesia, KH. Anwar Abbbas angkat suara mengenai penyataan Ketua Umum MUI nonaktif, KH. Ma'ruf Amin yang mengatakan dirinya terpaksa ketika menjadi saksi yang menjelaskan sikap keagamaan MUI dalam persidangan penodaan agama oleh Ahok.

Senin, 14/01/2019 21:07 0

Indonesia

Beda Pilihan Politik Antar-Keluarga, Dua Makam di Gorontalo Dibongkar

Hanya karena perbedaan sikap politik di kalangan keluarga besar, dua kuburan dibongkar dan dipindahkan lokasinya.

Senin, 14/01/2019 20:44 0

Suara Pembaca

Mengintip Celah (De)legitimasi Pemilu 2019

Pemilu Serentak 2019 tinggal hitungan bulan, namun legitimasinya masih menjadi soal.

Senin, 14/01/2019 19:49 0

Indonesia

Bupati Neneng: Tjahjo Kumolo Bilang ke Saya, Tolong Perizinan Meikarta Dibantu

Bupati nonaktif Bekasi, Neneng Hasanah Yasin mengungkapkan bahwa Mendagri Tjahjo Kumolo meminta dirinya untuk memuluskan perizinan Meikarta.

Senin, 14/01/2019 19:43 0

Video News

Kiblat Review: Menguji Integritas KPU

KIBLAT.NET- Isu yang hangat di media pemberitaan dan media social adalah sorotan kepada KPU, komisi...

Senin, 14/01/2019 18:20 0

Qatar

Qatar Tak Punya Rencana Buka Kembali Kedutaan di Suriah

Tidak ada juga tanda-tanda yang mendorong untuk normalisasi hubungan dengan pemerintah Suriah.

Senin, 14/01/2019 17:10 0

Indonesia

Diaspora Uighur Temui MUI, Ini yang Dibahas

Pertemuan tersebut berlangsung tertutup.

Senin, 14/01/2019 16:48 0

Amerika

Trump Ancam Hancurkan Ekonomi Turki Jika Serang Kurdi

"(AS) akan menghancurkan Turki secara ekonomi jika mereka menghantam suku Kurdi," tulis Trump di Twitter.

Senin, 14/01/2019 16:25 0

Indonesia

Lewat ACT, Warga Uighur Salurkan Bantuan USD 20.000 untuk Korban Tsunami Selat Sunda

Bantuan tersebut merupakan sumbangan diaspora Uighur yang berada di Turki.

Senin, 14/01/2019 15:38 0

Close