... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Hikmat Walid Kembali Pimpin IM Suriah

Foto: Muhammad Hikmat Walid

KIBLAT.NET, Damaskus – Ikhwanul Muslimin (IM) Suriah, Ahad (13/01), memilih pemimpin baru bagi gerakannya. Adalah Muhammad Hikmat Walid diamanahi kembali jabatan, yang dalam struktur IM disebut Muraqib Aam.

“Dewan Syura Jamaah memilih kembali Dr. Muhammad Hikmat Walid sebagai Muraqib Aam untuk empat tahun ke depan,” kata pernyataan resmi IM Suriah melalui akun Twitter pada Ahad.

IM Suriah mendefinisikan dirinya sebagai bagian dari IM di dunia yang didirikan oleh Hassan al-Banna di Mesir pada tahun 1928.

Pada 1980-an, IM Suriah mendapat cobaan besar dari rezim Hafez al-Assad. Ayah Bashar Assad itu meluncurkan operasi penangkapan dan militer menargetkan anggota gerakan tersebut, khususnya di provinsi Hama. Ribuan orang anggota IM tewas dalam kampanye itu.

Dalam posisi terakhirnya, pada bulan Juli diumumkan pengunduran diri dari Komite Konstitusi, dan tidak untuk berpartisipasi di dalamnya. Komite Konstitusi merupakan komite yang membahas konstitusi masa depan Suriah di bawah kendali internasional.

Dalam sebuah pernyataan yang diterbitkan melalui pernyataan resminya, dia mengatakan bahwa dia telah menarik diri dan tidak akan berpartisipasi, dan bahwa wakilnya akan ditarik karena mereka “tidak didasarkan pada alasan politik yang sehat dan merupakan hasil dari penyimpangan politik dalam resolusi PBB.”

“Kami akan terus bekerja dengan mitra nasional lain dalam revolusi dan teman-teman untuk mencapai tujuan dan aspirasi rakyat Suriah di semua jalur di mana kami dapat bergerak,” katanya.

BACA JUGA  Warga Suriah Gelar Protes, Tolak Patung Assad Dibangun Ulang

Siapakah Muhammad Hikmat Walid?

Walid berasal dari Lattakia dan lahir pada tahun 1944. Dia adalah Muraqbi Aaam pertama kelompok tersebut dari pesisir Suriah.

Ia merupakan Muraqib Aam Suriah ke-12 dan meraih gelar doktor dalam bidang kedokteran manusia (Oftalmologi) dari Universitas Damaskus pada tahun 1968.

Dia adalah anggota Sekretariat Jenderal Dewan Nasional Suriah dan kepala Partai Nasional untuk Keadilan dan Konstitusi (Partai Waad).

Dewan Syura menunjuk Walid untuk memimpin IM Suriah pada November 2014 untuk masa jabatan empat tahun, menggantikan Mohammed Riyad Shaqfa. Ia menunjuk wakilnya Hassan al-Ghadhban, seorang insinyur informasi dari Damaskus.

Walid dikenal tokoh oposisi yang dekat dengan Turki. Dalam berbagai pernyataannya, ia kerap berterima kasih kepada rakyat Turki dan pemerintah Turki. Ia memuji dukungan Turki bagi rakyat Suriah, dan menyambut operasi militer pertama pasukan Turki yang menargetkan area Perisai Eufrat di Aleppo utara dan timur.

Dia juga mempertahankan hubungan “baik” dengan Arab Saudi. Pada Juni 2017, memberi selamat kepada Pangeran Mohammed bin Salman Al Saud atas penunjukannya sebagai Putra Mahkota dan Wakil Perdana Menteri Kerajaan Arab Saudi.

“Kerajaan telah memainkan peran penting dan aktif dalam mendukung rakyat Suriah. Kami menantikan untuk melanjutkan dukungan ini sampai kemenangan revolusi melawan penindas, ketidakadilan dan pembunuhan Bashar al-Assad dengan dukungan penuh dari rezim Iran dan akhir dari penderitaan rakyat kami,” katanya saat itu.

BACA JUGA  Akibat Pelayanan Buruk, Lima Balita Meninggal di Kamp Milisi SDF

Sumber: Enabbaladi.net
Redaktur: Sulhi El-Izzi

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Mari Mengenal Anggota Panelis Debat Capres Cawapres 2019 Putaran I

Debat capres cawapres putaran pertama mengusung tema hukum, HAM, korupsi, dan terorisme.

Senin, 14/01/2019 05:50 0

Artikel

Tak Ada Lagi Uighur di Xinjiang

Xinjiang juga menjadi penting dengan posisi mereka dalam proyek ambisius Jalur Sutra Baru. Oleh sebab itu penting bagi Cina untuk menjaga Xinjiang tetap stabil, meski itu artinya melakukan genosida kultural bagi muslim Uighur.

Ahad, 13/01/2019 22:35 0

Indonesia

Begini Lho Perbedaan Hak Cipta dengan Hak Paten

Masyarakat pada umumnya tak terlalu memahami perihal perbedaan kedua istilah tersebut.

Ahad, 13/01/2019 22:33 0

Indonesia

Amankan Tabligh Akbar PA 212, Kokam: Kami Selalu Membersamai Suarakan Kebenaran

"Prinsip kami adalah selamanya tenaga atau keberpihakan kami untuk umat," kata Ketua Kokam Jateng saat mengamankan Tabligh Akbar PA 212 Solo

Ahad, 13/01/2019 20:11 0

Indonesia

Pemasukan Negara Lewat Pajak Meningkat di 2018

Meningkatnya konsumsi serta impor menjadi faktor penentu.

Ahad, 13/01/2019 20:10 0

Artikel

Merunut Jejak Intervensi AS

Trump memandang “kehebatan” AS telah lama hilang, dan menjadi tugasnya untuk merestorasi kembali

Ahad, 13/01/2019 19:29 0

Indonesia

KPAI: Pendidikan Kebencanaan Mendesak Disegerakan

Sebanyak 2.892 bangunan sekolah berada dalam zona bahaya radius satu kilometer dari jalur sesar

Ahad, 13/01/2019 18:48 0

Indonesia

Peserta Tabligh Akbar Diadang, Ketua PA 212 Solo Raya: Kenapa Aparat Begitu Tega

Bundaran Gladak sering digunakan untuk acara serupa, Ketua PA 212 mempertanyakan perlakuan aparat terhadap peserta kegiatan kali ini

Ahad, 13/01/2019 17:54 0

Indonesia

Diadang, Ribuan Orang Gagal Ikut Tabligh Akbar PA 212 di Solo

Ribuan peserta dari luar Solo diadang sehingga tak bisa mengikuti kegiatan Tabligh Akbar Presidium Alumni (PA) 212 di Budaran Gladak, Solo

Ahad, 13/01/2019 17:36 0

Indonesia

KPK Berharap Tim Gabungan Bisa Temukan Pelaku Teror Novel Baswedan

Tim gabungan untuk ungkap kasus teror terhadap Novel Baswedan merupakan rekomendasi Komnas HAM

Ahad, 13/01/2019 16:49 0

Close