... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Terkait Uang, Kredibilitas Lembaga Survei Politik Dipertanyakan

Foto: Survei. (Ilustrasi)

KIBLAT. NET, Jakarta – Peneliti Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Siti Zuhro mengaku kecewa dengan banyaknya lembaga survei yang memberikan angin surga kepada salah satu calon, tetapi pada akhirnya hasil survei yang dirilis meleset hingga berujung pada kegaduhan.

“Lembaga survei seharusnya menjadi lembaga yang hasilnya dapat dipertanggungjawabkan. Tetapi di Indonesia ada masalah uang, sehingga fungsi lembaga tersebut harus dilihat untuk apa dan siapa?” katanya dalam acara “Menyorot Kredibilitas Lembaga Survei pada Pilpres 2019” di Rumah Polonia, Jatinegara, Jakarta Timur, Kamis (10/01/2019).

Dia menjelaskan survei adalah kajian akademis yang hasilnya bisa dipertanggungjawabkan. Hasil survei memang terkadang bisa meleset, tetapi yang tidak boleh adalah berbohong demi menjatuhkan satu pihak tertentu.

“Saat Pilgub DKI 2016-2017 saya melihat banyak hasil survei yang tidak masuk akal. Ketika lembaga survei ini saya tanya argumentasinya, jawabannya pun tidak masuk akal. Anehnya lembaga survei yang ramai di Pilgub DKI itu kini tidak terlihat lagi. Berarti di sini ada permainan yang dapat menjatuhkan salah satu calon,” tuturnya.

Siti Zuhro menyampaikan survei yang dilakukan dengan cara akademis perbedaan antar lembaga survei paling tidak hanya sedikit. Tidak lebih dari puluhan persen.

“Jauh lebih elegan dan etis, hasil survei jika hendak dikeluarkan kepada publik harus dipikirkan. Jangan sampai hasil survei hanya menimbulkan kekhawatiran, tetapi harus menjadi acuan tolak ukur yang berkredibilitas,” tukasnya.

BACA JUGA  Editorial: Gaduh KPU

Reporter: Hafidz Syarif
Editor: M. Rudy

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Editorial

Editorial: Gaduh KPU

Sejak masa kampanye bergulir, publik hanya disuguhi ujaran-ujaran kontroversi tanpa isi.

Kamis, 10/01/2019 17:59 0

Wawancara

[Wawancara] Pakar Komunikasi UI: Media Harus Hindari Disfungsi Pemberitaan Prostitusi

Dua minggu pertama tahun 2019, ranah maya masyarakat Indonesia diramaikan dengan pemberitaan prostitusi artis. Berbeda dari sebelumnya, kini artis yang terkena masalah kabarnya dihargai puluhan juta.

Kamis, 10/01/2019 16:51 0

Suriah

Kurdi Suriah Tangkap 8 Militan ISIS, Salah Satunya Remaja AS

Untuk diketahui, sekitar 700 militan asing berada dalam tahanan milisi Kurdi Suriah.

Kamis, 10/01/2019 16:46 0

China

Cina Tangkap Tiga Warganya Karena Dianggap Hina Presiden

Ketiganya dianggap menghina Presiden Xi Jinping karena membuat sebuah video tentang dirinya ketika musim liburan.

Kamis, 10/01/2019 13:40 0

Asia

Tiga Kapal Perang Cina Merapat ke Kamboja

Cina dan Kamboja baru-baru ini mengadakan latihan militer bersama. Beijing telah berjanji untuk membantu mendanai modernisasi militer negara Asia Tenggara itu.

Kamis, 10/01/2019 13:10 0

Artikel

Serangan ke Kuala Batu Aceh, Invasi Militer Pertama AS

Nama Kuala Batu (Kuala Batee) hampir tidak diketahui oleh para sarjana Indonesia maupun Melayu, kecuali yang telah mempelajari sejarah dan masyarakat provinsi Aceh

Kamis, 10/01/2019 10:40 0

Artikel

Kunci Keberhasilan Taliban, Konsolidasi Kekuatan Militer dan Politik

Imarah Islam tumbuh menjadi sebuah entitas kekuatan yang diperhitungkan, baik itu di bidang militer, politik, bahkan media.

Kamis, 10/01/2019 10:14 0

Somalia

Amerika Kembali Gencarkan Serangan Udara di Somalia

Militer AS mengklaim tidak ada warga sipil yang menjadi korban dalam serangan itu. Sementara belum ada konfirmasi dari sumber lainnya.

Kamis, 10/01/2019 09:09 0

Turki

Kepala Staf Militer AS Koordinasikan Penarikan Tentara di Suriah dengan Turki

Di antara poin yang dibahas, penyelesaian peta jalan Manbaj, penarikan pasukan AS dari wilayah Suriah secara terkoordinasi dan bijaksana, dan kerja sama antara kedua negara dalam perang melawan “terorisme.”

Kamis, 10/01/2019 08:04 0

Foto

Banjir dan Badai Salju Melanda Kamp Pengungsi Suriah di Lebanon

Sejumlah foto yang berhasil diabadikan kantor berita Reuters menyaksikan kondisi kamp. Tenda-tenda pengungsi terlihat dikepung air. Mereka hanya bisa berupaya menghalangi air dengan tanah supaya tidak masuk tenda. 

Kamis, 10/01/2019 07:08 0

Close