... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

KH Arifin Ilham Dipindah ke Malaysia untuk Medical Check Up

Foto: KH Arifin Ilham

KIBLAT.NET, Jakarta – Setelah menjalani perawatan intensif selama beberapa hari di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), Salemba, Jakarta Pusat, KH Arifin Ilham diterbangkan ke Penang, Malaysia untuk melanjutkan pengobatan.

Pengasuh Ponpes Az Zikra, Ustadz Ahmad Syuhada membenarkan kabar tersebut. Namun ia tidak mengetahui nama rumah sakit tempat Ustadz Arifin dirawat.

“Kalau nama rumah sakitnya sih belum diberitahukan, dari awal tidak diberitahukan, tetapi di Penang, Malaysia,” ujarnya saat dihubungi Kiblat.net melalui sambungan telepon, Kamis (10/01/2019).

Ustadz Syuhada mengatakan, pemindahan ini bukan disebabkan rujukan yang diberikan oleh RSCM, melainkan karena sebelumnya Ustadz Arifin pernah dirawat di sana untuk kemoterapi.

“Itu bukan rujukan sebenarnya, karena memang sebelum di RSCM, penanganannya (kemoterapi) sudah di sana semua,” jelasnya.

“Jadi di sana yang punya rekam medis lebih lengkap, rekam medis kemo-nya. Kan dia terkena kanker nasofaring dan getah bening, beliau melakukan kemoterapi kurang lebih sebanyak 6 kali,” ungkap Ustadz Syuhada.

Dia kemudian menuturkan awal mula Ustadz Arifin masuk RSCM, yaitu ketika beliau drop saat mengisi tabligh akbar rutin di Sentul.

“Jadi prosesnya ketika beliau masuk RSCM kan akibat dari tiba-tiba drop fisiknya, batuk yang terus berkepanjangan ketika mengisi dzikir akbar, batuk yang sangat akut, kemudian dibawa di RSCM,” jelasnya.

Menurut Ustadz Syuhada, meskipun Ustadz Arifin sehat akan tetap berangkat ke Malaysia untuk menjalani medical check up rutin.

BACA JUGA  Koalisi Masyarakat Sipil: FTA Membuat Indonesia Semakin Tersandera

“Sakitnya kurang lebih 6 bulan ini berjalan, jadi kemo terakhir itu Desember kemarin, Januari itu akan melakukan check up setelah kemo. Jadi jarak sebulan pihak rumah sakit Penang meminta untuk tetap check up lagi,” ujarnya

“Setelah berakhir kemoterapi, harapannya nanti kalau hasilnya negatif, artinya hilang itu kankernya berarti kan tinggal perawatan, recovery.”

“Nanti kan setelah perawatan, batuknya diketahui, dari bakteri atau apa,” pungkasnya.

Reporter: Fanny Alif
Editor: M. Rudy

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Editorial

Editorial: Gaduh KPU

Sejak masa kampanye bergulir, publik hanya disuguhi ujaran-ujaran kontroversi tanpa isi.

Kamis, 10/01/2019 17:59 0

Wawancara

[Wawancara] Pakar Komunikasi UI: Media Harus Hindari Disfungsi Pemberitaan Prostitusi

Dua minggu pertama tahun 2019, ranah maya masyarakat Indonesia diramaikan dengan pemberitaan prostitusi artis. Berbeda dari sebelumnya, kini artis yang terkena masalah kabarnya dihargai puluhan juta.

Kamis, 10/01/2019 16:51 0

Suriah

Kurdi Suriah Tangkap 8 Militan ISIS, Salah Satunya Remaja AS

Untuk diketahui, sekitar 700 militan asing berada dalam tahanan milisi Kurdi Suriah.

Kamis, 10/01/2019 16:46 0

China

Cina Tangkap Tiga Warganya Karena Dianggap Hina Presiden

Ketiganya dianggap menghina Presiden Xi Jinping karena membuat sebuah video tentang dirinya ketika musim liburan.

Kamis, 10/01/2019 13:40 0

Asia

Tiga Kapal Perang Cina Merapat ke Kamboja

Cina dan Kamboja baru-baru ini mengadakan latihan militer bersama. Beijing telah berjanji untuk membantu mendanai modernisasi militer negara Asia Tenggara itu.

Kamis, 10/01/2019 13:10 0

Artikel

Serangan ke Kuala Batu Aceh, Invasi Militer Pertama AS

Nama Kuala Batu (Kuala Batee) hampir tidak diketahui oleh para sarjana Indonesia maupun Melayu, kecuali yang telah mempelajari sejarah dan masyarakat provinsi Aceh

Kamis, 10/01/2019 10:40 0

Artikel

Kunci Keberhasilan Taliban, Konsolidasi Kekuatan Militer dan Politik

Imarah Islam tumbuh menjadi sebuah entitas kekuatan yang diperhitungkan, baik itu di bidang militer, politik, bahkan media.

Kamis, 10/01/2019 10:14 0

Afrika

Amerika Kembali Gencarkan Serangan Udara di Somalia

Militer AS mengklaim tidak ada warga sipil yang menjadi korban dalam serangan itu. Sementara belum ada konfirmasi dari sumber lainnya.

Kamis, 10/01/2019 09:09 0

Turki

Kepala Staf Militer AS Koordinasikan Penarikan Tentara di Suriah dengan Turki

Di antara poin yang dibahas, penyelesaian peta jalan Manbaj, penarikan pasukan AS dari wilayah Suriah secara terkoordinasi dan bijaksana, dan kerja sama antara kedua negara dalam perang melawan “terorisme.”

Kamis, 10/01/2019 08:04 0

Foto

Banjir dan Badai Salju Melanda Kamp Pengungsi Suriah di Lebanon

Sejumlah foto yang berhasil diabadikan kantor berita Reuters menyaksikan kondisi kamp. Tenda-tenda pengungsi terlihat dikepung air. Mereka hanya bisa berupaya menghalangi air dengan tanah supaya tidak masuk tenda. 

Kamis, 10/01/2019 07:08 0

Close