... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Di Forum ILC, Rocky Gerung Pertanyakan Integritas KPU

Foto: Rocky Gerung, dosen Fakultas Ilmu Budaya Universitas Indonesia (FIB-UI)

KIBLAT.NET, Jakarta – Keputusan Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk memberikan kisi-kisi pertanyaan yang akan diajukan sepekan sebelum debat capres-cawapres membuat banyak pihak mempertanyakan netralitas KPU. Segala bentuk improvisasi KPU dinilai banyak pihak cenderung mengakomodasi kepentingan salah satu pasangan capres-cawapres.

Pengamat poitik Rocky Gerung menilai bahwa KPU seharusnya tidak terlalu fokus pada aspek teknis, KPU seharusnya lebih memperhatikan kualitas pemilu itu sendiri.

“Sebetulnya orang gak peduli tehnikalitas, karena orang mau liat idenya apa itu,” kata Rocky di acara Indonesian Lawyers Club (ILC) di Tv One dengan tema “Debat Capres 2019: Menguji Netralitas KPU”, Selasa (8/1/2019).

Rocky juga menyoroti cara KPU dalam menyelesaikan hiruk pikuk serta kebingungan yang terjadi di tengah masyarakat terkait hal ini.

“Karena enggak ada kejelasan apa sebetulnya duduk perkaranya itu. Seluruh kebingungan publik akhirnya diselesaikan oleh referensi terakhir dari KPU, yaitu ucapan ketua KPU, bahwa hiruk pikuk ini dimaksudkan untuk mencegah jangan ada wajah yang dipermalukan,” ujar Rocky.

Menanggapi jawaban tersebut, Rocky bahkan sempat bertanya kepada Wahyu Setiawan selaku perwakilan KPU yang hadir dalam forum ILC.

“Coba saya tanya kepada KPU, dari keempat wajah itu (capres-cawapres, red.) yang berpotensi memalukan publik yang mana?,” tanya Rocky.

“Keempatnya itu putra-putra terbaik bangsa,” jawab Wahyu diplomatis.

Rocky pun menyanggah jawaban tersebut, menurutnya siapapun tak perlu diberi tahu bahwa keempat orang tersebut merupakan putra-putra terbaik bangsa.

BACA JUGA  Hongkong Memanas, Ini Imbauan Kemlu untuk WNI

“Tentu saja empat-empatnya adalah putra terbaik, kan ketua KPU nggak bilang itu adalah putra terbaik. Kondisinya adalah ada yang harus dijaga untuk tidak dipermalukan, pertanyaan saya adalah yang punya potensi. You gak usah jawab, kasih kisi-kisinya aja gitu,” sanggah Rocky disambut tawa penonton.

Rocky pun menyimpulkan bahwa perilaku KPU ini sebenarnya bukan menunjukkan ketidaknetralan KPU, melainkan ketiadaan integritas KPU sebagai sebuah institusi.

“Netralitas itu gak perlu diuji, sebab netralitas adalah fungsi. Yang diuji adalah integritas, integritaslah yang akan menentukan netral atau tidak, bukan netralitasnya yang diuji,” tandasnya.

Reporter: Rusydan
Editor: Azzam

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Manhaj

Stop Menyebarkan Berita Perzinaan, Ini Alasannya

Ali bin Abi Thalib, "Orang yang memperbincangkan fahisyah (Berita zina) dan yang menyebarkan beritanya maka dosanya adalah sama."

Rabu, 09/01/2019 15:00 0

Belanda

Iran Berada di Balik Pembunuhan Dua Warga Belanda

Ali Motamed ditembak di kepala pada jarak dekat oleh dua penyerang berpakaian hitam.

Rabu, 09/01/2019 14:00 0

Opini

Penindakan Hoaks ala Hukum Rimba

Kasus hoaks kembali mencuat pasca tweet dari elit Partai Demokrat, Andi Arief yang mempertanyakan kabar bahwa ada tujuh kontainer yang membawa surat suara tercoblos.

Rabu, 09/01/2019 13:06 0

Suriah

Terima Kembali Rezim Assad di Liga Arab Sama Saja Perkuat Posisi Iran

rezim telah menyerahkan Suriah secara militer dan politik ke Iran. Mengembalikan posisi Suriah di Liga Arab berart memperkuat posisi Iran dan mengencam dunia Arab

Rabu, 09/01/2019 10:02 0

Afrika

Dikirim Latihan Anti-Teror ke Kanada, 200 Tentara Mali Kabur

ratusan tentara itu melarikan diri karena takut dipulangkan ke Mali setelah masa pelatihan selesai. Mereka takut untuk perperang.

Rabu, 09/01/2019 08:38 0

Suriah

PBB Kirim Tim untuk Selidiki Dugaan Serangan Kimia di Aleppo

"Pada awal Desember, sebuah tim ahli dikirim ke Suriah untuk mengumpulkan informasi lebih lanjut. Pembicaraan dengan pihak berwenang Suriah masih terus berlangsung sejak saat itu," kata organisasi yang bermarkas di Den Haag itu.

Rabu, 09/01/2019 08:05 0

Amerika

AS Bersiap Arahkan Ekspedisi Militer ke Asia

Dalam rencana operasinya, kami diskenariokan akan menyerang sejumlah pusat kota yang sudah ditentukan, melakukan atrisi menghancurkan pasukan musuh, dan selanjutnya memasuki masa transisi hingga pengamanan, lalu operasi kemanusiaan.”

Rabu, 09/01/2019 07:08 0

Tazkiyah

Tanda Hari Kiamat: Perzinaan yang Dianggap Biasa

“Di antara tanda-tanda hari kiamat adalah: sedikitnya ilmu dan tersebarnya kebodohan, merebaknya perzinaan, wanita akan semakin banyak dan pria akan semakin sedikit, sampai-sampai 50 wanita hanya diurus oleh 1 orang laki-laki.”

Selasa, 08/01/2019 17:06 0

Suara Pembaca

Kumpul Kebo Zaman Milenial dan Keberlangsungan Akal Sehat

Tanpa akal sehat, semua yang sudah tertata kembali menjadi tak tertata.

Selasa, 08/01/2019 14:48 0

China

Delegasi AS dan Cina Bertemu untuk Redakan Perang Dagang

Pertemuan dilakukan menindaklanjuti kesepakatan Presiden Cina Xi Jinping dan Presiden AS Donald Trump pada bulan Desember terkait gencatan senjata setelah perang tarif impor meningkat.

Selasa, 08/01/2019 13:40 0

Close