... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Berikut Sikap MUI Terkait Pileg dan Pilpres 2019

Foto: Kantor MUI Pusat.

KIBLAT.NET, Jakarta – Dalam rangka menghadapi Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) pada bulan April mendatang, Majelis Ulama Indonesia (MUI) pun merumuskan sikap serta pandangan yang merupakan bagian dari ikhtiar kebangsaan dan keummatan MUI.

“Ketua Umum MUI Bapak KH Ma’ruf Amin telah memberikan arahan dalam rapat dewan pimpinan MUI hari Selasa tanggal 8 Januari 2019. Yang kemudian dirumuskan dan diputuskan menjadi sikap dan pandangan dari MUI,” ujar Sekjen MUI Anwar Abbas dalam rilisnya kepada Kiblat.net.

Sikap dan pandangan tersebut adalah sebagai berikut:

1. Agar pelaksanaan Pileg dan Pilpres yang akan datang berjalan dengan baik dan lancar, maka MUI sebagai organisasi harus mendukung secara aktif untuk menyukseskan dàn menciptakan Pileg dan Pilpres yang bebas, jujur, adil dan berakhlak.

2. Agar kredibilitas MUI di tengah masyarakat tetap terjaga dan terpelihara, maka seluruh personalia pimpinan MUI harus bisa menjaga netralitas organisasi. Oleh karena itu, seluruh personalia MUI secara organisasi tidak boleh menyeret-nyeret MUI ke dalam praktek dukung mendukung calon yang ada. Tetapi ini tidaklah pula berarti bahwa pengurus MUI secara personal tidak boleh terlibat dalam dukung mendukung salah satu calon atau pasangan calon. Masing-masing anggota pimpinan dipersilahkan saja untuk mendukung, memperjuangkan, dan memilih salah satu calon atau paslon yg disukai dan didukungnya tetapi jangan membawa nama organisasi MUI.

BACA JUGA  Koalisi Masyarakat Sipil: FTA Membuat Indonesia Semakin Tersandera

3. Agar soliditas diantara pimpinan MUI tetap dapat terjaga dan terpelihara, maka di dalam memperjuangkan dan menyalurkan aspirasinya seluruh personalia pimpinan MUI agar tetap menjaga ukhuwah Islamiyah dan/atau persatuan dan kesatuan. Untuk itu MUI menghimbau kepada para anggota pimpinan dan kepada semua pihak untuk saling menghormati dan tidak saling menjelekkan antara satu dengan lainnya. Agar jangan sampai terjadi, kontestasi yg diselenggarakan satu kali dalam lima tahun ini akan merusak hubungan persudaraan yg harus dan wajib kita bangun dan kita pertahankan untuk selama-lamanya.

4. Agar dalam Pileg dan pilpres ini tauhidul ummah dan/atau persatuan dan kesatuan umat tetap dapat terjaga dan terpelihara, maka seluruh personal pimpinan MUI harus bisa membangun dan mengembangkan sikap tawadud dan tarohum atau sikap saling mencintai dan saling menyayangi di kalangan umat dan warga bangsa dan menjauhkan sikap taghadhub dan tahasud atau saling marah dan saling membenci. Agar persatuan dan kesatuan diantara umat dan warga bangsa di negeri ini tetap terjaga dan terpelihara sehingga pembangunan yang kita jalankan dapat terselenggara sesuai dengan yang kita harapkan.

Reporter: Taufiq Izhar
Editor: Rusydan

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Afrika

Dikirim Latihan Anti-Teror ke Kanada, 200 Tentara Mali Kabur

ratusan tentara itu melarikan diri karena takut dipulangkan ke Mali setelah masa pelatihan selesai. Mereka takut untuk perperang.

Rabu, 09/01/2019 08:38 0

Suriah

PBB Kirim Tim untuk Selidiki Dugaan Serangan Kimia di Aleppo

"Pada awal Desember, sebuah tim ahli dikirim ke Suriah untuk mengumpulkan informasi lebih lanjut. Pembicaraan dengan pihak berwenang Suriah masih terus berlangsung sejak saat itu," kata organisasi yang bermarkas di Den Haag itu.

Rabu, 09/01/2019 08:05 0

Amerika

AS Bersiap Arahkan Ekspedisi Militer ke Asia

Dalam rencana operasinya, kami diskenariokan akan menyerang sejumlah pusat kota yang sudah ditentukan, melakukan atrisi menghancurkan pasukan musuh, dan selanjutnya memasuki masa transisi hingga pengamanan, lalu operasi kemanusiaan.”

Rabu, 09/01/2019 07:08 0

Tazkiyah

Tanda Hari Kiamat: Perzinaan yang Dianggap Biasa

“Di antara tanda-tanda hari kiamat adalah: sedikitnya ilmu dan tersebarnya kebodohan, merebaknya perzinaan, wanita akan semakin banyak dan pria akan semakin sedikit, sampai-sampai 50 wanita hanya diurus oleh 1 orang laki-laki.”

Selasa, 08/01/2019 17:06 0

Suara Pembaca

Kumpul Kebo Zaman Milenial dan Keberlangsungan Akal Sehat

Tanpa akal sehat, semua yang sudah tertata kembali menjadi tak tertata.

Selasa, 08/01/2019 14:48 0

China

Delegasi AS dan Cina Bertemu untuk Redakan Perang Dagang

Pertemuan dilakukan menindaklanjuti kesepakatan Presiden Cina Xi Jinping dan Presiden AS Donald Trump pada bulan Desember terkait gencatan senjata setelah perang tarif impor meningkat.

Selasa, 08/01/2019 13:40 0

China

Cina Bolehkan PBB Kunjungi Xinjiang dengan Syarat

Cina akan menyambut para pejabat PBB yang berkunjung di wilayah Xinjiang jika mereka mengikuti prosedur yang berlaku.

Selasa, 08/01/2019 13:18 0

Video News

Kiblat Review: Outlook Umat Islam 2019

KIBLAT.NET- Bagaimana outlook umat islam di tahun 2019? Akankah isu tragedi yg menimpa muslim Uighur,...

Selasa, 08/01/2019 12:59 0

Video News

Awas Hoaks KH Arifin Ilham Wafat, Begini Kondisi Beliau

KIBLAT.NET- Beredar kabar mengejutkan di media sosial pada Selasa (08/01/2018) yang menyebut pimpinan Majelis Zikir...

Selasa, 08/01/2019 10:45 0

Afrika

Sudan Tangkap 816 Demonstran Penentang Kenaikan Harga Roti

"Jumlah total demontrasi sejak 19 Desember telah mencapai 381 aksi, dan 816 orang telah ditangkap," kata Osman dalam pidatonya di hadapan Majelis Nasional.

Selasa, 08/01/2019 08:57 0

Close