... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Survei: Negara ASEAN Was-was dengan Ambisi Cina

Foto: ASEAN

KIBLAT.NET, Jakarta – Negara-negara Asia Tenggara mewaspadai kebangkitan Cina dan Inisiatif Belt and Road (BRI). Demikian menurut survei yang dirilis oleh ISEAS-Yusof Ishak Institute yang berbasis di Singapura, Senin (07/01/2019).

Lembaga itu mensurvei 1.008 responden dari seluruh 10 negara anggota ASEAN, termasuk orang-orang di pemerintahan, akademik dan komunitas bisnis, masyarakat sipil dan media.

Cina dipandang oleh 73 persen responden memiliki pengaruh ekonomi terbesar di kawasan itu dan juga diyakini memiliki pengaruh politik dan strategi yang lebih besar daripada Amerika Serikat.

Tetapi orang-orang yang disurvei oleh think-tank juga menyatakan keprihatinan tentang ambisi geostrategis Beijing.

Kurang dari satu dari 10 melihat Cina sebagai “kekuatan yang ramah dan baik hati”, dengan hampir setengahnya mengatakan Beijing memiliki “niat untuk mengubah Asia Tenggara menjadi wilayah pengaruhnya”.

“Hasil ini … adalah seruan bagi Cina untuk membakar citra negatifnya di seluruh Asia Tenggara meskipun Beijing berulang kali menjamin kenaikan jinak dan damai,” tulis para penulis laporan itu, menurut kantor berita Reuters.

Sekitar 70 persen mengatakan pemerintah mereka “harus berhati-hati dalam menegosiasikan proyek-proyek BRI untuk menghindari masuk ke dalam utang keuangan yang tidak berkelanjutan dengan Cina”. Pandangan ini terkuat dari Malaysia, Filipina dan Thailand.

Hampir setengahnya mengatakan kebijakan ciri khas Presiden Cina Xi Jinping membawa ASEAN “lebih dekat ke orbit Cina”. Sementara yang ketiga mengatakan proyek tersebut kurang transparan dan 16 persen memperkirakan itu akan gagal.

BACA JUGA  India Akan Akui Kewarganeraan Imigran Tertindas Kecuali Muslim

Di tengah jangkauan Cina yang semakin meningkat, Asia Tenggara semakin skeptis terhadap komitmen AS terhadap kawasan sebagai mitra strategis dan sumber keamanan.

Enam dari 10 responden mengatakan pengaruh AS secara global telah memburuk dari tahun lalu dan dua pertiga meyakini keterlibatan negara itu dengan Asia Tenggara telah menurun. Sekitar sepertiga mengatakan mereka memiliki sedikit atau tidak ada kepercayaan di Washington sebagai mitra strategis dan penyedia keamanan regional.

“Kearifan konvensional yang dipegang Tiongkok berpengaruh dalam ranah ekonomi sementara Amerika Serikat menggunakan pengaruhnya dalam ranah politik-strategis akan … perlu ditinjau kembali berdasarkan hasil survei,” lembaga menyimpulkan.

Beberapa pemerintah Barat menuduh Cina menarik negara-negara ke dalam perangkap utang dengan proyek infrastruktur besar-besaran Belt and Road. Namun hal itu dibantah Cina.

Sumber: Al-Jazeera
Redaktur: Ibas Fuadi

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

ACTA Laporkan Ketua PSI ke Bareskrim

Selain ketua PSI, tiga kader lainnya juga ikut dilaporkan.

Senin, 07/01/2019 16:40 0

Indonesia

Materi Debat Pilpres Dibocorkan, Fahira Idris: Cerdas Cermat Anak Sekolah Saja Kagak Begitu

Menurut Fahira, membocorkan materi debat sama saja meremehkan kemampuan capres-cawapres.

Senin, 07/01/2019 16:16 0

Indonesia

Masa Sidang III 2018-2019, DPR Kejar Target Rampungkan 5 dari 33 RUU

Meskipun ada kejar target, kualitas pembahasan tetap diperhatikan.

Senin, 07/01/2019 16:02 0

Artikel

Pangeran Diponegoro dan Meletusnya Perang Jawa

Pangeran Diponegoro, meski kita tahu bahwa ia berakhir dalam tahanan di pengasingan, ia akan tetap dikenang oleh penduduk di negeri lebih dari 250 juta orang ini. Tekadnya, kepedihannya dan citanya sebagai penata agama dan mendirikan negeri berhukum Islam di tanah Jawa, terkubur bersama jasadnya di Makassar pada 8 Januari 1855.

Senin, 07/01/2019 15:48 0

Suara Pembaca

Perempuan dan Rekayasa Generasi

Menjadi muslimah kaffah zaman now, jujur bukan hal yang mudah. 

Senin, 07/01/2019 12:55 0

Video Kajian

Ust. Abu Rusydan: Waspada! Manusia Tak Pernah Aman dari 2 Fitnah Ini!

KIBLAT.NET- Manusia akan selalu terancam dengan 2 fitnah ini. Apakah 2 fitnah yang selalu mengancam...

Senin, 07/01/2019 12:54 0

Indonesia

BNPB: Korban Meninggal Longsor Sukabumi Capai 31 Orang

hingga Ahad (06/1/2019) pagi, dari 100 orang terdampak longsor, tim SAR gabungan telah menemukan 64 orang selamat, 31 orang meninggal dunia, 2 orang hilang dan masih dalam pencarian, dan 3 orang luka.

Senin, 07/01/2019 12:27 0

Opini

Tes Baca Al-Qur’an, Level Pemimpin Negara?

Apalah artinya lancar dalam membaca Al-Qur'an bagi seorang kepala Negara, tapi mereka menolak apa yang diajarkan Al-Qur'an.

Ahad, 06/01/2019 10:20 0

Indonesia

Sudah Tahu? Harga BBM Non Subsidi Berubah Mulai 5 Januari 2019

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati menyatakan, penyesuaian harga yang dilakukan Pertamina telah sesuai dengan mekanisme dan peraturan yang berlaku.

Ahad, 06/01/2019 09:50 0

Fikih

Apakah Air Musta’mal Suci dan Mensucikan?

Beberapa waktu yang lalu pembicaraan tentang air musta’mal mengemuka ke publik. Lantaran Sandiaga Uno dikomentari karena wudhunya yang hanya menggunakan satu gayung. Terlepas dari latar belakang politik yang menyertainya, kita juga mesti tahu sebenarnya apakah itu air musta’mal, bagaiana hukumnya dan sahkah digunakan untuk bersuci?

Sabtu, 05/01/2019 19:42 0

Close