... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Sejumlah Rumah Sakit Hentikan Layanan, Begini Penjelasan BPJS Kesehatan

Foto: Sejumlah rumah sakit menghentikan pelayanan pasien BPJS Kesehatan karena syarat akreditasi belum terpenuhi

KIBLAT.NET, Jakarta – Sejumlah rumah sakit mengumumkan untuk sementara tidak melayani pasien yang menggunakan fasilitas Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. Pihak BPJS memberikan klarifikasi terkait hal itu.

Penghentian pelayanan sejumlah rumah sakit membuat para pasien yang sudah terlanjur datang harus mencari alternatif rumah sakit lain yang telah terakreditasi. Kepala Humas BPJS Kesehatan, M Iqbal Anas Ma’ruf mengatakan situasi tersebut terkait dengan akreditasi rumah sakit yang bersangkutan.

“Akreditasi sesuai regulasi adalah syarat wajib. Diharapkan rumah sakit dapat memenuhi syarat tersebut,” kata Iqbal dalam rilisnya, Jumat (4/1/2019).

Dia melanjutkan sesuai dengan Perpres 82 Tahun 2018 tentang Jaminan Kesehatan di pasal 67, untuk fasilitas kesehatan swasta yang memenuhi persyaratan dapat menjalin kerja sama dengan BPJS Kesehatan. Ketentuan serta persyaratannya diatur dalam Peraturan Menteri Kesehatan.

BPJS Kesehatan, lanjut Iqbal, melakukan seleksi dan kredensialing melibatkan Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota setempat dan/atau Asosiasi Fasilitas Kesehatan, untuk menetapkan akreditasi rumah sakit.

“Fasilitas kesehatan swasta yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan wajib memperbaharui kontraknya setiap tahun. Namun pada dasarnya kontrak sifatnya sukarela. Hakekat dari kontrak adalah semangat mutual benefit,” kata Iqbal.

Adapun kriteria teknis yang menjadi pertimbangan BPJS agar dapat terakreditasi antara lain tenaga medis yang kompeten, kelengkapan sarana dan prasarana, lingkup pelayanan, dan komitmen pelayanan. Selain itu, dalam proses memperbaharui kontrak kerjasama, dilakukan rekredensialing untuk memastikan benefit yang diterima peserta berjalan dengan baik sesuai kontrak selama ini.

BACA JUGA  Ingatkan Bawahan Agar Amanah, Mendagri: Pangkat dan Jabatan Tidak Dibawa Mati

“Dengan demikian rumah sakit yang dikontrak BPJS kesehatan harus sudah terkareditasi untuk menjamin pelayanan kesehatan yang bermutu untuk masyarakat, kecuali ada ketentuan lain,” tandas Iqbal.

Reporter: Fanny Alif
Editor: Imam S.

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Konsultasi

Hukum Mention Wanita Bukan Mahram di Sosial Media

Ustadz saya mau bertanya, sebenarnya bagaimanakah batasan interaksi antar lawan jenis di sosial media? Apakah sama dengan interaksi di dunia nyata? Karena saya terkadang mendapati seorang pria mention wanita yang bukan mahram di status medsos bukan untuk keperluan yang mendesak.

Senin, 07/01/2019 19:45 1

China

Proyek “Cinaisasi” Berlanjut, Agama Islam Disorot Undang-undang

Praktik Islam telah dilarang di beberapa bagian Cina. Orang-orang yang shalat, puasa, menumbuhkan jenggot atau mengenakan jilbab menghadapi ancaman penangkapan.

Senin, 07/01/2019 18:45 0

Asia

Survei: Negara ASEAN Was-was dengan Ambisi Cina

Lembaga itu mensurvei 1.008 responden dari seluruh 10 negara anggota ASEAN, termasuk orang-orang di pemerintahan, akademik dan komunitas bisnis, masyarakat sipil dan media.

Senin, 07/01/2019 17:17 0

Artikel

Pangeran Diponegoro dan Meletusnya Perang Jawa

Pangeran Diponegoro, meski kita tahu bahwa ia berakhir dalam tahanan di pengasingan, ia akan tetap dikenang oleh penduduk di negeri lebih dari 250 juta orang ini. Tekadnya, kepedihannya dan citanya sebagai penata agama dan mendirikan negeri berhukum Islam di tanah Jawa, terkubur bersama jasadnya di Makassar pada 8 Januari 1855.

Senin, 07/01/2019 15:48 0

Suara Pembaca

Perempuan dan Rekayasa Generasi

Menjadi muslimah kaffah zaman now, jujur bukan hal yang mudah. 

Senin, 07/01/2019 12:55 0

Video Kajian

Ust. Abu Rusydan: Waspada! Manusia Tak Pernah Aman dari 2 Fitnah Ini!

KIBLAT.NET- Manusia akan selalu terancam dengan 2 fitnah ini. Apakah 2 fitnah yang selalu mengancam...

Senin, 07/01/2019 12:54 0

Afghanistan

Taliban Batalkan Negosiasi di Riyadh, Ini Alasannya

Dia menambahkan bahwa gerakannya menawarkan pertemuan tetap digelar namun di Qatar. Di mana, di Negara itu tempat kantor biro politik Taliban dan pernah dijadikan pertemuan dengan pejabat AS.

Senin, 07/01/2019 11:15 0

Amerika

Trump: Penarikan Pasukan AS dari Suriah Tidak dalam Waktu Dekat

“Saya tidak pernah sama sekali mengatakan akan melakukan penarikan dala waktu cepat. Akan tetapi, kami akan mengalahan ISIS terlebih dahulu,” kata Trump, seperti dilansir Reuters.

Senin, 07/01/2019 07:58 0

Suriah

Oposisi Suriah Seru Negara Arab Tak Normalisasi Hubungan dengan Rezim

UEA membuka kembali kedutaan besarnya di Damaskus bulan lalu dan Bahrain mengatakan kedutaan besarnya di Damaskus dan misi diplomatik Suriah di Manama masih bekerja "tanpa gangguan".

Senin, 07/01/2019 06:47 0

Arab Saudi

Naveed Iqbal, Pria Lumpuh yang Terbitkan Aplikasi “Mecca Guide”

Aplikasi ini dibuat hanya dengan menggunakan dua ibu jari yang memiliki pergerakan terbatas.

Ahad, 06/01/2019 14:52 0

Close