... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Heboh 7 Kontainer Surat Suara Tercoblos, KPU: Hoax

Foto: Pemilu 2019

KIBLAT. NET, Jakarta – Pemilihan presiden dan Legistalif serentak digelar bulan April 2019. Memasuki tahun 2019 muncul isu menghebohkan yang beredar di sosial media, atas dugaan masuknya surat suara yang sudah tercoblos dari Cina sebanyak tujuh kontainer.

Isu tersebut bermula dari cuitan akun Twitter Wasekjen Partai Demokrat, Andi Arief. Dalam cuitannya ia meminta Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk mengecek kebenarannya.

“Mohon dicek kabarnya ada 7 kontainer surat suara yang sudah dicoblos di Tanjung Priok. Supaya tidak fitnah, harap dicek kebenarannya, karena ini kabar yang sudah dipermasalahkan,” katanya melalui akun @AndiArief_, Rabu (02/02/2019).

Mengetahui info tersebut Ketua Komisi Pemilihan Umum, Arif Budiman langsung turun mengecek kebenaran isu tersebut di Bea Cukai Tanjung Priok pukul 23.00, malam itu juga. Hasil pengecekkan KPU tidak mendapati adanya tujuh kontainer membawa surat suara dari Cina tersebut.

Arif mengatakan tidak dipungkiri isu distribusi tipuan ini sudah banyak beredar di sosial media. Namun dirinya sudah mencoba merunut sumber isu.

“Termasuk cuitan Politisi kita juga akan mengecek informasinya. Kami juga sudah melaporkan kasus ini ke Cyber Crime Mabes Polri dan mereka juga sedang melakukan penulusuran ini. Kami berharap seluruh penyebar hoax ini harus ditangkap,” ujarnya.

Persoalan tersebut hingga kini masih menjadi pembicaraan trending topik di Twitter. Dengan kata kunci Hoax di puncak lima trending dan Andi Arif di tingkat 12, pada Kamis (03/01/2019).

BACA JUGA  Begini Pengamanan Hotel Bidakara Jelang Debat Pertama Capres-Cawapres

Reporter: Hafidz
Editor: M. Rudy

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Suriah

Rezim Assad: Pasukan Kurdi YPG Ditarik dari Manbij Pasca Pengumuman Trump

"Satu konvoi satuan pejuang Kurdi terdiri dari lebih dari 30 kendaraan meninggalkan wilayah Manbij, menuju tepi timur Sungai Efrat," kata Kementerian Pertahanan Suriah

Kamis, 03/01/2019 10:40 0

Suara Pembaca

Global Wakaf-ACT DIY Bangun Sumur Wakaf untuk Warga Dusun Bangkan, Gunungkidul

Upaya untuk mengentaskan masyarakat Gunungkidul dari ancaman kekeringan tahunan terus dilakukan. Meski sudah memasuki musim...

Kamis, 03/01/2019 10:15 0

Suara Pembaca

BMH Berangkatkan Konvoi Logistik untuk Bantu Korban Tsunami Selat Sunda

Baitul Maal Hidayatullah (BMH) Jawa Timur memberangkatkan 5 Armada logistik dan Ambulance serta tim kesehatan dan relawan kemanusiaan menuju Banten.

Kamis, 03/01/2019 10:00 0

Opini

Menegaskan Identitas Gender

Pada tahapan awal, sejak dini anak harus sudah dimulai untuk diberikan penegasan akan identitas gendernya.

Kamis, 03/01/2019 09:46 0

Arab Saudi

Saudi Akan Bangun Kompleks Hiburan Seluas 100 Ribu Meter Persegi di Riyadh

Proyek ini dikembangkan oleh perusahaan Saudi Entertainment Projects Company, yang sepenuhnya dimiliki oleh Dana Investasi Publik.

Kamis, 03/01/2019 09:03 0

Somalia

Markas Besar PBB di Somalia Dihantam Roket

Dua korban staf PBB dan seorang kontraktor.

Kamis, 03/01/2019 07:59 0

Myanmar

PBB: Pertempuran Kembali Meletus Antara ARSA dan Militer Myanmar

“Rekan-rekan kami di kemanusiaan menyampaikan sekitar 2.500 orang di wilayah Rakhine melarikan diri dari pertempuran antara ARSA dan militer yang dimulai bulan lalu,” kata Haq tanpa memberi keterangan lebih rinci, seperti dilansir Anadolu Agency (AA).

Kamis, 03/01/2019 07:08 1

Amerika

Aktivis Muda Pendukung Donald Trump Tuding Islam Sumber Terorisme

Witt mengatakan semua Muslim adalah radikal dan mendorong peserta untuk mengungkap kejelekan mereka dan Islam

Rabu, 02/01/2019 17:17 0

Timur Tengah

Kuwait Minta Negara Arab Buka Kembali Kedutaan di Damaskus

Untuk mencapai langkah itu, diperlukan persetujuan dari Liga Arab, yang telah menangguhkan keanggotaan Suriah tujuh tahun lalu.

Rabu, 02/01/2019 16:12 0

Amerika

Penarikan Tentara AS dari Suriah Diperpanjang Empat Bulan

Menteri Angkatan Bersenjata Prancis, Florence Barley, menekankan perlunya "menyelesaikan misi" untuk mengalahkan ISIS sebelum koalisi AS menarik diri dari Suriah. Paris beranggapan organisasi tersebut belum kalah.

Rabu, 02/01/2019 15:15 0

Close