... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

Fokus

Global Wakaf-ACT DIY Bangun Sumur Wakaf untuk Warga Dusun Bangkan, Gunungkidul

Foto: Proses Pembangunan Sumur wakaf ACT

Upaya untuk mengentaskan masyarakat Gunungkidul dari ancaman kekeringan tahunan terus dilakukan. Meski sudah memasuki musim penghujan dan debit air di sumur galian sudah mulai terisi, pembangunan sumur wakaf di area rawan kekeringan terus digenjot.

Hari Rabu (02/01/2019) sebagai penanda awal tahun, Global Wakaf ACT DIY memulai pembangunan sumur wakaf di Dusun Bangkan, Desa Jatiayu, Kecamatan Karangmojo, Gunungkidul.

“Sumur yang dibangun saat ini merupakan sumur wakaf yang ke-17 di wilayah DIY, diperuntukkan untuk menyuplai kebutuhan warga akan kebutuhan air bersih, membantu pengairan sawah, serta untuk membantu kebutuhan air untuk ibadah masjid Al Hidayah yang baru saja selesai dibangun” ungkap Kharis Pradana Selaku koordinator Program ACT DIY.

Risdi, Takmir Masjid Al Hidayah menyampaikan rasa syukurnya atas dibangunnya sumur wakaf untuk keperluan ibadah masjidnya “masyarakat sangat terbantu dengan adanya sumur di masjid ini, soalnya belum ada sumur didekat masjid, jadi untuk keperluan masjid biasanya airnya masih numpang dari sumur warga” ujarnya.

Saat musim kemarau, Dusun Bangkan ini memang tergolong riskan, pasalnya dari cerita warga sekitar, saat kemarau 2018 lalu ketika sebagian besar sumur pada mengering, masyarakat harus mengambil air dari dusun sebelah yang ada sumur bornya.

“Dulu itu ada, kita sempat beli air dari truk tangki, pas mau sampai truknya tergelincir, akibat jalannya sini yang terjal dan curam, setelah itu warga tidak berani beli dari truk lagi” papar Agus Wibowo Ketua Dukuh Dusun Bangkan, sambil menceritakan kondisi dusunnya ketika kesulitan air.

BACA JUGA  Ibu Bercita-cita Mulia

Sumur yang dibangun sejak Rabu (02/01/2019) ini diperkirakan akan selesai pengeboran dalam sepekan dengan kedalaman kurang lebih 70 meter, dan diperlukan satu pekan lagi untuk pemasangan pipa, mesin pompa, water torn, serta pemasangan pipa ke masjid dan ke warga-warga dusun Bangkan.

“Target kami di 2019 ini, Global Wakaf ACT DIY akan membangun 20 sumur di titik-titik rawan kekeringan, serta menjadikan desa yang telah dibangunkankan sumur wakaf tersebut menjadi desa pemberdayaan” tutup Kharis.

Reporter: Nasrudin (ACT DIY)

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Suara Pembaca

BMH Berangkatkan Konvoi Logistik untuk Bantu Korban Tsunami Selat Sunda

Baitul Maal Hidayatullah (BMH) Jawa Timur memberangkatkan 5 Armada logistik dan Ambulance serta tim kesehatan dan relawan kemanusiaan menuju Banten.

Kamis, 03/01/2019 10:00 0

Opini

Menegaskan Identitas Gender

Pada tahapan awal, sejak dini anak harus sudah dimulai untuk diberikan penegasan akan identitas gendernya.

Kamis, 03/01/2019 09:46 0

Arab Saudi

Saudi Akan Bangun Kompleks Hiburan Seluas 100 Ribu Meter Persegi di Riyadh

Proyek ini dikembangkan oleh perusahaan Saudi Entertainment Projects Company, yang sepenuhnya dimiliki oleh Dana Investasi Publik.

Kamis, 03/01/2019 09:03 0

Afrika

Markas Besar PBB di Somalia Dihantam Roket

Dua korban staf PBB dan seorang kontraktor.

Kamis, 03/01/2019 07:59 0

Myanmar

PBB: Pertempuran Kembali Meletus Antara ARSA dan Militer Myanmar

“Rekan-rekan kami di kemanusiaan menyampaikan sekitar 2.500 orang di wilayah Rakhine melarikan diri dari pertempuran antara ARSA dan militer yang dimulai bulan lalu,” kata Haq tanpa memberi keterangan lebih rinci, seperti dilansir Anadolu Agency (AA).

Kamis, 03/01/2019 07:08 1

Indonesia

Di Hadapan Bobotoh, Ma’ruf Amin Mengaku Penggemar Persib Bandung

Setelah mengaku menyesal memenjarakan Ahok, kini Ma'ruf Amin juga mengaku pendukung Persib Bandung.

Rabu, 02/01/2019 22:35 0

Amerika

Aktivis Muda Pendukung Donald Trump Tuding Islam Sumber Terorisme

Witt mengatakan semua Muslim adalah radikal dan mendorong peserta untuk mengungkap kejelekan mereka dan Islam

Rabu, 02/01/2019 17:17 0

Indonesia

Fadli Soroti Jargon “Revolusi Mental” dan Janji Poros Maritim Jokowi

"Sebelum genap empat tahun jargon itu telah lenyap diganti klaim pembangunan infrastruktur fisik," kata Fadli

Rabu, 02/01/2019 16:50 0

Timur Tengah

Kuwait Minta Negara Arab Buka Kembali Kedutaan di Damaskus

Untuk mencapai langkah itu, diperlukan persetujuan dari Liga Arab, yang telah menangguhkan keanggotaan Suriah tujuh tahun lalu.

Rabu, 02/01/2019 16:12 0

Amerika

Penarikan Tentara AS dari Suriah Diperpanjang Empat Bulan

Menteri Angkatan Bersenjata Prancis, Florence Barley, menekankan perlunya "menyelesaikan misi" untuk mengalahkan ISIS sebelum koalisi AS menarik diri dari Suriah. Paris beranggapan organisasi tersebut belum kalah.

Rabu, 02/01/2019 15:15 0

Close