... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Peminat Nikah Massal Bertambah, Anies Janji Tambah Kuota Tahun 2019

Foto: Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

KIBLAT.NET, Jakarta – Peminat nikah dan isbat massal yang digelar oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta semakin meningkat dari tahun sebelumnya. Di tahun 2018, tak kurang dari 550 pasangan turut mengikuti program tahunan yang digelar tiap malam pergantian tahun. Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan berjanji akan menambah kuota nikah massal di tahun 2019.

“InsyaAllah kuotanya akan ditambah. Kita berharap tahun depan lebih besar lagi. Dan nanti kita akan coba siapkan, bukan hanya jumlahnya saja yang banyak tetapi juga program pasca pernikahan ini,” kata Anies kepada awak media saat ditemui di lokasi nikah massal, Senin (31/12/2018).

Terkait dengan program pasca nikah, Anies mengatakan, nantinya para peserta akan diberikan berbagai pelatihan. Anies juga menyebut, program pasca nikah ini tidak dikhususkan kepada yang ikut nikah massal, namun juga kepada masyarakat umum.

“Kami ingin agar sesudah ini kita bisa turut membantu. Kita ingin mereka menjadi keluarga yang baik perekonomian keluarganya. Mereka bisa diikutkan program pelatihan Oke Oce, kemudian juga pelatihan parenting sehingga mereka bisa menjadi orang tua yang lebih baik. InsyaAllah buat semuanya,” ujar Anies.

Dalam kesempatan yang sama, Anies juga mengungkapkan alasan utama Pemprov DKI menjadikan nikah massal sebagai program tahunan. Ia mengaku prihatin dengan pernikahan di Jakarta yang berbiaya mahal sehingga banyak memberatkan masyarakat.

BACA JUGA  Soal Lem Aibon Rp82 Milyar, Anies: Sudah Saya Koreksi

“Nah, kita selenggarakan bersama-sama begini agar menjadi lebih efisien, lebih murah, dan itu yang menjadi motivasi awal,” tutur Anies.

Selain itu, Anies juga mengungkap banyaknya masyarakat Jakarta yang tidak memiliki surat nikah maupun kartu keluarga karena hanya menikah secara syariah. Ia mengatakan, isbat massal digelar untuk memudahkan masyarakat mendapatkan dokumen sehingga nantinya lebih mudah mendapatkan bantuan.

“Ketika kami mau melaksanakan kewajiban, ingin memberikan hak mereka. Maka mereka diharuskan memiliki dokumen seperti kartu keluarga, buku nikah. Dan mereka tidak bisa mendapatkan bantuan karena gak punya dokumennya. Dengan ini InsyaAllah mereka bisa mendapatkan haknya, dan pemerintah bisa menunaikan kewajibannya,” pungkas Anies.

Reporter: Qoid
Editor: M. Rudy

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Video News

Kiblat Review: Kaledoskop Umat Islam 2018 (Bag 2)

KIBLAT.NET- Tahun 2018 akan segera berlalu. Berbagai fenomena dan aksi umat islam mewarnai pemberitaan media,...

Selasa, 01/01/2019 08:30 0

Artikel

Bencana (dan) Literasi

Dampak rendahnya literasi dapat terlihat dari cara kita menyikapi bencana. Di satu sisi ada sebagian masyarakat yang dengan mudahnya menghakimi satu bencana sebagai sebuah azab untuk masyarakat yang menjadi korban.

Senin, 31/12/2018 19:25 0

China

Ulama Uighur Diyakini Tewas Setelah 30 Tahun Ditahan di Kamp Konsentrasi

Kasusnya menarik perhatian masyarakat internasional. Pihak berwenang memperpanjang masa penjaranya pada lima kesempatan berbeda setiap kali hukumannya hampir selesai.

Senin, 31/12/2018 16:31 0

Suriah

Kamp Pengungsi Suriah Kebanjiran, Warga Kedinginan dan Butuh Makanan

"Setidaknya 220 tenda dibongkar dan 550 tenda terkena banjir," kata laporan itu.

Senin, 31/12/2018 13:12 0

Suriah

Militer AS Masih Patroli di Manbij Meski Trump Umumkan Tarik Pasukan

Jet koalisi pimpinan AS dan helikopter serang juga masih bisa terlihat di atas langit Manbij pada hari Sabtu.

Senin, 31/12/2018 10:35 0

Video News

Pelantikan Pengurus Pusat Pemuda Muhammadiyah Periode 2018-2022

KIBLAT.NET- Pelantikan pengurus pusat Pemuda Muhammadiyah periode 2018-2022, berikut susunan kabinetnya. Acara diselenggarakan pada Jumat,...

Senin, 31/12/2018 10:01 0

Video News

Tsunami Selat Sunda: Laut Murka Karena Manusia Durjana?

KIBLAT.NET- Hadits tentang laut yang marah dan meminta izin kepada Allah untuk menenggelamkan manusia sering...

Senin, 31/12/2018 09:58 0

Irak

Ketahuan Saudaranya Gabung ISIS, Menteri Pendidikan Iraq Mundur

"Saya sampaikan kepada semua bahwa saya sudah menyampaikan pengunduran diri kepada perdana menteri setelah adanya berita dari segala hubungan yang mengaitkanku dengan teror atau teroris,” tulisnya.

Senin, 31/12/2018 09:21 0

Video News

Kiblat Review: Kaledoskop Umat Islam 2018 (Bag 1)

KIBLAT.NET- Tahun 2018 akan segera berlalu. Berbagai fenomena dan aksi umat islam mewarnai pemberitaan media,...

Senin, 31/12/2018 08:59 0

Eropa

Media Jerman Sebut Masjid Didanai Teroris, DITIB Melawan

Persatuan Agama Islam Turki (DITIB) akan menuntut surat kabar Jerman Bild karena menerbitkan laporan berjudul "Bagaimana Teroris Mendanai Masjid-Masjid Jerman", yang dilekatkan pada masjid yang dikelola DITIB.

Senin, 31/12/2018 08:04 0

Close