Awal 2019, Malaysia Berlakukan Larangan Merokok di Seluruh Rumah Makan

KIBLAT.NET, Kuala Lumpur – Larangan merokok di semua rumah makan di Malaysia, mulai berlaku pada tengah malam pada Selasa 1 Januari 2019.

“Larangan ini sejalan dengan Kontrol Regulasi Produk Tembakau (Amandemen) 2018, untuk melindungi masyarakat dari paparan asap rokok,” kata Direktur Jenderal Kementerian Kesehatan Noor Hisham Abdullah.

Masyarakat diimbau untuk tidak merokok di semua rumah makan, baik yang ber-AC atau tidak. Baik di dalam dan di luar rumah makan, restoran atau food court.

“Larangan itu juga mencakup kios makanan dan kendaraan yang menyediakan meja dan kursi untuk orang makan, serta restoran di kapal dan kereta api,” katanya dalam sebuah pernyataan, sehari sebelum pergantian tahun.

Noor Hisham juga mengingatkan pemilik dan operator tempat makanan untuk menampilkan rambu-rambu bebas rokok, dan meniadakan asbak.

Siapa pun yang dinyatakan bersalah karena merokok di daerah terlarang dapat didenda hingga RM10.000 (Rp 34,8 juta) atau dipenjara hingga dua tahun.

Pemilik perusahaan makanan yang tidak menampilkan tanda larangan merokok dapat didenda hingga RM3.000 atau dipenjara hingga enam bulan. Mereka yang menyediakan fasilitas merokok dapat didenda hingga RM5.000 atau dipenjara hingga satu tahun.

Sumber: Channel News Asia
Redaktur: Ibas Fuadi

Ingin Langganan Artikel?
Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan update artikel terbaru.
Anda dapat berhenti langganan kapan saja.
Anda mungkin juga berminat