... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Berikut Beberapa Daerah Bebas Kembang Api dan Petasan di Malam Tahun Baru 2019

Foto: Perayaan Malam Tahun Baru

KIBLAT.NET – Malam pergantian tahun selalu identik dengan semburat kembang api serta suara petasan yang menggelegar. Warna-warni kembang api diyakini sebagai simbol atau cerminan agar seseorang dapat menjalani tahun berikutnya dengan penuh kesuksesan, hidupnya dipenuhi kebahagiaan.

Namun tak semua orang setuju dengan pandangan tersebut. Bagi sebagian pihak kembang api yang dinyalakan secara massal di pertengahan malam justru sangat mengganggu. Terlebih jika dilihat dari kacamata agama, ritual kembang api di malam tahun baru justru bisa mengarah kepada tabdzir (penghamburan harta) yang tentu sangat diperintahkan untuk dijauhi.

Menjelang pergantian tahun baru 2019 kali ini. Dengan beragam pertimbangan, beberapa pemimpin daerah menghimbau warganya agar tidak menyalakan kembang api dan petasan di malam tahun baru.

Berikut ini sejumlah pemimpin daerah yang mengeluarkan imbauan tentang perayaan tahun baru:

1. Kota Solo

Melalui surat edaran (SE) Wali Kota Nomor 334/3826 tentang Pelaksanaan Perayaan Tahun Baru 2019, Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo meminta seluruh lurah dan camat untuk mengimbau kepada warga untuk tidak menyalakan petasan dan kembang api saat malam pergantian tahun, karena dinilai dapat membahayakan lingkungan.

2. Kota Sabang

Dikutip dari Serambinews.com, Pemerintah Kota Sabang berkoordinasi dengan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) menyerukan umat Islam agar tidak merayakan malam pergantian tahun, tidak melakukan hal-hal yang bersifat hura-hura, seperti meniup terompet, menyalakan kembang api, minum miras serta semua bentuk kegiatan yang diharamkan agama.

BACA JUGA  Kebakaran Hutan Juga Tanggung Jawab Pemerintah Pusat

“Kita coba melahirkan Sabang ini sebagai kota wisata yang Islami, dimana jelang pergantian tahun ini tidak ada perayaan dalam bentuk apapun,” ujar Wali Kota Sabang, Nazaruddin S.IKom melalui Kabag Umum dan Humas Pemko Sabang, Bahrul Fikri SSTP MM.

3. Kabupaten Bandung

Pemda Kabupaten Bandung melalui Satpol PP mengimbau masyarakat Kabupaten Bandung agar tidak menggelar pesta kembang api saat malam pergantian tahun, dikutip dari TribunJabar.com.

“Saya imbau dan ingatkan masyarakat termasuk juga hotel, restoran dan berbagai tempat wisata untuk tidak menggelar pesta kembang api serta kegiatan lainnya secara berlebihan.” ujar Kasatpol PP Kabupaten Bandung, Usman Sayogi.

4. DKI Jakarta

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta memang tetap menggelar perayaan Tahun Baru 2019 dengan menyajikan panggung hiburan di lima titik yang berlokasi di kawasan Jakarta Pusat, yaitu kawasan Bundaran HI, Wahid Hasyim, Thamrin 10, Kebon Sirih, dan Bundaran Patung Kuda Arjuna Wijaya. Namun dalam kegiatan tersebut dipastikan tidak akan ada pesta kembang api lantaran dilarang oleh kepolisian.

Dikutip dari Okezone.com, Plt Kadisparbud DKI Asiantoro menghimbau agar masyarakat menjalani pergantian tahun tidak dengan hura-hura. Asiantoro menyarankan agar masyarakat mendengarkan dengan penuh khidmat tausiah yang rencananya akan disampaikan oleh Aa Gym.

“Kita rayain sederhana sambil dengar ceramah Aa Gym, kan nanti Aa Gym memberikan tausiah tuh,” ujar Asiantoro.

BACA JUGA  Mengapa Materi Perang dalam Kurikulum Sejarah Itu Penting?

5. Banda Aceh

Diketahui dari postingan di situs Pemerintah Kota Banda Aceh, bahwa warga dan juga para wisatawan dilarang menyalakan kembang api atau petasan selama malam pergantian tahun.

Dalam postingan tersebut tertulis bahwa Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman meminta jajarannya untuk menyampaikan kepada masyarakat untuk tidak menggelar perayaan malam tahun baru dalam bentuk apa pun. Sebab, menurut Aminullah Usman, perayaan malam tahun baru bertentangan dengan adat istiadat masyarakat Aceh.

“Saya lagi-lagi mengimbau masyarakat agar tidak merayakan tahun baru masehi dalam bentuk apa pun, baik perayaan, menghidupkan petasan dan lain sebagainya yang dapat menyebabkan masyarakat lainnya terganggu,” kata Usman saat menghadiri acara tausiyah dan zikir rutin di Pendopo Wali Kota, Jumat (28/12/2018).

Penulis: Rusydan Abdul Hadi

 

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

One comment on “Berikut Beberapa Daerah Bebas Kembang Api dan Petasan di Malam Tahun Baru 2019”

  1. edosh

    tahun depan lebih banyak lagi dan akhirnya hanya minoritas yang mengadakan tahun baru dengan hura-hura

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

China

Ulama Uighur Diyakini Tewas Setelah 30 Tahun Ditahan di Kamp Konsentrasi

Kasusnya menarik perhatian masyarakat internasional. Pihak berwenang memperpanjang masa penjaranya pada lima kesempatan berbeda setiap kali hukumannya hampir selesai.

Senin, 31/12/2018 16:31 0

Suriah

Kamp Pengungsi Suriah Kebanjiran, Warga Kedinginan dan Butuh Makanan

"Setidaknya 220 tenda dibongkar dan 550 tenda terkena banjir," kata laporan itu.

Senin, 31/12/2018 13:12 0

Suriah

Militer AS Masih Patroli di Manbij Meski Trump Umumkan Tarik Pasukan

Jet koalisi pimpinan AS dan helikopter serang juga masih bisa terlihat di atas langit Manbij pada hari Sabtu.

Senin, 31/12/2018 10:35 0

Video News

Pelantikan Pengurus Pusat Pemuda Muhammadiyah Periode 2018-2022

KIBLAT.NET- Pelantikan pengurus pusat Pemuda Muhammadiyah periode 2018-2022, berikut susunan kabinetnya. Acara diselenggarakan pada Jumat,...

Senin, 31/12/2018 10:01 0

Video News

Tsunami Selat Sunda: Laut Murka Karena Manusia Durjana?

KIBLAT.NET- Hadits tentang laut yang marah dan meminta izin kepada Allah untuk menenggelamkan manusia sering...

Senin, 31/12/2018 09:58 0

Irak

Ketahuan Saudaranya Gabung ISIS, Menteri Pendidikan Iraq Mundur

"Saya sampaikan kepada semua bahwa saya sudah menyampaikan pengunduran diri kepada perdana menteri setelah adanya berita dari segala hubungan yang mengaitkanku dengan teror atau teroris,” tulisnya.

Senin, 31/12/2018 09:21 0

Video News

Kiblat Review: Kaledoskop Umat Islam 2018 (Bag 1)

KIBLAT.NET- Tahun 2018 akan segera berlalu. Berbagai fenomena dan aksi umat islam mewarnai pemberitaan media,...

Senin, 31/12/2018 08:59 0

Eropa

Media Jerman Sebut Masjid Didanai Teroris, DITIB Melawan

Persatuan Agama Islam Turki (DITIB) akan menuntut surat kabar Jerman Bild karena menerbitkan laporan berjudul "Bagaimana Teroris Mendanai Masjid-Masjid Jerman", yang dilekatkan pada masjid yang dikelola DITIB.

Senin, 31/12/2018 08:04 0

China

Surat Terbuka Presiden Kongres Uighur Dunia untuk Para Pemimpin Negara Muslim

"Para pemimpin ini tidak dapat mengklaim sebagai pembela umat Islam jika mereka membiarkan uang mencegah mereka berbicara tentang salah satu contoh paling serius dari penganiayaan agama terhadap umat Islam di dunia," kata Presiden WUC.

Ahad, 30/12/2018 11:28 0

Afghanistan

Taliban Hanya Akan “Berunding” dengan AS, Bukan Pemerintah Kabul

Imarah Islam Aghanistan atau Taliban sekali lagi menolak laporan yang mengatakan delegasi politiknya bersedia bertemu dengan perwakilan dari pemerintah Afghanistan.

Ahad, 30/12/2018 10:13 0

Close