... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

LIDMI Diharapkan Jadi Penjaga Idealisme Keislaman Mahasiswa

Foto: Wakil Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman berbicara dalam Seminar Kepemimpinan Dakwah Kampus MUSPIMNAS LIDMI 2018

KIBLAT.NET, Makassar – Sebagai lembaga kemahasiswaan dan kepemudaan, Lingkar Dakwah Mahasiswa Indonesia (PP LIDMI) diharapkan menjadi penjaga idealisme keislaman mahasiswa binaannya.

Hal itu disampaikan Wakil Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman saat memberikan sambutan dalam Seminar Kepemimpinan Dakwah Kampus. Seminar ini merupakan rangkaian dari Musyawarah Pimpinan Nasional (MUSPIMNAS) LIDMI 2018 yang dihelat di Makassar.

“Anak-anak kampus, dapat kesempatan belajar dalam kampus karena salah satu faktor pendukung belajar adalah lingkungan,” tutur Andi Sudirman di Gedung Pola Kantor Gubernur Sulsel, Sabtu (29/12/2018).

Dihadapan ratusan kader LIDMI, Alumni Teknik Mesin Universitas Hasanuddin ini mengimbau agar manfaatkan kampus sebagai lingkungan yang sangat mendukung kerja-kerja keilmuan. Walaupun kuliah di kampus yang tidak berlabel Islam, namun mahasiswa Islam harus berusaha menjaga dan mempertahankan keimanan mereka dalam segala hal.

“Kita belajar dari kisah Nabi Yusuf Alaihi salam, yang berhasil melewati salah satu fitnah terbesar yakni fitnah wanita. Maka anda para Mahasiswa, khususnya pemuda Islam, harus mampu menghindari fitnah tersebut dalam kehidupan sehari-hari, khususnya dalam wilayah kampus,” tuturnya.

“Jadi Mahasiswa itu baru sampai pada fitnah wanita, belum sampai pada fitnah tahta dan harta. Maka harus berlatih sebelum tiba saatnya dipertemukan dengan dua fitnah terbesar tersebut,” tambahnya.

Identitas keislaman harus dijaga baik, kata pria berdarah Bugis Bone ini. Menurutnya, kuliah yang baik itu jika idealitas sebagai seorang mahasiswa muslim tetap terjaga walaupun telah menamatkan kuliah.

BACA JUGA  PKS Perjuangkan Aspirasi Ulama dan Ormas Islam Dalam Undang-Undang Pesantren

“Intinya adalah latihan di kampus agar idealisme itu tetap ada dan agama tetap terjaga. Sehingga idealisme kita tunduk pada agama,” ujarnya.

Di akhir sambutan, bapak tiga anak ini berpesan agar LIDMI sebagai lembaga kemahasiswaan sekaligus kepemudaan harus konsisten dalam menjaga identitas keislaman para mahasiswa binaannya.

Dia juga membuka kegiatan MUSPIMNAS LIDMI secara resmi, dihadapan ratusan peserta kegiatan yang hadir.

LIDMI menggelar MUSPIMNAS di Pesantren Pondok Madinah, Sabtu (29/12/2018) hingga Ahad (30/12/2018) yang menghadirkan jajaran Pimpinan Wilayah dan Daerah Se-Indonesia. (*rh)

Kontributor: Irfan
Redaktur: Imam S.

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

China

Surat Terbuka Presiden Kongres Uighur Dunia untuk Para Pemimpin Negara Muslim

"Para pemimpin ini tidak dapat mengklaim sebagai pembela umat Islam jika mereka membiarkan uang mencegah mereka berbicara tentang salah satu contoh paling serius dari penganiayaan agama terhadap umat Islam di dunia," kata Presiden WUC.

Ahad, 30/12/2018 11:28 0

Afghanistan

Taliban Hanya Akan “Berunding” dengan AS, Bukan Pemerintah Kabul

Imarah Islam Aghanistan atau Taliban sekali lagi menolak laporan yang mengatakan delegasi politiknya bersedia bertemu dengan perwakilan dari pemerintah Afghanistan.

Ahad, 30/12/2018 10:13 0

Suriah

Turki dan Rusia Sepakat Atur Operasi Darat di Suriah

Turki dan Rusia juga akan melindungi integritas teritorial dan kesatuan politik Suriah dari semua upaya untuk menjatuhkannya.

Ahad, 30/12/2018 09:25 0

Suara Pembaca

Tahun Baru: Mestinya Muhasabah, Bukan Hura-hura

Apa yang didapatkan oleh mereka yang merayakan Tahun Baru 1 Januari? Inilah pertanyaan mendasar.

Ahad, 30/12/2018 08:44 0

Arab Saudi

Akun Twitter Lenyap, Syaikh Al-Arifi Ditangkap?

Rezim Saudi mempersempit gerak Syaikh Al-Arifi dalam beberapa tahun terakhir karena khutbah-khutbahnya yang dianggap mengancam rezim.

Sabtu, 29/12/2018 09:14 0

Video News

Ini Kata Dubes Cina Tentang Uighur

KIBLAT.NET- Dubes Cina, Xiao Qian mengungkapkan tanggapannya pada isu Uighur. Video dapat dilihat dan diunduh...

Jum'at, 28/12/2018 21:07 0

Video News

Abdul Mu’ti Ungkapkan Hasil Pertemuan dengan Dubes Cina Tentang Uighur

KIBLAT.NET- Abdul Mu’ti, Sekretaris PP Muhammadiyah mengungkapkan hasil pertemuannya dengan Dubes Cina. Video dapat dilihat...

Jum'at, 28/12/2018 21:02 0

Video News

Inilah Saran dan Pesan Ketum PP Muhammadiyah untuk Dubes Cina

KIBLAT.NET- Dalam konferensi pers yang diadakan Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Ketua Umum PP Muhammadiyah menyampaikan pesan,...

Jum'at, 28/12/2018 20:56 0

Opini

 Uighur Merana, Tanggung Jawab Siapa?

Sebagai negeri dengan jumlah pemeluk Islam terbanyak di dunia, seharusnya pemerintah dan rakyat Indonesia berada di garda terdepan dalam penyelesaian konflik Uighur.

Jum'at, 28/12/2018 18:54 0

Irak

Pasukan Amerika Didesak Keluar dari Irak

Partai-partai politik Irak menuntut penarikan pasukan AS dari negara mereka beberapa jam setelah Donald Trump secara mendadak mengunjungi pasukan Amerika yang bermarkas di sana.

Jum'at, 28/12/2018 18:06 0

Close