... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Rusia Akan Pertemukan Hamas dan Fatah di Moskow

KIBLAT.NET, Moskow – Rusia mengumumkan pada Jumat (21/12) kesiapannya untuk mengadakan pertemuan antara Gerakan Fatah dan Hamas di Moskow. Moskow mengatakan bahwa langkah itu untuk “berkontribusi pada rekonsiliasi nasional antara kedua pihak.”

“Kami telah mengundang Ismail Haniyeh (kepala biro politik Hamas), dan ia telah menerimanya, dan kemungkinan besar akan menjadi pertemuan awal tahun depan,” kata Wakil Menteri Luar Negeri Rusia, Mikhail Bogdanov, seperti dilansir Anadolu Agency dari kantor berita Rusia, Interfax.

Bagdonav yang juga utusan khusus presiden untuk Timur Tengah menambahkan bahwa pihaknya saat ini tengah menentukan kesepakatan tanggal pertemuan. Pihak Haniyeh diminta membentuk tim delegasi di bawah pimpinannya.

Sementara itu, Menteri Luar Negeri Palestina Otoritas Palestina yang dikuasai Gerakan Fatah, Riyad al-Maliki, menyambut upaya Moskow untuk mencapai rekonsiliasi nasional antara Fatah dan Hamas.

“Tidak ada salahnya dalam pandangan kami bahwa kepemimpinan Rusia harus berusaha untuk berkontribusi sebanyak mungkin pada konsolidasi upaya menuju rekonsiliasi,” kata Maliki dalam sebuah wawancara dengan Russia Today.

“Setiap upaya dukungan tambahan yang mendukung upaya-upaya Mesir kami sambut dengan baik,” imbuhnya.

Pekan lalu, Haniyeh mengatakan siap bertemu dengan Presiden Mahmoud Abbas di mana saja untuk membahas pengaturan pertemuan Palestina yang diperluas dan menyepakati agenda aksi nasional untuk tahap berikutnya.

Dua bulan terakhir, delegasi Mesir mondar-mandir antara Gaza, Tepi Barat dan Tel Aviv untuk membahas rekonsiliasi antara Fatah dan Hamas, dan mencapai gencatan senjata antara Israel dan faksi-faksi di Gaza.

BACA JUGA  Usai Serangan di Fasilitas Minyak, Putin Tawarkan Senjata ke Saudi

Pembicaraan rekonsiliasi saat ini adalah satu dari puluhan putaran yang diadakan antara Hamas, Fatah dan seluruh faksi Palestina sejak awal pembagian negara Palestina pada 2007 di Kairo dan beberapa ibu kota Arab, tetapi selalu berakhir dalam kegagalan.

Hamas dan Fatah menandatangani perjanjian rekonsiliasi pada 12 Oktober 2017. Akan tetapi, mayoritas kesepakatan tidak sepenuhnya dilaksanakan. Hal itu karena masih ada perbedaan dalam penerapannya.

Sumber: Anadolu Agency
Redaktur: Sulhi El-Izzi

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Analisis

Antara Narasi PSI dan Kondisi Objektif Poligami di Indonesia

Benarkah poligami menyebabkan ketidakadilan pada perempuan?

Jum'at, 21/12/2018 23:57 1

Artikel

Kejayaan Cina Adalah Penderitaan Muslim Uyghur

Kebijakan represif terhadap muslim Uyghur bukan saja baru-baru ini. Serangkaian kebijakan represif dan diskriminatif telah terjadi sejak lama.

Jum'at, 21/12/2018 21:05 0

Indonesia

Sebagai Bentuk Solidaritas, Ribuan Umat Islam Solo Gelar Aksi Bela Uighur

- Ribuan umat Islam Solo Raya turut menggelar aksi untuk menentang kezaliman pemerintah China terhadap muslim Uighur. Endro Sudarsono,

Jum'at, 21/12/2018 20:20 0

Artikel

Ekspresi Bocah-Bocah Uighur Pasca Demo 2112

Melihat foto-foto anak Uighur pasca demo 2112, kita dapat merasakan ekspresi keharuan dalam tatapan mereka. Haru, karena masih ada yang memperhatikan nasib mereka.

Jum'at, 21/12/2018 19:57 0

Indonesia

Kedubes China Mendadak Tutup Saat Aksi 2112, UBN: Ini Hanya Pengalihan

Kantor Duta Besar China di Kuningan, Jakarta digeruduk oleh ratusan Umat Muslim Indonesia. Mengetahui akan adanya aksi, secara mendadak beredar selembaran pengumuman penutupan sementara Konsuler Kedubes China.

Jum'at, 21/12/2018 19:50 0

Indonesia

Amnesty Internasional: China Gunakan Isu Terorisme Untuk Menyembunyikan Pelanggaran HAM

Direktur Amnesty International Indonesia, Usman Hamid mengatakan bahwa Cina menggunakan isu terorisme dalam melakukan tindakan represif kepada etnis Uighur

Jum'at, 21/12/2018 19:22 2

Video Kajian

Bentuk Pembelaan Kita kepada Muslim Uighur – Ust. Muhajirin Ibrahim, Lc.

KIBLAT.NET- Sesungguhnya hancurnya dunia lebih ringan bagi Allah daripada tertumpahnya darah seorang muslim. Kelak kita...

Jum'at, 21/12/2018 18:45 0

Video News

Ketua GNPF Ulama Desak Pemerintah RI Usir Dubes Cina

KIBLAT.NET- Ketua GNPF dalam Aksi Solidaritas Bela Muslim Uighur menyampaikan beberapa aspirasi untuk kebebasan menjalankan...

Jum'at, 21/12/2018 18:40 0

Indonesia

Gayung Bersambut, Ini Sambutan Bocah-Bocah Uighur Pasca Demo Serentak

Sejumlah aksi demonstrasi mengecam penindasan terhadap etnis Uighur, diselenggarakan di beberapa kota di Indonesia. Diantaranya Solo, Jakarta, Jogjakarta dan Bandung. 

Jum'at, 21/12/2018 18:20 0

Indonesia

Aksi Bela Muslim Uighur Serentak di Indonesia, dari Aceh Hingga Makassar

Tak hanya di Jakarta, Aksi Bela Muslim Uighur juga berlangsung di berbagai kota di Indonesia

Jum'at, 21/12/2018 17:40 0

Close