... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Umat Islam Diimbau Lakukan Qunut Nazilah Untuk Uighur

Foto: Muslim Uighur (BBC)

KIBLAT.NET, Jakarta – Sekretris Jenderal (Sekjen) Majelis Intelektual dan Ulama Muda Indonesia (MIUMI) KH Bachtiar Nasir menghimbau kepada Umat Islam dunia, khususnya Indonesia untuk membantu Muslim Uighur, minimal dengan melakukan Qunut Nazilah.

“Jika kita berdoa, maka Allah akan mendengar. Di masjid-masjid, kami menganjurkan untuk melakukan Qunut Nazilah. Setidaknya dalam satu hari ada lima qunut nazilah. Atau minimal sholat jumat dan di sholat lainnya,” ujarnya usai memimpin rapat terbuka konsolidasi aksi bela Uighur, di Gedung AQL, Tebet, Jakarta Selatan, Kamis (20/12/2018) sore.

Selain itu, ia menuturkan umat Islam Indonesia juga bisa membantu Etnis Uighur yang dizolimi dengan melakukan aksi besar-besaran, yang kemudian menarik perhatian dunia internasional, supaya menjadi tekanan yang cukup baik di tingkat nasional maupun internasional.

“Saya kira nanti Kementrian Luar Negeri akan bekerja lebih serius dan juga Komisi 1 DPR (untuk membantu Uighur). Juga mungkin nanti ada negara-negara lain, terlebih negara muslim yang akan terinspirasi dan bergerak sebagaimana umat Islam Indonesia, melakukan aksi dan membela Uighur,” ujar mantan ketua Gerakan Nasional Pengawal Fatwa (GNPF) Ulama.

Kemudian, UBN memberi wasiat, jika ada umat Islam di kota lain yang ingin melakukan aksi membela Uighur baik di masjid maupun di pusat kota, hendaknya dilakukan dengan cara yang beradab, menjaga kebersihan, menjaga ketertiban, keamanan, peraturan, disiplin, dan ia menghimbau untuk tidak merusak sarana publik, lakukan aksi dengan penuh kedamaian.

BACA JUGA  MUI Minta Korban Asap Karhutla Gelar Sholat Istisqa

“Kepada semua yang tidak bisa ikut aksi, mungkin bisa membantu saudara-saudara kita yang melakukan aksi dengan bantuan ekonomi, konsumsi, kesehatan, atau apa saja yang kita bisa bantu,” jelasnya.

Ia juga menghimbau kepada khotib sholat jumat di seluruh Indonesia dalam khutbahnya untuk berbicara tentang pembelaan terhadap umat Islam, ia pun mengutip hadis nabi yang artinya “urusan paling penting untuk kita urus adalah Islam, dan semua urusan menjadi kecil jika tidak ada islam, dan mari kita tegakkan sholat”.

Secara terpisah, Wakil Sekretaris Jendral Majelis Ulama Indonesia, Amirsyah Tambunan juga berpesan kepada masjid-masjid di Indonesia untuk melakukan qunut nzilah, bentuk keberpihakan kepada umat islam di Uighur.

“Lakukanlah qunut nazilah, membantu dengan do’a,” ujarnya dalam diskusi bersama media bertajuk ‘Mengungkap Fakta Pelanggaran HAM Terhadap Etnis Uighur’ di Jakarta, Kamis (20/12/2018) siang.

Reporter: Muhammad Jundii
Editor: Imam S.

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Myanmar

Myanmar Luncurkan Operasi Militer Baru terhadap Muslim Rohingya

Dalam sebuah pernyataan yang diunggah di situs resmi, Kantor Panglima Militer Myanmar Min Aung Helang mengumumkan bahwa pasukan keamanan mulai bergerak lagi dan meluncurkan "operasi pembersihan" di daerah Mongdao.

Jum'at, 21/12/2018 11:23 0

Amerika

Trump Juga Dikabarkan Tarik Mayoritas Tentara dari Afghanistan

“Putusan ini sudah diambil (Trump). Akan ada penarikan penting,” kata sumber yang meminta tidak menyebutkan namanya itu.

Jum'at, 21/12/2018 10:50 0

Video Kajian

Inilah Gagasan dan Perjuangan Tjokroaminoto yang Jarang Diketahui Umat.

KIBLAT.NET- HOS Tjokroaminoto adalah tokoh yang cukup berperan besar dalam sejarah politik dan organisasi Islam...

Jum'at, 21/12/2018 08:57 0

Prancis

Prancis Tetap di Suriah Meski AS Menarik Pasukannya

"Perang melawan terorisme belum berakhir dan masih berlangsung," kata Menteri Perancis untuk Urusan Eropa, Nathalie Loazou, dalam wawancara dengan CNN Prancis pada Kamis.

Jum'at, 21/12/2018 08:19 0

Afghanistan

Taliban Jelaskan Substansi Negosiasi dengan AS di Abu Dhabi

Taliban juga menuntut diakhirinya serangan udara tanpa pandang bulu dan perlakuan terhadap keluarga mereka serta warga sipil yang terluka akibat serangan udara AS.

Jum'at, 21/12/2018 07:58 0

Video News

Bagaimana Keadaan Muslim Uighur? Ini Jawaban Ust. Bachtiar Nasir.

KIBLAT.NET-  Pada, Kamis , 20 Desember 2018 MIUMI menggelar Rapat Terbuka Aksi Bela Muslim Uighur...

Kamis, 20/12/2018 22:12 0

Video News

Ini Pesan Ust. Bachtiar Nasir untuk Aksi Bela Muslim Uighur Besok.

KIBLAT.NET- Pada Kamis, 20 Desember 2018 MIUMI menggelar Rapat Terbuka Aksi Bela Muslim Uyghur oleh...

Kamis, 20/12/2018 21:11 0

Manhaj

Poligami, Ijma Ulama yang Digugat PSI

Masih lekat diingatan pidato Grace Natalie yang menggebu-gebu melarang seluruh kadernya untuk melakukan poligami, bahkan Sis Grace juga berjanji akan memperjuangkan pelarangan poligami jika partainya lolos.

Kamis, 20/12/2018 21:08 0

Tazkiyah

Kisah Orang Buta Pembawa Lentera

" Wahai orang buta. Malam hari dan siang hari sama saja bagimu. Apakah manfaat lampu itu?"

Kamis, 20/12/2018 15:30 0

Khutbah Jum'at

Khutbah Jumat: Peduli Muslim Uighur

Khutbah Jumat: Peduli Muslim Uighur

Kamis, 20/12/2018 14:13 0

Close