... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Sebagai Bentuk Solidaritas, Ribuan Umat Islam Solo Gelar Aksi Bela Uighur

KIBLAT.NET, Solo – Ribuan umat Islam Solo Raya turut menggelar aksi untuk menentang kezaliman pemerintah China terhadap muslim Uighur. Endro Sudarsono, Sekretaris Dewan Syariah Kota Surakarta (DSKS) menegaskan bahwa diskriminasi yang diterima muslim Uighur sangat memprihatinkan.

“Kami mengecam tindak penindasan, persekusi, dan berbagai tindak kekerasan atas Muslim Uyghur oleh pemerintah China yang merupakan kategori kejahatan kemanusiaan, pelanggaran HAM berat,” katanya kepada Kiblat.net pada Jumat (21/12/2018).

Endro menjelaskan, sebelum aksi, massa dihimbau untuk berkumpul terlebih dahulu di halaman Masjid Kottabarat guna untuk pengadaan konvoi bendera tauhid. Terpantau, selepas shalat Jumat halaman masjid sudah dipenuhi kendaraan dan massa dengan mengenakan baju putih dan atribut bendera, topi, ikat kepala bertuliskan kalimat Tauhid.

Tepat pukul satu konvoi dimulai, dengan diawali dengan mobil orasi lalu disusul oleh ribuan massa dibelakangnya. Dalam perjalanan, terlihat salah satu massa memberikan satu bendera tauhid nya kepada pengendara lain yang tidak berpunya. Sementara sebagian massa yang tidak mengenakan motor, berjalan beriringan di bahu jalan dengan mengayunkan bendera tauhid nya.

“Ini adalah bentuk solidaritas kita kepada saudara kita di Uighur sana,” ungkap Endro.

Sesampai di Bundaran Gladag, massa diberikan tausyiah dari ustadz, dai dan tokoh masyarakat sekitar diantaranya Ust. Dr. Mu’innuddinillah Basri. MA, Ust. Tengku Azhar, Ust. Mas’ud Izzul Mujahid, Ust. Halim Naharrussurur, Ust. Abdurrahim Ba’asyir, Ust. Fais Baradja, Kang Puji Hartono DIY, Ust. Shobarin Syakur.

BACA JUGA  LDK Se-Makassar Gelar Aksi Peduli Palestina

Menurut pantauan kiblat.net, aksi berjalan dengan lancar, lalu lintas sekitar aksi dipandu oleh laskar dengan dikawal sejumlah aparat kepolisian. Pukul 14.45 menjelang adzan Ashar, massa dibubarkan yang sebelumnya berdoa bersama.

Reporter: Reno Aldino
Editor: Izhar Zulfikar

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Artikel

Ekspresi Bocah-Bocah Uighur Pasca Demo 2112

Melihat foto-foto anak Uighur pasca demo 2112, kita dapat merasakan ekspresi keharuan dalam tatapan mereka. Haru, karena masih ada yang memperhatikan nasib mereka.

Jum'at, 21/12/2018 19:57 0

Video Kajian

Bentuk Pembelaan Kita kepada Muslim Uighur – Ust. Muhajirin Ibrahim, Lc.

KIBLAT.NET- Sesungguhnya hancurnya dunia lebih ringan bagi Allah daripada tertumpahnya darah seorang muslim. Kelak kita...

Jum'at, 21/12/2018 18:45 0

Video News

Ketua GNPF Ulama Desak Pemerintah RI Usir Dubes Cina

KIBLAT.NET- Ketua GNPF dalam Aksi Solidaritas Bela Muslim Uighur menyampaikan beberapa aspirasi untuk kebebasan menjalankan...

Jum'at, 21/12/2018 18:40 0

Opini

Uighur, Korban Kesekian dari So-Called Kontraterorisme

Narasi yang dilontarkan Cina, melalui pernyataan Chunying, adalah bahwa Cina sedang melakukan usaha kontraterorisme dan penjagaan stabilitas di Xinjiang.

Jum'at, 21/12/2018 15:18 0

Myanmar

Myanmar Luncurkan Operasi Militer Baru terhadap Muslim Rohingya

Dalam sebuah pernyataan yang diunggah di situs resmi, Kantor Panglima Militer Myanmar Min Aung Helang mengumumkan bahwa pasukan keamanan mulai bergerak lagi dan meluncurkan "operasi pembersihan" di daerah Mongdao.

Jum'at, 21/12/2018 11:23 0

Amerika

Trump Juga Dikabarkan Tarik Mayoritas Tentara dari Afghanistan

“Putusan ini sudah diambil (Trump). Akan ada penarikan penting,” kata sumber yang meminta tidak menyebutkan namanya itu.

Jum'at, 21/12/2018 10:50 0

Video Kajian

Inilah Gagasan dan Perjuangan Tjokroaminoto yang Jarang Diketahui Umat.

KIBLAT.NET- HOS Tjokroaminoto adalah tokoh yang cukup berperan besar dalam sejarah politik dan organisasi Islam...

Jum'at, 21/12/2018 08:57 0

Prancis

Prancis Tetap di Suriah Meski AS Menarik Pasukannya

"Perang melawan terorisme belum berakhir dan masih berlangsung," kata Menteri Perancis untuk Urusan Eropa, Nathalie Loazou, dalam wawancara dengan CNN Prancis pada Kamis.

Jum'at, 21/12/2018 08:19 0

Afghanistan

Taliban Jelaskan Substansi Negosiasi dengan AS di Abu Dhabi

Taliban juga menuntut diakhirinya serangan udara tanpa pandang bulu dan perlakuan terhadap keluarga mereka serta warga sipil yang terluka akibat serangan udara AS.

Jum'at, 21/12/2018 07:58 0

Video News

Bagaimana Keadaan Muslim Uighur? Ini Jawaban Ust. Bachtiar Nasir.

KIBLAT.NET-  Pada, Kamis , 20 Desember 2018 MIUMI menggelar Rapat Terbuka Aksi Bela Muslim Uighur...

Kamis, 20/12/2018 22:12 0

Close