... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Maneger Nasution: Pemerintah China Harus Ditetapkan Sebagai Penjahat Kemanusiaan

Foto: Maneger Nasution

KIBLAT.NET, Jakarta – Direktur Pusat Studi dan Pendidikan HAM (Pusdikam) Uhamka, Maneger Nasution menegaskan bahwa penguasa negara China seharusnya ditetapkan sebagai penjahat internasional. Sebab, negara tersebut telah banyak melakukan pelanggaran HAM terhadap muslim Uighur.

“Kasus kejahatan kemanusiaan terhadap Muslim di Uighur, yang dilakukan oleh pihak berkuasa dalam hal ini negara China sangat terbuka bagi Mahkamah Pidana Internasional untuk melaksanakan kompetensi dan yurisdiksinya terhadap kasus ini. Karena fakta-fakta yang terjadi dalam kasus kejahatan kemanusiaan terhadap Muslim di Uighur ini telah terpenuhi syarat materilnya,” katanya kepada Kiblat.net melaui siaran persnya pada Kamis (20/12/2018).

“Hal itu ditetapkan dalam Statuta Roma khususnya yang ada di Pasal 7 berkenaan dengan kejahatan terhadap kemanusiaan. Maka, penguasa China seharusnya bisa ditetapkan sebagai penjahat kemanusiaan,” sambungnya.

Selain itu, ia juga menilai bahwa dewan HAM PBB dan organisasi internasional perlu mengajukan kasus yang terjadi terhadap muslim Uighur ke peradilan Internasional seperti ICC ( International Criminal Court) yang diatur dalam statuta roma tahun 1998.

Menurut mantan Komisioner Komnas HAM ini, dunia kemanusiaan mengutuk keras terkait dengan kembali terulangnya pelanggaran HAM terhadap muslim di Uighur.

“Oleh sebab itu, Pemerintah Indonesia perlu melakukan upaya-upaya serius untuk mengelola dinamika ekspresi solidaritas dalam negeri terhadap penderitaan Muslim di Uighur,” pungkasnya.

Reporter: Taufiq Ishaq
Editor: Izhar Zulfikar

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Khutbah Jum'at

Khutbah Jumat: Peduli Muslim Uighur

Khutbah Jumat: Peduli Muslim Uighur

Kamis, 20/12/2018 14:13 0

China

5 Hal yang Bisa Kita Lakukan untuk Membantu Muslim Uighur, Nomor 3 Seringkali Kita Abaikan

Seorang muslim yang mempunyai spirit rahmatan lil alamin dan ukhuwah Islamiyah sudah sepantasnya membantu muslim Uighur.

Kamis, 20/12/2018 13:29 0

Suriah

JWT Sergap Militer Suriah, 30 Tewas

Sumber itu menambahkan bahwa militer rezim membalas kerugian itu dengan menggempur desa dan perkebunan di sekitar kota Kafr Zita dan Lathamanah di pedesaan Hama utara.

Kamis, 20/12/2018 10:26 0

Amerika

Pentagon: Kami Mulai Tarik Pasukan dari Suriah dan Siapkan Operasi Baru

"Koalisi membebaskan wilayah yang dikendalikan oleh ISIS, tetapi kampanye memeranginya belum berakhir," kata juru bicara Pentagon, Dana White, Rabu.

Kamis, 20/12/2018 07:24 0

Video News

Zoom In: Selain Jalan Gubeng Surabaya, Inilah 5 Tanah Amblas Paling Mengerikan

KIBLAT.NET- Baru-baru ini, kita dihebohkan dengan amblasnya jalan Gubeng di Surabaya atau disebut juga dengan...

Rabu, 19/12/2018 19:57 0

Suriah

Milisi Iran Rombak Masjid Jami’ Umar bin Khattab Jadi Husainiyah Syiah

Masjid itu berada di Deir Zour, Suriah

Rabu, 19/12/2018 16:07 0

Munaqosyah

Dipaksa Kafir, Bagaimana Status Keimanan Muslim Uighur?

Berbagai cara dilakukan oleh pemerintah Cina untuk memaksa Muslim Uighur kafir. Mereka yang terpaksa kafir bagaimana status keimanan mereka? Adakah uzur bagi mereka?

Rabu, 19/12/2018 16:00 0

Khazanah

Sejarah Perayaan Tahun Baru Bangsa Kuno

Tidak hanya pada zaman modern ini, ternyata perayaan tahun baru, juga dilakukan oleh bangsa-bangsa kuno. Perayaan bangsa kuno terhadap tahun baru, memberi tashowwur tentang hakikat tahun baru itu sendiri. Sehingga kita bisa mendudukkannya sesuai dengan kaca mata Islam memandang.

Rabu, 19/12/2018 14:43 0

Video News

Bela Uighur, PB HMI Geruduk Kedubes China dan Kemenlu RI.

KIBLAT.NET- Pada Selasa, 18 Desember 2018, Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) secara serentak se-Indonesia...

Rabu, 19/12/2018 13:00 0

Fikih

Hukum Merayakan Tahun Baru dalam Islam

Perayaan tahun baru seolah menjadi budaya tahunan di Indonesia. Tumpah ruah muda-mudi di jalanan menghitung mundur tahun baru seolah menjadi rutinitas tahunan. Bagaimana hukum merayakan tahun baru dalam Islam?

Rabu, 19/12/2018 13:00 0

Close