... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Kejahatan Pemerintah China kepada Muslim Uighur Mengarah ke Genosida

Foto: Seorang Muslim Uighur berhadapan dengan militer China.

KIBLAT.NET, Jakarta – Direktur Pusdikam Uhamka, Maneger Nasution menekankan bahwa apa yang dialami muslim Uighur telah mengarah pada genosida. Sebab, pemerintah China melakukan kejatahatan kepada muslim Uighur secara sistematis.

“Peristiwa kejahatan yang menimpa muslim Uighur di China telah menjurus kepada genosida (usaha pembersihan etnis). Karena dilakukan secara terstruktur, sistematis, dan masif, dimulai dengan kebijakan- kebijakan Pemerintah China yang menyudutkan keberadaan muslim Uighur,” katanya kepada Kiblat.net melalui siaran persnya pada Kamis (20/12/2018).

Ia juga menegaskan bahwa China tidak menunaikan mandatnya menghentikan pelangaran HAM terhadap warganya sendiri. Menurutnya, HAM adalah hak-hak yang melekat pada diri setiap manusia sehingga mereka diakui kemanusiaannya tanpa membedakan jenis kelamin, ras, warna kulit, bahasa, agama, politik, bangsa, status sosial, kekayaan, dan kelahirannya.

“Termasuk dalam hak asasi ini adalah hak untuk hidup layak, merdeka, dan selamat. Dan China terbukti tidak memiliki perspektif HAM itu,” tuturnya.

Maneger menyebutkan bahwa pemerintah Indonesia punya kewajiban konstitusional untuk mendorong dunia internasional untuk memaksa pemerintah China menghentikan kejahatan kemanusiaan terhadap warga negaranya sendiri, Uighur.

“Indonesia juga perlu mendorong organisasi internasional untuk memastikan terpenuhinya hak-hak muslim Uighur sesuai dengan Konvensi Jenewa 1949 dan Statuta Roma,” pungkasnya.

Mantan Komisioner Komnas HAM ini juga menjelaskan bahwa Konvensi Jenewa (Konvensi Palang Merah) tahun 1949 mengenai perlindungan korban perang dan sengketa bersenjata non-Internasional dapat dijadikan rujukan dalam melakukan perlindungan terhadap rakyat Muslim Uighur.

BACA JUGA  PKS: Di Bawah Donald Trump, AS Semakin Nampak Membela Israel

Reporter: Taufiq Ishaq
Editor: Izhar Zulfikar

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Khutbah Jum'at

Khutbah Jumat: Peduli Muslim Uighur

Khutbah Jumat: Peduli Muslim Uighur

Kamis, 20/12/2018 14:13 0

China

5 Hal yang Bisa Kita Lakukan untuk Membantu Muslim Uighur, Nomor 3 Seringkali Kita Abaikan

Seorang muslim yang mempunyai spirit rahmatan lil alamin dan ukhuwah Islamiyah sudah sepantasnya membantu muslim Uighur.

Kamis, 20/12/2018 13:29 0

Suriah

JWT Sergap Militer Suriah, 30 Tewas

Sumber itu menambahkan bahwa militer rezim membalas kerugian itu dengan menggempur desa dan perkebunan di sekitar kota Kafr Zita dan Lathamanah di pedesaan Hama utara.

Kamis, 20/12/2018 10:26 0

Amerika

Pentagon: Kami Mulai Tarik Pasukan dari Suriah dan Siapkan Operasi Baru

"Koalisi membebaskan wilayah yang dikendalikan oleh ISIS, tetapi kampanye memeranginya belum berakhir," kata juru bicara Pentagon, Dana White, Rabu.

Kamis, 20/12/2018 07:24 0

Video News

Zoom In: Selain Jalan Gubeng Surabaya, Inilah 5 Tanah Amblas Paling Mengerikan

KIBLAT.NET- Baru-baru ini, kita dihebohkan dengan amblasnya jalan Gubeng di Surabaya atau disebut juga dengan...

Rabu, 19/12/2018 19:57 0

Suriah

Milisi Iran Rombak Masjid Jami’ Umar bin Khattab Jadi Husainiyah Syiah

Masjid itu berada di Deir Zour, Suriah

Rabu, 19/12/2018 16:07 0

Munaqosyah

Dipaksa Kafir, Bagaimana Status Keimanan Muslim Uighur?

Berbagai cara dilakukan oleh pemerintah Cina untuk memaksa Muslim Uighur kafir. Mereka yang terpaksa kafir bagaimana status keimanan mereka? Adakah uzur bagi mereka?

Rabu, 19/12/2018 16:00 0

Khazanah

Sejarah Perayaan Tahun Baru Bangsa Kuno

Tidak hanya pada zaman modern ini, ternyata perayaan tahun baru, juga dilakukan oleh bangsa-bangsa kuno. Perayaan bangsa kuno terhadap tahun baru, memberi tashowwur tentang hakikat tahun baru itu sendiri. Sehingga kita bisa mendudukkannya sesuai dengan kaca mata Islam memandang.

Rabu, 19/12/2018 14:43 0

Video News

Bela Uighur, PB HMI Geruduk Kedubes China dan Kemenlu RI.

KIBLAT.NET- Pada Selasa, 18 Desember 2018, Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) secara serentak se-Indonesia...

Rabu, 19/12/2018 13:00 0

Fikih

Hukum Merayakan Tahun Baru dalam Islam

Perayaan tahun baru seolah menjadi budaya tahunan di Indonesia. Tumpah ruah muda-mudi di jalanan menghitung mundur tahun baru seolah menjadi rutinitas tahunan. Bagaimana hukum merayakan tahun baru dalam Islam?

Rabu, 19/12/2018 13:00 0

Close