Australia Bahas Pemindahan Kedutaan di Israel ke Al-Quds

KIBLAT.NET – Pemerintah Australia, Selasa (11/12), menggelar rapat untuk membahas pemindahan Kedutaan Besar Australia untuk Israel dari Tel Aviv ke Al-Quds (Yerusalem). Keputusan yang akan dihasilkan akan mengubah kebijakan yang telah berlangsung bertahun-tahun dan kemungkinan menuai kemarahan Negara-negara Asia.

“Pemerintah bertemu hari ini dan membahas pemindahan kedutaan di Israel,” kata sumber pejabat Australia yang meminta tidak disebutkan namanya karena dia tidak berwenang untuk berbicara kepada media kepada Reuters.

Perdana Menteri Scott Morrison mengatakan pada Oktober lalu bahwa dia “terbuka” untuk memindahkan kedutaan ke Al-Quds mengikuti langkah Presiden AS Donald Trump.

Amerika Serikat memindahkan kedutaannya dari Tel Aviv ke Al-Quds pada Mei, sebuah langkah yang memicu kegembiraan Israel sekaligus kemarahan Palestina dan keprihatinan dunia Arab dan sekutu Barat.

Sebuah surat kabar Australia menyebutkan bahwa para pejabat senior lebih condong mengakui Al-Quds ibukota Israel namun tanpa memindahkan kedutaan ke kota itu.

Sumber: Reuters
Redaktur: Sulhi El-Izzi

Ingin Langganan Artikel?
Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan update artikel terbaru.
Anda dapat berhenti langganan kapan saja.
Anda mungkin juga berminat