Jonru Ungkap Dukungan PERISAI Saat Terjerat Perkara Hukum

KIBLAT.NET, Jakarta – Aktivis media sosial Jon Riah Ukur mengungkap sejumlah keajaiban saat dirinya terjerat perkara hukum. Saat berada dalam tahanan bantuan mengalir kepada keluarga pria yang dikenal sebagai Jonru Ginting, dari pihak-pihak yang sebelum tak dikenalnya.

Kebebasan Jonru benar-benar disyukuri pihak keluarga. Setelah divonis bersalah oleh Pengadilan Negeri Jakarta Timur dalam kasus ujaran kebencian, dia harus menjalani masa hukuman penjara selama 1 tahun lebih.

Saat menjalani proses persidangan dan masa tahanan, Jonru mengaku mendapatkan bantuan dan dukungan dari lembaga advokasi Perisai Nusantara Esa (PERISAI). Bantuan itu tak hanya dialamatkan kepada Jonru, tetapi juga untuk keluarga yang ditinggalkannya. Pria 47 tahun itu mengaku tidak menyangka mendapat bantuan dari lembaga yang sebelumnya tak pernah dikenalnya.

“Alhamdulillah, saya berterima kasih kepada mereka (PERISAI). Saya juga sangat terharu dan benar-benar nggak menyangka. Karena ya itu tadi bantuan benar-benar di luar dugaan saya, sebelumnya saya nggak kenal, ” kata Jonru Ginting saat ditemui di rumahnya di kawasan Kampung Makassar, Jakarta Timur, Jumat (8/12/2018).

Dukungan PERISAI kepada Jonru dilakukan sejak proses persidangan. Selama menjalani rangkaian persidangan PERISAI selalu memberikan pendampingan dan dukungan moril kepada pria yang tersangkut perkara UU ITE itu. “Pas persidangan PERISAI hadir memberikan dukungan yang luar biasa,” ujar Jonru.

Seusai majelis hakim menjatuhkan vonis hukuman penjara satu setengah tahun, Jonru harus menjalani masa penahanan di Rutan Cipinang. Saat itu, PERISAI masih terus konsisten memberikan bantuan untuknya. Dukungan yang paling berkesan adalah saat bapak empat anak itu tengah sakit di dalam penjara.

BACA JUGA  Menag Minta MUI Jadi Teladan Soal Kesejukan dan Toleransi

“Jadi di penjara itu kalau kita sakit biasanya kita merawat diri sendiri,” ujar Jonru.

Bantuan PERISAI juga menyasar keluarga Jonru. Humas PERISAI Dodiek Kurniawan menuturkan bantuan yang diberikan diharapkan dapat meringankan keluarga dalam memenuhi kebutuhan. “Kami juga memberikan bantuan berupa uang saat hari lebaran,” ujarnya.

Reporter: Fathan Abbas
Editor: Imam S.

Ingin Langganan Artikel?
Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan update artikel terbaru.
Anda dapat berhenti langganan kapan saja.
Anda mungkin juga berminat