Jaringan HAM: Koalisi AS Lakukan Pembantaian di Deir Zour

KIBLAT.NET, Deir Zour – Jaringan Hak Asasi Manusia Suriah mendokumentasikan setidaknya delapan pembantaian di Suriah sepanjang November 2018 oleh pihak-pihak yang terlibat konflik. Mayoritas dilakukan oleh koalisi internasional anti ISIS pimpinan Amerika Serikat.

Dalam laporan yang dikeluarkan pada Kamis (06/12), koalisi AS sedikitnya melakukan enam pembantaian sipil sepanjang bulan kemarin saat menggempur ISIS di Deir Zour.

Menurut laporan itu, koalisi bertanggung jawab atas dua pembantaian di kota Hajin. Pembantaian lainnya di kota Sousse, desa Abu Hassan, Shafa dan distrik 24.

Koalisi AS menggencarkan operasi militer menargetkan ISIS di wilayah terakhirnya di Deir Zour dalam beberapa pekan terakhir.

Koalisi menghadapi beberapa tuduhan menargetkan sipil di wilayah tersebut, namun seperti biasa AS tak mengakuinya. Mereka mengatakan hanya menargetkan para komandan dan militan ISIS.

Angka-angka yang disebutkan Jaringan Hak Asasi Manusia Suriah menunjukkan bahwa pembantaian yang dilakukan oleh koalisi internasional di Deir al-Zour bulan lalu menewaskan sedikitnya 72 warga sipil.

Sulit untuk mendokumentasikan pelanggaran di Deir al-Zour karena tidak adanya badan sipil independen dan pusat medis yang mampu memberikan angka jauh dari pernyataan ISIS.

Menurut laporan itu, rezim Suriah melakukan satu pembantaian, November lalu, di kota Gerganaz, ketika menargetka sekolah Khansaa. Serangan itu menewaskan sembilan warga sipil.

Sementara kelompok pejuang lainnya yang disebut “Islam radikal” melakukan satu pembantaian di desa utara Aleppo, menewaskan lima anak.

Laporan jaringan HAM menunjukkan jumlah pembantaian sepanjang tahun ini berjumlah 219 pembantaian, antara Januari 2018 dan awal Desember 2018. Pembantaian memuncak pada bulan Februari dan Maret.

Sumber: Enabbaladi.net
Redaktur: Sulhi El-Izzi

Ingin Langganan Artikel?
Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan update artikel terbaru.
Anda dapat berhenti langganan kapan saja.
Anda mungkin juga berminat