AS Gagal Kutuk Hamas di Majelis Umum PBB

KIBLAT.NET, New York – Rancangan resolusi AS untuk mengutuk gerakan Hamas gagal meraih persetujuan dari dua pertiga anggota Majelis Umum PBB. Hamas menganggap ini kemenangan politik bagi gerakannya.

Seperti dilansir Al-Jazeera, sebanyak 87 tujuh negara memberikan suara mendukung rancangan resolusi tersebut, sementara 57 menolak dan 33 abstain. Meski banyak suara yang mendukung, namun itu tidak cukup jika belum mencapai dua pertiga suara dari total anggota.

Salah satu komandan Hamas, Sami Abu Zuhri, menilai bahwa gagalnya rancangan resolusi AS di PBB ini merupakan tamparan bagi Washigton. Keputusan ini juga menegaskan legitimasi Hamas dan dukungan besar terhadap rakyat dan persoalan Palestina.

Ia menilai, kegagalan pemerintah AS mendapat dukungan atas resolusi ini sebagai bentuk kemenangan besar raykat Palestina dan gagalnya politik hegemoni.

Amerika Serikat, pekan lalu, mengatakan bahwa pihaknya sedang mencari dukungan atas resolusi mengutuk Hamas di PBB. Uni Eropa mendukung rancangan resolusi itu.

Washington meminta Majelis Umum PBB mengutuk Hamas atas penembakkan roket ke Israel. Namun di sisi lain, AS tak menganggap serangan penjajah ke Gaza sebagai kejahatan.

Sumber: Al-Jazeera
Redaktur: Sulhi El-Izzi

Ingin Langganan Artikel?
Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan update artikel terbaru.
Anda dapat berhenti langganan kapan saja.
Anda mungkin juga berminat