... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Cerita Peserta dari Lamongan Didatangi Polisi Pra Reuni 212

Foto: Ilustrasi.

KIBLAT.NET, Lamongan – Beberapa hari menjelang Reuni 212, sejumlah upaya dilakukan untuk menghalangi peserta hadir dalam acara tahunan tersebut. Terutama peserta dari daerah. Sebagaimana yang dituturkan Sekretaris Gerakan Amar Ma’ruf Nahi Munkar (GAMAN) Abu Nusaibah.

Dia mengatakan bahwa pihaknya mendapatkan upaya penghalangan dan ancaman dari kepolisian. Bahkan beberapa hari yang lalu, ia dan kelompoknya selalu didatangi anggota intel bahkan Kapolres.

“Kemarin kita itu selalu didatangi sama intel, didatangi bahkan sama Kapolres langsung. Mereka datang untuk meminta kita ini tidak berangkat ke sana (Jakarta). Ini kita sempat diancam,” katanya melalui sambungan telepon pada Kamis (29/11/2018)

Abu Nusaibah menjelaskan, pihak kepolisian khawatir akan terjadi kerusuhan-kerusuhan. Terlebih adanya isu bahwa akan diadakan acara tandingan di Masjid Istiqlal ketika Reuni 212.

“Jadi, itu dijadikan alasan akan terjadinya benturan. Akan sangat dikhawatirkan adanya kerusuhan kerusuhan itu,” katanya menuturkan pernyataan Kapolres. Abu Nusibah mengatakan pihaknya tidak akan membuat kerusuhan jika tidak dimulai dari pihak yang lain.

Selain itu, dia mengklaim bahwa polisi akan memutus akses tranportasi dan melakukan intimidasi Perusahaan Otobus (PO) Haryanto. Padahal, lanjut dia, pihak PO Haryanto telah sepakat dengan pihak GAMAN untuk memberangkat 150 peserta dengan DP Rp9 juta untuk tiga bus.

“Laporan dari manajemen PO Haryanto sebenarnya mau, tapi semakin dia menolak ternyata semakin keras juga ancamannya. Bahkan trayek dan surat izin pariwisatanya mau dicabut,” ungkap Abu Nusaibah.

BACA JUGA  RUU P-KS Dinilai Mengabaikan Adat

“Dibatalkan, dan semua DP Rp9 juta dikembalikan ke kita, nggak berani berangkat karena diancam. Nah kemudian kita beralih bus, dan beralih bus di sini pun diancam-ancam juga,” tuturnya.

Di sisi lain, Abu Nusaibah juga mengatakan bahwa pihak kepolisian memberi iming-iming kepada GAMAN dengan berbagai tawaran menarik, asalkan tidak mengikuti acara tersebut.

“Ada tawaran umroh, ada tawaran piknik dan sebagainya. Semuanya dibiayai sehingga semuanya gratis, nginep di hotel pun gratis. Asalkan kita ini tidak berangkat ke Jakarta,” jelas Abu Nusaibah.

Kendati demikian, ormas yang didirikan di Paciran Lamongan ini berkomitmen untuk tetap mengikuti acara Reuni 212. Jika tetap dihalang-halangi, pihaknya akan menempuh jalan negosiasi.

“Kita berazzam untuk tetap bertahan ketika nanti ada pengadangan, kita semaksimal mungkin selama mereka tidak memakai kekerasan, ya kita tetap bisa bernegosiasi lanjut sampai ke Jakarta. Tapi ketika itu sudah sampai kepada kekerasan, ya nanti kita ikut komando dari para ulama bagaimana kita menghadapinya,” ujarnya.

Abu Nusaibah mengaku sangat menyayangkan upaya-upaya yang dilakukan untuk menghalangi para peserta hadir dalam Reuni Akbar 212. Terutama yang melakukan pihak kepolisian. “Karena memang terlihat dari pihak aparat tidak kemudian memberikan keamanan justru lebih memberikan penekanan,” tukasnya.

Reporter: Fanny Alif
Editor: M. Rudy

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

4 comments on “Cerita Peserta dari Lamongan Didatangi Polisi Pra Reuni 212”

  1. Yanyusuf

    Jangan halangi umat utk ikut majelis akbar demi kebaikan dan tetap menjaga NKRI dan Pancasila. Siapapun yg mengganggu majelis taklim insya Allah akan berhadapan dgn para malaikat penjaga majelis

  2. Ihsan

    Nabi SAW pernah berdoa buat semua penguasa ditiap jaman yang tega menzalimi kaum muslimin umatnya sbb:

    “Ya Allah, siapa yang menjabat suatu jabatan dalam pemerintahan ummatku lalu dia mempersulit urusan mereka, maka persulitlah dia. Dan siapa yang menjabat suatu jabatan dalam pemerintahan ummatku lalu dia berusaha menolong mereka, maka tolong pulalah dia.” (HR Ahmad dan Muslim dari Aisyah).

    “Dan barangsiapa memimpin mereka dalam suatu urusan lalu menyulitkan mereka maka semoga bahlatullah atasnya. Maka para sahabat bertanya, ya RasulAllah, apa bahlatullah itu? Beliau menjawab: La’nat Allah. (HR Abu ‘Awanah dalam shahihnya. Terdapat di Subulus Salam syarah hadits nomor 1401)

    Aamiin Allahumma Aamiin

  3. Ihsan

    an Nabi SAW pernah berdoa buat semua penguasa ditiap jaman yang tega menzalimi kaum muslimin umatnya sbb:

    “Ya Allah, siapa yang menjabat suatu jabatan dalam pemerintahan ummatku lalu dia mempersulit urusan mereka, maka persulitlah dia. Dan siapa yang menjabat suatu jabatan dalam pemerintahan ummatku lalu dia berusaha menolong mereka, maka tolong pulalah dia.” (HR Ahmad dan Muslim dari Aisyah).

    “Dan barangsiapa memimpin mereka dalam suatu urusan lalu menyulitkan mereka maka semoga bahlatullah atasnya. Maka para sahabat bertanya, ya RasulAllah, apa bahlatullah itu? Beliau menjawab: La’nat Allah. (HR Abu ‘Awanah dalam shahihnya. Terdapat di Subulus Salam syarah hadits nomor 1401)

    Aamiin Allahumma Aamiin

  4. Arif suprihantoro

    Polisi mau nyogok umat pake duit siapa tu? Ambil duitnya tetep jalan diam2 biar kapok. Jangan takut, tetep jalan aja. Semoga Allah melindungi kita semua

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Suara Pembaca

Kalau Wartawan Baik, Reuni 212 Juga Baik

Ketika wartawan memberitakan hal-hal yang baik maka publik pasti akan menilai baik kegiatan reuni 212.

Kamis, 29/11/2018 18:48 0

Afghanistan

Ashraf Ghani Bentuk Tim Negosiator, Taliban: Kami Hanya Negosiasi dengan AS

Pemerintahan seperti ini bukan pemerintahan milik rakyat Afghansitan yang berjiwa pemberani dan mujahid.

Kamis, 29/11/2018 13:55 0

Video News

Kiblat Review: Di Balik Kasus Bendera Tauhid

Siapa di balik kasus bendera tauhid ini?

Kamis, 29/11/2018 13:12 0

Artikel

Sufi-sufi Jihadis

Sebagian pihak memandang bahwa para Sufi hanya identik dengan menyendiri dan berzikir, namun sejarah mencatat bahwa banyak deretan para Sufi yang terjun ke kancah jihad memerangi musuh-musuh Allah

Kamis, 29/11/2018 12:01 1

Amerika

PBB Akan Gelar Voting Proposal untuk Mengutuk Hamas

Resolusi itu juga meminta untuk mengakhiri semua upaya provokasi Hamas dan faksi-faksi lainnya.

Kamis, 29/11/2018 08:07 0

Afghanistan

Gubernur Helmand: Puluhan Warga Tewas Akibat Serangan Udara AS

“Daerah yang diserang merupakan wilayah kontrol Taliban. Namun seluruh korban pada serangan malam hari itu warga sipil,” pungkas Muhammadullah.

Kamis, 29/11/2018 07:32 0

Suriah

Cegah Turki-SDF Perang, AS Dirikan Pos Pemantau Militer

Menteri Pertahanan AS, James Mattise, Rabu lalu, mengatakan bahwa Amerika akan membangun pos pemantauan di sejumlah titik di sepanjang perbatasan Suriah utara.

Rabu, 28/11/2018 15:29 0

Suriah

Tentara Saudi dan UEA Dikabarkan Berada di Suriah

“Kedutaan menekankan kabar tersebut tidak benar sama sekali. Tidak ada tentara Saudi satupun yang berada di Suriah,” tegas pernyataan itu.

Rabu, 28/11/2018 10:43 0

Iran

Imam Masjid Sunni di Iran Utara Tewas Ditembak Orang Tak Dikenal

Jamal Zahi tewas dengan empat luka tembak. Belum diketahui pelaku penembakan. Desa Ridha Abad dihuni sekitar 4.000 penduduk dan sebagian besar warga asing dan pengungsi.

Rabu, 28/11/2018 08:31 0

Afghanistan

Tiga Tentara AS Tewas Terkena Ranjau Taliban

serangan itu terjadi di saat pasukan khusus AS menjalankan misi bantuan dengan pasukan lokal di sekitar kota Ghazni sejak Senin.

Rabu, 28/11/2018 07:52 1

Close