... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Merasa Dikerjai, Pemuda Muhammadiyah Tegaskan Kembalikan Dana Kemenpora

Foto: Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Pemuda Muhammadiyah Dahnil Anzar Simanjuntak di arena Muktamar Pemuda Muhammadiyah Universitas Pemuda Muhammadiyah, Senin (26-11-2018)

KIBLAT.NET, Yogyakarta – Ketua Pimpinan Pusat (PP) Pemuda Muhammadiyah Dahnil Anzar Simanjuntak menegaskan pihaknya akan mengembalikan dana Kemah dan Apel Akbar Pemuda Islam kepada Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).

Dahnil memenuhi panggilan Polda Metro Jaya untuk diperiksa sebagai saksi dugaan penyelewengan dana acara Kemah dan Apel Akbar Pemuda Islam Indonesia, Jumat (23/11/2018). Seusai menjalani pemeriksaan, Dahnil menyatakan pihaknya akan mengembalikan dana dari Kemenpora untuk pelaksanaan kegiatan itu.

Pernyataan itu kembali ditegaskan Dahnil seusai pembukaan Muktamar Pemuda Muhammadiyah. “Karena peristiwa ini kami merasa dikerjai, akhirnya memutuskan akan mengembalikan bantuan dari Kemenpora tersebut,” ungkap Dahnil di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Senin (26/11/18)

Dia kembali menjelaskan Pemuda Muhammadiyah mengusulkan kegiatan pengajian akbar bersama GP Ansor saat diminta Kemenpora. Namun, belakangan usulan itu tak diterima karena Menpora Imam Nahrawi menginginkan kegiatan simbolik yang akan dihadiri Presiden Joko Widodo. Akhirnya diputuskan kegiatan bersama itu berbentuk Kemah dan Apel Akbar Pemuda Islam Indonesia di Prambanan, yang telah digelar Desember 2017.

Dahnil pun menyebut langkah kepolisian yang memperkarakan hal itu sebagai bentuk penghinaan kepada Presiden Jokowi. Pasalnya, Jokowi menjadi pihak yang senang atas adanya Kemah dan Apel Akbar Pemuda Islam tersebut.

“Dan kami diminta oleh Menpora untuk membantu dan kami membantu,” imbuhnya.

Pendiri Madrasah Antikorupsi itu dengan tegas menyatakan telah terjadi kriminalisasi dalam perkara yang melibatkan dirinya dan organisasi yang dipimpinnya. Dia kembali mengeskan tak terlibat sebagaimana dituduhkan Polisi. “Yang jelas saya menyesalkan cara-cara kriminalisasi seperti ini yang dilakukan pihak kepolisian,” ujar Dahnil.

BACA JUGA  Melalui ACT, PGRI Serahkan Bantuan untuk Guru di Jakarta

“Setop perilaku seperti ini,” pungkasnya.

Kementerian Pemuda dan Olahraga menggandeng GP Ansor dan Pemuda Muhammadiyah dalam Kemah dan Apel Akbar Pemuda Islam Indonesia. Kementerian yang dipimpin Imam Nahrawi itu menggulirkan dana kepada GP Ansor sebesar Rp3,5 miliar dan Pemuda Muhammadiyah Rp2 miliar, untuk keperluan kegiatan tersebut.

Reporter: Reno
Editor: Imam S.


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Suriah

HTS Berupaya Sempurnakan Kontrol Jalan Internasional Damaskus-Aleppo

HTS sendiri tidak berbicara pergerakan militer apapun di sekitar jalan internasional.

Selasa, 27/11/2018 18:00 0

Myanmar

Myanmar Cegah Kapal Pengungsi Rohingya Berlayar ke Malaysia

Perahu itu menyerupai kapal yang biasanya digunakan Rohingya untuk melarikan diri dari kondisi penindasan, seperti di negara bagian Rakhine, di mana pergerakan dan akses mereka ke layanan sangat dibatasi.

Selasa, 27/11/2018 14:53 0

Arab Saudi

Masa Tahanan Selesai, Syaikh Sulaiman Al-Ulwan Tidak Dibebaskan

Pemerintah Saudi menangkap Syaikh Al-Ulwan pada 2004. Ia sudah menjalani masa tahanan 15 tahun.

Selasa, 27/11/2018 10:37 0

Afghanistan

Afghanistan: Senjata Taliban Lebih Unggul dari Pasukan Pemerintah

"Taliban lebih unggul dalam hal senjata, dan dukungan yang saya tidak tahu siapa yang memberi dukungan itu, sementara pemerintah Afghanistan yang didukung oleh masyarakat internasional tidak memiliki keunggulan ini," ungkapnya.

Selasa, 27/11/2018 09:18 0

Suriah

ISIS Manfaatkan Kabut untuk Luncurkan Serangan Balik di Deir Zour

Namun mereka kembali mundur dan tidak mampu merebut wilayah

Selasa, 27/11/2018 08:22 0

Afghanistan

25 Polisi Afghanistan Tewas Disergap Taliban

Juru bicara Taliban, Qari Yousuf Ahmadi, mengatakan serangan itu menewaskan 25 polisi, termasuk komandan senior, dan menghancurkan empat kendaraan. Sejumlah besar senjata berhasil diamankan.

Senin, 26/11/2018 20:06 0

Myanmar

Biksu Myanmar Pimpin Demo Tolak Pemulangan Muslim Rohingya

"Tidak akan ada manfaat bagi kami atau negara kami jika kami menerima orang Benggala," lanjutnya. Benggala merupakan istilah yang digunakan untuk merendahkan Rohingya, merujuk pada suku di Bangladesh.

Senin, 26/11/2018 12:00 0

Iran

Iran Barat Kembali Diguncang Gempa, Ratusan Orang Terluka

Televisi pemerintah Iran melaporkan sebanyak 413 orang luka-luka akibat gempa, termasuk 15 dalam kondisi kritis.

Senin, 26/11/2018 09:28 0

Afrika

Mesir dan Sudan Sepakat Bentuk Pasukan Bersama untuk Amankan Perbatasan

"Pembicaraan itu sangat bermanfaat dan konstruktif, dan kedua belah pihak sepakat untuk mempertahankan hubungan di semua tingkatan, untuk bekerja sama dan membangun kemitraan strategis di bidang kerjasama militer," kata Kepala Staf Angkatan Bersenjata Sudan, Kamal Abdul Maarouf.

Senin, 26/11/2018 09:09 0

Suriah

Turki dan Rusia Kembali Bahas Kesepakatan Terkait Idlib

Menteri pertahanan Turki dan Rusia membahas situasi terbaru di Idlib dan Tal Rifaat, Suriah barat laut melalui percakapan telepon hari Sabtu (24/11/2018).

Ahad, 25/11/2018 16:22 0

Close