... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

HTS Berupaya Sempurnakan Kontrol Jalan Internasional Damaskus-Aleppo

Foto: Bendera HTS

KIBLAT.NET, Idlib – Sejumlah kota yang dilalui jalan internasional Damaskus-Aleppo di Idlib, bebeberapa hari terakhir, menyaksikan mobilisasi pasukan dari pihak Hai’ah Tahrir Al-Syam (HTS). Kelompok pejuang Suriah itu berupaya merebut sekitar Kota Maarrat Nukman dan Darrah Izzah di pedesaan Damaskus, yang dilintasi jalur penting tersebut.

Sumber oposisi Suriah Free Syrian Army (FSA), Senin (26/11), mengatakan bahwa HTS berupaya menyempurnakan kontrol atas jalan internasional dengan merebut Marrat Nukman di pedesaan Idlib. Ini merupakan satu-satu kota yang dilalui jalan internasional di luar kontrol HTS.

Sumber yang meminta namanya tidak disebut itu menambahkan bahwa HTS memobilisasi pasukan ke sekitar kota Marrat Nukman dan Darrah Izzah. Hal serupa dilakukan Ahrar Al-Syam dan Nurudin Zanky untuk menghadang HTS merebut dua kota tersebut.

Jalan internasional Damaskus-Aleppo masuk dalam poin kesepakatan Sochi yang ditandatangani oleh Rusia dan Turki untuk Idib.

Berdasarkan kesepakatan itu, jalan internasional Damaskus-Aleppo dan Aleppo-Lattakia dibuka sebelum pergantian tahun. Pembukaan itu untuk merangsang kembali perdagangan di kawasan tersebut.

Anggota kantor media Jabhah Wathaniyah Lit Tahrir (JWT), Muhammad Adib, mengatakan bahwa unit pemantau dan pengawas serta pasukan keamanan memantau pergerakan HTS dengan memobilisasi pasukan ke dua kota tersebut. JWT melakukan hal serupa dan melakukan persiapan untuk segala kemungkinan buruk.

“Menurut pengalaman JWT, pergerakan yang dilakukan HTS tersebut mencerminkan persiapan tempur atau sesuatu mencurigakan,” kata Adib.

BACA JUGA  Oposisi Suriah Kehilangan Kontrol Wilayah Strategis di Pedesaan Idlib

JWT merupakan aliansi faksi-faksi FSA dan kelompok-kelompok Islamis, terutama Faylaq Al-Syam, Ahrar Al-Syam, Nurudin Zanky dan Jaisy Idlib Al-Hurr.

HTS sendiri tidak berbicara pergerakan militer apapun di sekitar jalan internasional.

Menurut peta kontrol, HTS menguasai bagian panjang jalan internasinal. Hampur seluru kota di Idlib yang dilintasi jalan tersebut di bawah kontrol HTS, kecuali Marrat Nukman. Kota tersebut merupakan basis FSA.

Sumber FSA menduga HTS ingin mengontrol seluruh kota yang dilalui jalan internasional seiring semakin dekatnya penerapan poin kesepakatan Turki-Rusia.

Terkait kota Darrah Izzah, yang tidak dilintasi jalan internasional Damaskus-Aleppo, Adib menjelaskan bahwa kota itu sangat penting bagi HTS karena terletak strategis. Konstur wilayahnya pegunungan sehingga memudahkan memantau wilayah sekitar.

Berdasarkan kesepakatan Turki-Rusia, dua jalan internasional akan dibuka dan di bawah kendali dua Negara penjamin. Faksi-faksi oposisi harus menyerahkan wilayah tersebut kepada pasukan Turki-Rusia. Sementara HTS tidak sepenuhnya setuju dengan kesepakatan tersebut.

Sumber: Enabbaladi.net
Redaktur: Sulhi El-Izzi

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Polisi Dinilai Tebang Pilih Periksa Perkara Apel Pemuda Kemenpora

Polisi Dinilai Tebang Pilih Periksa Perkara Kemah Pemuda Kemenpora

Selasa, 27/11/2018 16:20 0

Indonesia

Hidayat Nur Wahid: Saya Yakin Dahnil Bersih

"Maka polisi harus segera menghentikan penyelidikan kasus ini, menghentikan pemanggilan kepada mereka yang tidak bersalah dan agar kemudian polisi betul-betul menegakkan hukum pada jalurnya bukan dari framing, politisasi," kata HNW.

Selasa, 27/11/2018 13:33 0

Indonesia

Tiga Pesan Haedar Nashir dalam Muktamar Pemuda Muhammadiyah ke-XVII

Untuk menghadapi tahun politik dan masa kampanye, Haedar berpesan kepada kader pemuda Muhammadiyah untuk bisa menjadi suri tauladan yang baik di manapun dan kapan pun.

Selasa, 27/11/2018 09:41 1

Indonesia

Tema Muktamar Pemuda Muhammadiyah Diapresiasi JK

Muktamar Pemuda Muhammadiyah XVII mengusung tema 'Menggembirakan Dakwah Islam dan Memajukan Indonesia

Senin, 26/11/2018 20:33 0

Indonesia

Di Arena Muktamar Dahnil Anzar Ungkap Tiga Senjata Pemuda Muhammadiyah

Di Arena Muktamar, Dahnil Anzar Ungkap Tiga Senjata Pemuda Muhammadiyah

Senin, 26/11/2018 18:08 1

Indonesia

Kata Panitia Muktamar Pemuda Muhammadiyah Soal Pemanggilan Dahnil

"Kami yakin yang kami lakukan ini tidak sama sekali bertentangan, kami berharap kepada semua pihak tidak mengganggu muktamar kali ini," kata ketua panita Virgo Sulianto.

Senin, 26/11/2018 14:25 0

Indonesia

Ketua DPR Klaim Digitalisasi Sistem Dapat Menekan Biaya Tinggi Pemilu

Ketua DPR RI Bambang Soesatyo menilai pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) dan Pemilihan Anggota Legislatif (Pileg) di Indonesia saat ini masih menghabiskan biaya yang tinggi.

Senin, 26/11/2018 13:57 0

Indonesia

Peraturan KPU 2018, Penderita Gangguan Jiwa Punya Hak Pilih

Pada Senin (12/11/2018), Petugas pendataan dari KPUD, Bawaslu dan Pemkot Bekasi mendatangi Panti Rehabilitasi Cacat Mental Jamrud Biru, Mustikajaya, untuk melakukan perekaman pasien.

Senin, 26/11/2018 12:51 1

Indonesia

Menarik, Cara Lidmi Palu Bangkitkan Semangat Shalat Subuh Berjamaah

Setelah mendengar tausiyah subuh, Tim Lidmi Peduli kemudian menyuguhkan bubur kacang hijau hangat bersama hidangan sederhana kepada seluruh jamaah.

Senin, 26/11/2018 11:33 0

Indonesia

Dr. Mu’inudinillah Basri: Kecintaan Kepada Nabi ﷺ dengan Menegakkan Tauhid

DSKS sengaja memilih tema "Semarak Maulid dengan Tauhid". Ini sebagai pesan perayaan maulid harus diiringi dengan kecintaan kepada tauhid.

Senin, 26/11/2018 10:38 0

Close