... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Cendekiawan Muslim Kanada Ungkap Keutamaan Orang Beriman di Akhir Zaman

Foto: Silaturahim Nasional (Silatnas) Hidayatullah yang digelar di Kampus Gunung Tembak, Balikpapan.

KIBLAT.NET, Balikpapan – Sejumlah tokoh nasional dan internasional meramaikan helatan Silaturahim Nasional (Silatnas) Hidayatullah yang digelar di Kampus Gunung Tembak, Balikpapan.

Usai Shalat Jumat (23/11), kali ini, giliran Dr. Abu Ameenah Bilal Philips, dai internasional yang berkesempatan mengisi di Masjid Agung ar-Riyadh, Balikpapan.

Di hadapan sepuluh ribu lebih peserta Silatnas, Abu Ameenah, demikian ia disapa, menuturkan tema tentang “Mendidik Generasi Sahabat yang Baru, Persoalan dan Solusinya”. Menurutnya, umat akhir zaman harus mencontoh generasi awal para sahabat.

“Apa yang menjadikan generasi awal sedemikian terbaik, maka itu juga yang harus dilakukan generasi saat ini,” ucap pendiri Islamic Online University.

Doktor kelahiran Jamaika tersebut lalu memotivasi peserta dengan menjelaskan hadits Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam tentang iman manusia yang paling menakjubkan. Iman tersebut rupanya bukan milik malaikat atau nabi atau sahabat. Tapi mereka justru orang beriman yang hidup di akhir zaman. Mengimani al-Qur’an tapi tidak pernah berjumpa dengan Rasulullah.

Inilah, kata Abu Ameenah, yang menjadi tantangan buat umat Islam. Sebab yang dikenal dari kaum muslimin justru sebagiannya adalah keburukan dan kekurangan. “Kita dikenal suka menyontek, mencuri, dan mengambil hak orang lain,” ucapnya.

“Maka satu-satunya cara memperbaiki itu dengan menghasilkan generasi baru yang lebih baik imannya,” lanjut dai internasional yang kini bermukim di Qatar.

BACA JUGA  Jejak Perjuangan Syaikh Ahmad Surkati di Tanah Betawi

Satu cara sederhana, ungkapnya, adalah komunikasi efektif antara orang tua dan pendidik. Hal ini dianggapnya sebagai titik lemah pada dunia pendidikan saat ini. Di mana sebagian mereka berbeda pandangan soal tujuan dan proses pendidikan itu sendiri.

Terakhir dia juga menyoroti soal sekularisasi ilmu yang dianggapnya membahayakan iman umat Islam.

“Itulah kenapa berkah ilmu dan amal itu bisa hilang,” pungkasnya kembali mengutip hadits soal keutamaan ilmu yang bermartabat.

Reporter: Irfan/ INA
Editor: M. Rudy

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Profil

Muhammad Barakah, Komandan Al-Qassam Pemilik Sepuluh Sanad Qiraat

"Sosok yang dikenal langit lebih dulu sebelum makhluk bumi mengenalnya. Dialah seorang lelaki yang teguh dalam setiap perbuatannya, yang tak pernah menginginkan untuk kemasyhuran dan tak pernah mau diketahui seorang pun (kebaikan) yang dia kerjakan. Seorang yang jujur dalam makna sesungguhnya."

Ahad, 25/11/2018 10:00 1

Munaqosyah

Bro dan Sis PSI, Syariat Islam Itu Tidak Diskriminatif!

Grace Natalie dalam pidatonya mengatakan bahwa perda syariah itu bersifat diskriminatif. Oleh karena itu PSI menolak perda syariah. Pernyataan ini menandakan kedangkalan dan ketidakpahaman dirinya tentang syarit Islam.

Ahad, 25/11/2018 06:00 0

Munaqosyah

Benarkah 12 Rabiul Awwal Hari Kelahiran Nabi Muhammad?

Tanggal 12 Rabiul Awwal di Indonesia adalah hari libur Nasional. Hal itu karena tanggal 12 Rabiul Awwal diperangati sebagai hari kelahiran Nabi Muhammad - Shallallahu alaihi wasallam-. Sebenarnya seperti apa pendapat ahli sejarah tentang kapan Rasulullah lahir?

Sabtu, 24/11/2018 17:00 1

News

Umat Islam di Persimpangan Kebudayaan

Energi kita telah habis terkuras pada pusaran politik (elektoral) yang tak ada habisnya. Menyita segala potensi umat yang harusnya menjadi insan berbudaya. Tak heran jika bahasa umat sekarang terasa kering. Tak banyak ulama yang pandai merangkai kata bernilai sastra dengan landasan tauhid.

Sabtu, 24/11/2018 12:31 0

Eropa

PBB Sebut Peluang Perdamaian di Afghanistan Hari Ini Lebih Besar

"Tampaknya kontradiktif, tetapi ada peluang yang lebih baik hari ini daripada di Afghanistan selama bertahun-tahun," kata Lanzer kepada media di Jenewa.

Sabtu, 24/11/2018 10:35 0

Pakistan

Penggerak Demo Anti Putusan Bebas Penista Agama di Pakistan Ditangkap

Ridhawi ditangkap menjelang demonstrasi yang rencananya digelar Sabtu ini di Islamabad, menurut tweet kepada Menteri Informasi Fouad Chaudhry di Twitter.

Sabtu, 24/11/2018 09:11 0

Amerika

AS Minta Negera Sekutu Hindari Perangkat Produksi Huawei

Laporan itu menambahkan bahwa di antara kekhawatiran pemerintah adalah penggunaan perangkat komunikasi Cina di negara-negara yang menjadi tuan rumah pangkalan militer AS seperti Jerman, Italia dan Jepang.

Sabtu, 24/11/2018 08:15 0

Afrika

Militer Prancis Klaim Tewaskan 30 Pejuang Islamis Mali

Pernyataan itu tidak menjelaskan apakah operasi itu berarti membunuh seluruh gerilyawan atau juga termasuk anggota keluarga mereka

Sabtu, 24/11/2018 07:20 0

Pakistan

Serangan BLA Sebagai Protes Pembangunan Infrastruktur China-Pakistan

Militan bersenjata dari Baloch Liberation Army (BLA) menyerang gedung konsulat China di Karachi Pakistan.

Jum'at, 23/11/2018 16:41 0

Pakistan

Kelompok Bersenjata BLA Serang Konsulat China di Pakistan

Dua polisi tewas, sementara tidak ada orang Tionghoa atau warga sipil Pakistan yang tewas.

Jum'at, 23/11/2018 16:10 0

Close