... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Sekjen MUI: Politisi Sekuler yang Larang Bawa Agama ke UU

Foto: Sekretaris Jenderal MUI, Anwar Abbas. (Republika).

KIBLAT.NET, Jakarta – Sekretaris Jenderal Majelis Ulama Indonesia (MUI), Anwar Abbas mengatakan bahwa peraturan perundang-undangan di Indonesia tidak boleh bertentangan dengan agama. Lebih lanjut, ia menegaskan bahwa nilai agama harus dimasukkan dalam peraturan daerah.

“Sila pertama adalah ‘Ketuhanan Yang Maha Esa’, artinya bangsa ini adalah bangsa yang beragama, dan segala sesuatu yang ada di negeri ini tidak boleh bertentangan dengan agama,” ujarnya di Gedung MUI, Senin (19/11/2018).

Dia menjelaskan bahwa Peraturan Daerah tidak boleh bertentangan dengan agama. Bahkan memasukkan nilai agama ke dalam perda bukan hanya dibolehkan, tapi diwajibkan untuk kebaikan bangsa.

Namun, di dalam regulasinya, ketika ada politisi yang membawa nilai agama ke dalam peraturan, maka akan ada politisi lain yang sama-sama memiliki kepentingan. “Maka untuk mencari jalan tengahnya ada dialog, yang nanti di akhir akan menghasilkan peraturan.”

Jika ada orang yang melarang membawa-bawa agama ke dalam peraturan negara, kata Buya Abbas, dia sudah tidak lagi berfalsafahkan Pancasila dan terpapar ideologi sekuler.

“Kalau tidak boleh membawa agama, berarti orang itu sudah mengganti fasafah bangsanya. Falsafahnya udah tidak Pancasila. Saya rasa itu sekularisme,” ungkapnya.

Secara tegas pimpinan Muhammadiyah ini mengungkapkan, jika ada orang yang sudah berideologi sekuler, maka ia minta untuk tidak lagi tinggal di Indonesia.

“Jadi bagi saya kalau ada politisi mengatakan jangan ada bawa-bawa agama ke dalam kehidupan politik berarti terganggu politik itu. Maka menurut saya tidak usah tinggal di Indonesia, tinggal di Barat sana karena itu ideologi-ideologi sekularisme,” tegasnya.

BACA JUGA  Kenapa Hewan Qurban ACT Berkualitas? Ini Rahasianya

Terakhir, ia juga menegaskan bahwa agama sangat berperan dalam kehidupan bernegara dan berbangsa di Indonesia. Sehingga jika memisahkan agama dari kehidupan politik, maka itu mendisfungsikan agama.

Reporter: Muhammad Jundii
Editor: M. Rudy

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Suriah

Rusia Uji Coba Jet “Siluman” SU-57 di Suriah

Karena kemampuannya untuk bersembunyi, pesawat tempur yang diproduksi oleh perusahaan Rusia Sukhoi itu dinamakan pesawat siluman.

Selasa, 20/11/2018 09:06 0

Pakistan

Amir Jamaah Tabligh Pakistan Meninggal

Haji Abdul Wahab meninggal pada Ahad di usia 96 tahun.

Selasa, 20/11/2018 08:00 0

Yaman

Syiah Hutsi Hentikan Serangan Roket dan Drone ke Saudi dan UEA

“Setelah kami berkomunikasi dengan delegasi internasional dan ia meminta serangan roket dan drone dihentikan, maka kami umumkan proposal seruan kepada pihak resmi (Houtsi) di Yaman untuk menghentikan penembakan roket dan drone terhadap negara-negara agresor AS, Saudi, UEA dan sekutunya di Yaman,” kata Mohammed Ali Al-Houthi, kepala Revolusioner Komite Agung kelompok Hutsi.

Selasa, 20/11/2018 07:00 0

Afghanistan

Taliban Kembali Gelar Perundingan Awal dengan AS

"Kami ingin meyakinkan Mujahidin dan negara Muslim bahwa perwakilan Imarah Islam tidak akan pernah menerima apapun yang tidak sesuai dengan prinsip-prinsip Islam," tegas Mujahid.

Selasa, 20/11/2018 06:00 0

Tarbiyah Jihadiyah

Kunci Kesuksesan Itu Bernama Sabar

Allah ta’ala akan membuka berbagai jalan kemudahan serta mendatangkan kemenangan bagi mereka yang bersabar.

Senin, 19/11/2018 19:50 0

Artikel

Rahasia Nama Bulan-bulan dalam Islam: Refleksi Maulid Nabi Muhammad SAW

Maulud adalah nama bulan yang ada dalam kalender jawa Islam yang menempati urutan ketiga, atau nama bulan ini dalam kalender Islam disebut dengan Rabiul Awal. Sedangkan tahun gajah adalah tahun yang tidak bisa dilepaskan dengan peristiwa pasukan abrahah berkendaraan gajah dan ingin menghancukan Ka’bah.

Senin, 19/11/2018 18:46 0

Video News

Zoom In: Inilah 5 Penemu Muslim yang Terlupakan!

Nomor empat benar-benar terlupakan.

Senin, 19/11/2018 13:02 0

News

Puncak Milad ke-106, Haedar Nasir Serukan Taawun dan Cegah Konspirasi Dosa

Puncak Milad ke-106, Haedar Nasir Serukan Taawun dan Cegah Konspirasi Dosa

Senin, 19/11/2018 12:36 0

Afrika

Stasiun Radio Al-Shabaab Somalia Hancur Terkena Serangan Udara

Serangan itu diyakini diluncurkan oleh jet tempur amerika serikat

Senin, 19/11/2018 11:34 0

Suriah

Konflik Internal Faksi Oposisi Dukungan Turki di Afrin Sebabkan 25 Tewas

Faksi-faksi yang mayoritas dukungan Turki menyerang kelompok Tajammuk Syuhada Al-Syarqiyah (TSS) sehingga menyebabkan 25 korban dari kedua belah pihak.

Senin, 19/11/2018 09:13 0

Close