Usai Dilanda Gempa, Kabupaten Sigi Diterjang Banjir Bandang

KIBLAT.NET, Sigi- Usai dilanda gempa, kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah kali ini diterjang banjir bandang.

Wilayah yang terdampak banjir adalah desa Bangga, Kecamatan Dolo Selatan. Air sungai meluap sejak Jumat malam akibat derasnya arus air dan tingginya curah hujan beberapa hari belakangan ini. Diketahui, air naik hingga setinggi paha orang dewasa.

Berdasarkan data Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), setidaknya 551 KK atau 2.259 jiwa dari tiga dusun dan 10 RT terkena dampak banjir bandang tersebut. Lembaga kemanusiaan One Care langsung turun ke lokasi, membantu evakuasi warga.

Menurut keterangan relawan One Care Dimas Adi, banjir sebesar ini baru pertama kalinya terjadi. Banjir juga menyeret banyak material, seperti pohon, kayu hingga lumpur.

“Beberapa hari sudah sempat surut, tetapi Jumat malam meluap lagi. Dan kami langsung menerjunkan relawan untuk meninjau lokasi. Ternyata banjir bandang semakin deras dan menurut warga setempat baru kali ini banjir sebesar ini diseratai lumpur,” ungkapnya pada Sabtu (17/11/2018).

Menurut Dimas, korban banjir di desa Bangga saat ini sangat membutuhkan terpal untuk berteduh. Karena lokasi-lokasi yang sebelumnya ditempati terkena banjir dan lumpur.

“Daerah yang terkena banjir dan yang kami beri bantuan adalah RT 1 hingga 4, dusun 1 dan 2. Semuanya ada 80 KK naun yang terkumpul di lokasi pengungsian baru 35 KK,” ungkapnya.

BACA JUGA  Menag: Semua Agama Tak Ajarkan Gaya Arogan

One Care membuka jalan bagi dermawan untuk berdonasi membantu korban banjir bandang di Sigi. Berikan donasi terbaik untuk mebantu saudara kita di Sigi melalui Bank Syariah Mandiri No. Rek 7111 878 999 An. Yayasan One Care, info dan konfirmasi donasi dapat melalui 0823 1117 8001.

Reporter: Syafei Irman
Editor: Syafei Irman

Ingin Langganan Artikel?
Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan update artikel terbaru.
Anda dapat berhenti langganan kapan saja.
Anda mungkin juga berminat