... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Guru Besar UIN Antasari: Buta Huruf Bukan Tidak Bisa Membaca dan Menulis

Foto: Prof. Mujiburrahman menyampaikan orasi ilmiah dalam Sidang Senat Terbuka Wisuda Angkatan XI & XII sekaligus penugasan sebanyak 102 alumni Sekolah Tiggi Ilmu Syariah Hidayatullah, Balikpapan, Kaltim, Sabtu (17/11/2018).

KIBLAT.NET, Balikpapan – Guru besar sosiologi agama yang juga Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Antasari Banjarmasin, Prof. Mujiburrahman, mengatakan orang buta huruf di masa mendatang bukan orang yang tidak bisa membaca dan menulis, tapi orang yang tidak bisa belajar dan bernalar.

“Karena itu harus terus menumbuhkan kapasitas diri dengan menjadi manusia pembelajar. Seorang guru atau dosen yang tak mau belajar lebih baik berhenti mengajar. Kita harus beradaptasi dengan perubahan,” kata Mujiburrahman.

Hal itu disampaikan dia ketika menyampaikan orasi ilmiah dalam Sidang Senat Terbuka Wisuda Angkatan XI & XII sekaligus penugasan sebanyak 102 alumni Sekolah Tiggi Ilmu Syariah Hidayatullah, Balikpapan, Kaltim, Sabtu (17/11/2018).

Selain kemampuan belajar dan bernalar, perguruan tinggi maju di dunia saat ini, kata Mujiburrahman, mulai menyadari bahwa keahlian spesialis saja tidak memadai lagi. Namun perlu ditopang dengan wawasan keilmuan lain seperti ilmu sosial dan humaniora.

“Kenapa, karena perubahan memerlukan adaptasi dan proporsionalitas. Bagaimana membekali ilmu dan terus mempelajari ilmu-ilmu,” imbuhnya.

Ia pun menyebut salah satu tantangan besar yang dihadapi di era saat ini adalah fenomena gadget. Dulu kita hanya mengenal mesin ketik, sekarang telah beralih ke elektronik.

“Ini betul betul perubahan yang luar biasa. Saking dahsyatnya, ini disebut juga dengan era disrupsi (disruption). Perubahan yang begitu cepat sehingga kita susah menjalani seperti yang dulu,” ujarnya.

BACA JUGA  Refly Harun: Money Politic Sulit untuk Buktikan Kecurangan Pilpres

Gadget juga kata dia menyebabkan degradasi terhadap hubungan personal. Ia mengistilahkan dengan “sendiri bersama-sama”, masing-masing bermain ponsel. Yang dekat menjadi jauh.

“Media itu hadir sekaligus absen. Seperti dalam logika seorang anak-anak, bagi mereka media adalah merepresentasikan diri kita padahal tidak. Itu hanya citra.”

Selain itu, lanjut dia, problem yang tak kalah penting, adalah Indonesia yang diprediksi akan mengalami bonus demografi pada tahun 2020-2030 yang akan datang. Bonus demografi dinilai akan membawa dampak sosial-ekonomi, di antaranya terhadap tingkat penduduk produktif yang menanggung penduduk nonproduktif akan sangat rendah.

“Bonus demografi harus bisa dimanfaatkan untuk bangsa ini atau jika tak dikelola dengan baik akan terjadi pengangguran besar-besaran. Apa yang diberikan oleh Hidayatullah yang membuka lapangan kerja untuk sarjana lulusan pergutun tinggi Hidayatullah ini luar biasa. Bahkan UGM memberikan pendampingan terhadap alumninya sampai 3 tahun,” tandasnya.

Sidang Senat Terbuka Wisuda Angkatan XI & XII sekaligus penugasan sebanyak 102 alumni Sekolah Tiggi Ilmu Syariah Hidayatullah, Balikpapan, Kaltim, ini merupakan salah satu rangkaian pra Silaturrahim Nasional Hidayatullah 2018 yang mengusung tema “45 Tahun Hidayatullah Berkhidmat untuk NKRI”.

Reporter: Syakur/ INA
Editor: M. Rudy

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Palestina

Sederet Kasus Korupsi yang Menjerat Netanyahu

Kasus 4000 (juga dikenal sebagai kasus Bezeq) akan menjadi file ketiga di mana polisi merekomendasikan Netanyahu dituntut karena korupsi.

Ahad, 18/11/2018 11:35 0

Timur Tengah

Kuwait Usir Blogger Israel yang Menyusup ke Pameran IBF

Layanan keamanan Kuwait telah mendeportasi aktivis Israel Ben Tzion kurang dari 24 jam setelah ia memasuki negara itu.

Ahad, 18/11/2018 11:08 0

Manhaj

Agar Hijrahmu Tidak Hanya Sekedar Tren

Kapan hijrah itu dikatakan berhasil? Tentunya ketika istiqomah hingga akhir hayat, namun hijrah itu memiliki indikator keberhasilan, apa saja indikatornya?

Sabtu, 17/11/2018 19:07 0

Manhaj

Jalan Berliku Hijrah Milenial

Hidayah menuntun seseorang menuju jalan hijrah. Ya, hijrah dari gelimang dosa dan maksiat menuju penghambaan dan ketaatan kepada Allah. Tetapi, jalan hijrah ini bukanlah jalan landai yang indah. Di dalamnya penuh tantangan-tantangan yang siap menghadang

Sabtu, 17/11/2018 17:12 0

Suriah

Pejuang Jihadis di Zona Demiliterisasi Idlib Serang Pos Militer Suriah

Sedikitnya sembilan tetnara rezim tewas akibat serangan itu

Sabtu, 17/11/2018 16:04 0

Opini

Menjawab Orasi Politik Grace Natalie

Perda Syariah adalah perda yang bermuatan nilai-nilai Syariah, termasuk di dalamnya keadilan dan kesetaraan.

Sabtu, 17/11/2018 15:05 0

Iran

Jaisyul Adl Bebaskan Lima Tentara Iran yang Ditawan

Lima tentara tersebut merupakan bagian dari 12 tentara yang diculik di perbatasan dengan Pakistan.

Sabtu, 17/11/2018 14:51 0

Tazkiyah

Doa dan Zikir Ketika Berada dalam Perjalanan

Hampir semua manusia pernah melakukan perjalanan, baik jarak dekat maupun jauh. Nah Islam memberikan tuntunan zikir dan doa ketika seorang muslim melakukan safar

Jum'at, 16/11/2018 20:09 0

Opini

Sekilas Tentang Khilafah yang Kalian Benci Setengah Mati Itu

Tahun politik di era percepatan komunikasi menjadi padanan yang terkadang mengerikan,

Jum'at, 16/11/2018 19:46 0

Iran

Iran dan Turki Perkuat Hubungan Dagang di Tengah Sanksi AS

Davut Behbudi, kepala Organisasi Perencanaan dan Administrasi Tabriz mengatakan hubungan perdagangan antara Iran dan Turki sangat mendalam.

Jum'at, 16/11/2018 16:29 0

Close