... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Pengungsi Rohingya Syok Dengar Kabar Akan Dipulangkan

Foto: Anak-anak perempuan pengungsi Rohingya di kamp Jamtoli, Bangladesh (Clodagh Kilocyne/Reuters)

KIBLAT.NET, Cox’s Bazar- Agustus 2017 lalu, di tengah hiruk-pikuk jeritan, asap dan suara tembakan, Abdul bersama anak dan isterinya berusaha melarikan diri dari serangan militer Myanmar. Tak sedikit orang-orang di desanya yang tewas akibat timah panas militer Myanmar, termasuk keponakan dan menantunya.

Saat itu, rasa takut seakan mengejar-ngejar Abdul (bukan nama asli). Ia besama isteri dan empat anaknya berhasil menyeberang ke Bangladesh bersama ratusan ribu etnis Rohingya lainnya.

Satu tahun lebih ia mengungsi di Bangladesh. Meski hidup dalam kondisi sulit, setidaknya ia merasa aman dari jangkaun tentara yang telah melakukan kejahatan genosida, menurut penyelidik PBB.

Namun rasa takut itu kembali datang, ketika seorang petugas keamanan menyambangi gubuknya di kamp pengungsian Jamtolo, Cox’s Bazar. Petugas itu mengatakan bahwa ia dan keluarganya akan dipulangkan pekan ini.

“Kami kaget, saya tidak bisa berkata apa-apa, mulut saya tak mampu berkata apa-apa,” katanya kepada Al Jazeera.

Hasil kesepakatan Bangladesh-Myanmar itu membuat banyak pengungsi gelisah. Kesepakatan repratiasi yang akan dimulai pada Kamis, 15 November 2018 besok. Kabar itu menjadi hal yang paling menakutkan sejak mereka melarikan diri dari kampung halamannya.

Begitu pula yang dirasakan oleh Nurul Amin (35 tahun), salah-satu pengungsi Muslim Rohingya di kamp pengungsian Jamtoli. Sejak namanya muncul sebagai calon pengungsi yang akan dipulangkan, Amin mengaku tak bisa tidur dan makan.

BACA JUGA  200 KK Rohingya Nikmati Daging Kurban dari Indonesia

“Saya hampir tidak tidur semalaman karena takut dipulangkan secara paksa. Sejak saya mendengar bahwa saya terdaftar, saya tidak bisa makan,” ungkap pria yang memiliki empat anak perempuan, seorang istri dan saudari perempuan.

Reuters telah mewawancarai duapuluh dari dua ribu pengungsi Rohingya yang namanya terdaftar untuk dipulangkan ke Myanmar. Meski Bangladesh menjanjikan tidak ada paksaan, semuanya mengaku ketakutan untuk kembali ke negara asalnya.

Lebih dari 2.200 orang akan dipulangkan pada Kamis besok. Sedangkan kesepakatan Bangladesh dan Myanmar akhir Oktober lalu jumlah pengungsi yang akan dipulangkan mencapai 5.000 orang. Meski pejabat Bangladesh mengatakan bahwa pemulangan bersifat sukarela tetapi pengungsi Rohingya tidak yakin.

Sejak Agustus 2017, lebih dari 730.000 orang melarikan diri ke Bangladesh setelah militer Myanmar, dibantu oleh kelompok Buddha, menyerang desa-desa penduduk Rohingya. PBB menuduh bahwa Myanmar telah melakukan aksi genosida namun Myanmar mengklaim bahwa tindakan itu adalah operasi kontraterorisme.

Sumber: Reuters, Aljazeera
Redaktur: Syafei Irman

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Video Kajian

Zikir: Bersiap untuk Pulang Kampung

Zikir: Bersiap untuk Pulang Kampung

Rabu, 14/11/2018 10:56 0

Indonesia

SP3 Kasus Sukmawati Digugat, Begini Jawaban Polisi

Sidang praperadilan SP3 dugaan penistaan agama yang dilakukan Sukmawati Soekarnoputri kembali digelar di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

Rabu, 14/11/2018 10:44 0

Indonesia

Bicara Kasus Bendera, Dubes Saudi: Habib Rizieq Adalah Korban

Di hadapan tokoh-tokoh PP Muhammadiyah, Osama berulang kali mengatakan Habib Rizieq sebagai orang baik. "Seandainya beliau itu orang jahat maka dia sudah ditahan."

Selasa, 13/11/2018 16:53 0

Indonesia

Dubes Arab Saudi Sayangkan Pembakaran Bendera Tauhid

Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia Osama bin Muhammad Al Suaibi menegaskan kalimat tauhid adalah kalimat yang penting bagi umat Islam.

Selasa, 13/11/2018 16:46 0

Indonesia

PSI Tolak Perda Agama dengan Alasan Cegah Diskriminasi

Partai Solidaritas Indonesia (PSI) secara terang-terangan menolak Peraturan Daerah (Perda) bernafaskan agama yang ada di Indonesia.

Selasa, 13/11/2018 15:58 1

Indonesia

Video Guru SMK Kendal Dibully Siswa Undang Ribuan Komentar Netizen

Jagad maya dihebohkan dengan beradarnya video siswa SMK NU 03 Kaliwungu Kendal yang melakukan aksi bullying kepada gurunya.

Selasa, 13/11/2018 14:32 0

Suara Pembaca

Ikatan Pelajar Muslimah Indonesia Akan Gelar TERAS Nasional II di Kendari

Bertempat di Kota Kendari Sulawesi Tenggara, TERAS Nasional II mengangkat tema "Satukan Langkah dari Pelajar Muslimah untuk Indonesia".

Selasa, 13/11/2018 14:12 0

Indonesia

Siswa Bully Guru di Kendal, KPAI: Meski Bercanda Tidak Dibenarkan

Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) menyayangkan beredarnya video yang menunjukkan aksi bullying yang dilakukan murid SMK NU 03 Kaliwungi, Kendal terhadap gurunya.

Selasa, 13/11/2018 12:36 0

Indonesia

Ajukan Praperadilan Sukmawati, Advokat HRS: Dia Telah Menghina Azan

Menurutnya sidang praperadilan tidak serius ditangani. Padahal, apa yang dilakukan oleh Sukmawati telah jelas melukai hati umat Islam, karena telah menghina syariat azan dan cadar.

Selasa, 13/11/2018 11:25 0

Indonesia

TKN Jokowi-Ma’ruf Laporkan Pelibatan Anak dalam Aksi Bela Tauhid

Tim Kemenangan Nasional Jokowi-Ma'ruf melaporkan dugaan penyalahgunaan anak dalam kegiatan politik. Salah satu bukti yang disertakan adalah keterlibatan anak dalam aksi bela tauhid.

Selasa, 13/11/2018 10:36 0

Close