... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Kritisi Program Pemulangan Rohingya, PBB: Kondisi Rakhine Belum Aman

Foto: Pengungsi Rohingya

KIBLAT.NET, Rakhine- Besok Kamis, 15 November 2018 pemulangan pengungsi Rohingya di Bangladesh akan dimulai. Namun, kesepakatan antara Bangladesh-Myanmar itu mendapat kritikan dari PBB.

Komisaris Tinggi PBB untuk Pengungsi (UNHCR), Filippo Grandi mengingatkan agar pemulangan ini dilakukan tanpa paksaan. Karena menurutnya, kondisi Rakhine saat ini belum tepat untuk dihuni kembali oleh etnis Muslim Rohingya.

Filippo Grandi menekankan, bagi pengungsi yang akan dipulangkan harus dipastikan bahwa mereka mengetahui kondisi daerah asalnya saat ini. Sehingga dalam proses pemulangan ini tidak ada kebohongan atau informasi yang ditutup-tutupi.

“Cara terbaik untuk memberi pengetahuan tentang daerah asal mereka kepada pengunsi Rohingya di Bangladesh adalah memberikan kesempatan bagi mereka untuk melihat langsung kondisi di Myanmar,” ungkapnya seperti dikutip dari Independent, Selasa (13/11/2018).

Selain itu, PBB juga meminta agar sebelum dipulangkan, pengungsi Rohingya harus memiliki hak untuk memilih apakah mereka akan kembali atau tidak. Sehingga keputusan pulang benar-benar berada di tangan pengungsi Rohingya.

“Tanggung jawab untuk memperbaiki kondisi itu ada pada Myanmar. Meskipun UNHCR tidak percaya kondisi saat ini di negara Rakhine kondusif bagi pengungsi yang sukarela, aman, bermartabat, dan berkelanjutan dari Bangladesh, kami tetap berkomitmen untuk mendukung upaya pemerintah Myanmar untuk menciptakan kondisi seperti itu, di bawah ketentuan nota kesepemahaman (MoU) yang ditandatangani oleh UNHCR, UNDP (United Nations Development Program) dan pihak berwenang Myanmar pada bulan Juni,” tukas Grandi.

Sumber: The Independent
Redaktur: Syafei Irman

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

SP3 Kasus Sukmawati Digugat, Begini Jawaban Polisi

Sidang praperadilan SP3 dugaan penistaan agama yang dilakukan Sukmawati Soekarnoputri kembali digelar di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

Rabu, 14/11/2018 10:44 0

Indonesia

Bicara Kasus Bendera, Dubes Saudi: Habib Rizieq Adalah Korban

Di hadapan tokoh-tokoh PP Muhammadiyah, Osama berulang kali mengatakan Habib Rizieq sebagai orang baik. "Seandainya beliau itu orang jahat maka dia sudah ditahan."

Selasa, 13/11/2018 16:53 0

Indonesia

Dubes Arab Saudi Sayangkan Pembakaran Bendera Tauhid

Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia Osama bin Muhammad Al Suaibi menegaskan kalimat tauhid adalah kalimat yang penting bagi umat Islam.

Selasa, 13/11/2018 16:46 0

Indonesia

PSI Tolak Perda Agama dengan Alasan Cegah Diskriminasi

Partai Solidaritas Indonesia (PSI) secara terang-terangan menolak Peraturan Daerah (Perda) bernafaskan agama yang ada di Indonesia.

Selasa, 13/11/2018 15:58 1

Indonesia

Video Guru SMK Kendal Dibully Siswa Undang Ribuan Komentar Netizen

Jagad maya dihebohkan dengan beradarnya video siswa SMK NU 03 Kaliwungu Kendal yang melakukan aksi bullying kepada gurunya.

Selasa, 13/11/2018 14:32 0

Suara Pembaca

Ikatan Pelajar Muslimah Indonesia Akan Gelar TERAS Nasional II di Kendari

Bertempat di Kota Kendari Sulawesi Tenggara, TERAS Nasional II mengangkat tema "Satukan Langkah dari Pelajar Muslimah untuk Indonesia".

Selasa, 13/11/2018 14:12 0

Indonesia

Siswa Bully Guru di Kendal, KPAI: Meski Bercanda Tidak Dibenarkan

Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) menyayangkan beredarnya video yang menunjukkan aksi bullying yang dilakukan murid SMK NU 03 Kaliwungi, Kendal terhadap gurunya.

Selasa, 13/11/2018 12:36 0

Indonesia

Ajukan Praperadilan Sukmawati, Advokat HRS: Dia Telah Menghina Azan

Menurutnya sidang praperadilan tidak serius ditangani. Padahal, apa yang dilakukan oleh Sukmawati telah jelas melukai hati umat Islam, karena telah menghina syariat azan dan cadar.

Selasa, 13/11/2018 11:25 0

Indonesia

TKN Jokowi-Ma’ruf Laporkan Pelibatan Anak dalam Aksi Bela Tauhid

Tim Kemenangan Nasional Jokowi-Ma'ruf melaporkan dugaan penyalahgunaan anak dalam kegiatan politik. Salah satu bukti yang disertakan adalah keterlibatan anak dalam aksi bela tauhid.

Selasa, 13/11/2018 10:36 0

Indonesia

Kaki Patah akibat Gempa, Asifah: Jangan Siksa Aku Ya Allah, Aku Rajin Shalat

Lembaga kemanusiaan One Care memberikan bantuan kesehatan pada Nurul Asifah, bocah berusia 7 tahun asal Lere, Palu Barat, Palu.

Senin, 12/11/2018 20:49 0

Close