... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Sempat Ditunda, Sidang Praperadilan Sukmawati Akhirnya Dimulai

Foto: Sidang perdana praperadilan Sukmawati, Senin (12/11/2018).

KIBLAT.NET, Jakarta – Sempat ditunda pekan lalu, sidang praperadilan SP3 kasus penodaan agama yang diduga dilakukan oleh Sukmawati Soekarno Putri akhirnya digelar. Sidang perdana pada Senin (12/11/2018) ini, beragendakan pembacaan permohonan praperadilan dari pihak pemohon.

Di awal persidangan, hakim Dedy Hermawan terlebih dahulu menanyakan surat kuasa kepada pihak-pihak yang hadir di persidangan. Pemohon praperadilan, Azzam Khan di awal persidangan belum hadir. Ia memberikan kuasanya kepada beberapa pengacara yang tergabung dalam Heterogen Robohkan Rasis (HRS), diantaranya Damai Hari Lubis, Nasrullah Nasution, Wisnu Rakadita, dan Sumadi Atmadja.

Pemohon mengajukan praperadilan ke muka persidangan dengan tiga termohon, yakni Subdit I Direktorat Tindak Pidana Umum (Tipidum) Bareskrim Polri sebagai Termohon I, Direktorat Tipidum Bareskrim Polri sebagai Termohon II, dan Kapolri sebagai Termohon III.

Para termohon yang dimaksud tidak hadir dan memberikan kuasanya kepada tiga orang. Dari ketiga termohon, hanya Kapolri yang belum memberikan surat kuasanya. Hal ini pun sempat menjadi pertanyaan oleh majelis hakim.

“Ini Termohon III belum ada surat kuasanya?” tanya Dedi muka persidangan.

Salah satu dari tiga kuasa hukum termohon, menjelaskan bahwa surat kuasa dari Kapolri masih dalam proses. Namun, dia mengatakan bahwa berkas surat kuasa sudah sampai di meja Kapolri.

Karena menghitung masa persidangan yang hanya 7 hari, maka Majelis Hakim memutuskan bahwa persidangan perdana tetap dilanjutkan dengan Termohon III, yakni Kapolri maupun yang diamanahi surat kuasa dianggap tidak ada.

BACA JUGA  Dianggap Hina Wapres Ma'ruf Amin, Ustadz Ja'far Shodiq Dipolisikan

Koordinator HRS, Damai Hari Lubis mengaku kecewa dan menyayangkan absennya Kapolri dalam persidangan. Menurutnya, tidak adanya surat kuasa menandakan Kapolri tidak serius dalam menangani kasus ini.

“Ini tadi kita keberatan, Kapolri sebagai komandan tertinggi kok belum menyiapkan surat kuasa yang seharusnya sudah diberikan. Sementara Kasubdit dan Direktur (Tipidum)-nya sudah,” ungkap Hari usai persidangan.

“Ini sudah seminggu, dan ini bukti bahwa Kapolri tidak dalam keadaan berhalangan, ini tidak ada alasannya tadi dia sakit atau apa, hanya tidak ada surat kuasanya,” tambahnya.

Berbagai advokat yang tergabung dalam Heterogen Robohkan Rasis (HRS) mengajukan praperadilan kasus Sukmawati. Sebab, secara tiba-tiba kasus dugaan penodaan agama Sukmawati dihentikan oleh pihak kepolisian.

Sukmawati membacakan puisi berjudul “Ibu Negara” di acara Indonesian Fashion Week beberapa waktu lalu. Dalam puisi tersebut, putri Presiden Soekarno ini menyinggung masalah adzan dan cadar.

Reporter: Muhammad Jundii
Editor: M. Rudy

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

One comment on “Sempat Ditunda, Sidang Praperadilan Sukmawati Akhirnya Dimulai”

  1. Helmy Fahrurozi

    ini nenek grondong…mudah2an allah tunjukan kekuasaannya didunia terhadap dia…agar orang indonesia faham apa yg harus dilakukan sebagai muslim

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Video Kajian

Jangan Salah, Inilah Karakter Bendera Rasul ﷺ yang Sebenarnya!

KIBLAT.NET- Bendera Rasul baru-baru ini menjadi perbincangan. Banyak yang mempertanyakan benarkah bendera Rasul adalah sama...

Senin, 12/11/2018 10:04 1

Video Kajian

Antara Nasionalisme dan Bendera Tauhid – Ust. Muhajirin Ibrahim, Lc.

KIBLAT.NET- Banyak yang memanfaatkan bendera Tauhid sebagai dongkrak nasionalisme dengan melakukan perlawanan kepada bendera Tauhid....

Senin, 12/11/2018 09:58 0

Video Kajian

Bendera Tauhid Dilarang, Sejarah Fir’aun Berulang? – Ust. Muhajirin Ibrahim, Lc.

KIBLAT.NET- Baru-baru ini kita kembali dikagetkan dengan berita perlawanan dan pelarangan pada bendera Tauhid. Jika...

Senin, 12/11/2018 09:52 0

Palestina

Israel Gelar Operasi Senyap di Gaza, Pertempuran Pun Meletus

“Tujuh anggota kami gugur dan tujuh lainnya luka-luka akibat gempuran Israel,” kata pernyataan Hamas.

Senin, 12/11/2018 09:26 0

Yaman

Perang Jalanan Pecah di Al-Hodeidah, Syiah Hutsi Berlindung di Dekat RS

"Pemberontak Hutsi memperkuat posisi mereka di dekat rumah sakit, yang membuat orang takut," kata seorang pekerja rumah sakit.

Senin, 12/11/2018 08:06 0

Iran

Buntut Krisis Ekonomi di Iran, Dua Orang Dieksekusi Mati

Mereka dinyatakan bersalah atas tindakan kejahatan "menyebarkan korupsi di bumi."

Senin, 12/11/2018 07:12 0

Amerika

Kebakaran Dahsyat Landa California, Komentar Trump Picu Kontroversi

Donald Trump disebut "tidak punya hati" setelah mengancam akan menarik dana federal ke California di saat dua kebakaran hutan yang dahsyat melanda.

Ahad, 11/11/2018 14:30 0

Irak

Parlemen Iraq Serukan Pemulangan Pasukan Amerika

Pemimpin senior Aliansi Konstruksi Iraq, Ahmad Al-Assadi mengungkapkan bahwa parlemen menekan pemerintah Iraq untuk mengusir pasukan AS dari negara itu.

Ahad, 11/11/2018 12:54 0

Timur Tengah

Kepala Polisi Dubai: Jamal Khashoggi Bisa Saja Masih Hidup

Arab Saudi mengklaim bahwa Khashoggi dibunuh oleh agen keamanannya setelah dia memasuki Konsulat Saudi di Istanbul pada 2 Oktober. Namun, laporan tentang kematiannya masih terus diperdebatkan.

Ahad, 11/11/2018 12:43 0

Turki

Turki Peringati 80 Tahun Kematian Ataturk, Erdogan Kirim Karangan Bunga

Turki memperingati 80 tahun kematian Mustafa Kemal Ataturk pada Sabtu (10/11/2018) pagi.

Ahad, 11/11/2018 10:31 0

Close