Parlemen Iraq Serukan Pemulangan Pasukan Amerika

KIBLAT.NET, Baghdad – Pemimpin senior Aliansi Konstruksi Iraq, Ahmad Al-Assadi mengungkapkan bahwa parlemen menekan pemerintah Iraq untuk mengusir pasukan AS dari negara itu.

Al-Assadi mengatakan bahwa parlemen Iraq sebelumnya telah memulai seruan, tetapi sekarang parlemen baru menyerukan jadwal yang jelas untuk penarikan AS dari Iraq. Dia menambahkan bahwa pasukan AS telah memasuki negara itu atas permintaan pemerintah Iraq untuk tujuan pelatihan dan bantuan dalam memerangi ISIS.

“Setelah kemenangan besar melawan geng-geng ini (ISIS), pemerintah Iraq memiliki hak untuk mengevaluasi kebutuhan pasukan Amerika untuk tetap berada di tanah Iraq,” kata Al-Assadi menekankan.

Dia juga mengatakan bahwa seruan pasukan AS untuk pergi akan berlipat ganda selama masa parlemen berikutnya. Parlemen kemungkinan akan menerima keberadaan penasihat dan pelatih hanya berdasarkan pada kebutuhan yang ditentukan oleh pihak berwenang.

“Pemerintah memiliki hak untuk memperkirakan kebutuhannya akan penasihat dan pelatih. Diskusi parlemen, yang menyerukan mengungkap jumlah, tempat dan kebutuhan pasukan Amerika tidak ditutup,” kata Al-Assadi.

Dia menekankan bahwa bagaimanapun parlemen berhak membuat keputusan akhir mengenai apakah pasukan AS tetap di Iraq atau diminta untuk mundur.

Sumber: Middle East Monitor
Redaktur: Ibas Fuadi

Ingin Langganan Artikel?
Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan update artikel terbaru.
Anda dapat berhenti langganan kapan saja.
Anda mungkin juga berminat