Kebakaran Dahsyat Landa California, Komentar Trump Picu Kontroversi

KIBLAT.NET, California – Donald Trump disebut “tidak punya hati” setelah mengancam akan menarik dana federal ke California di saat dua kebakaran hutan yang dahsyat melanda. Setidaknya dua orang dilaporkan tewas, selain ratusan ribu orang dipaksa mengungsi.

“Tidak ada alasan untuk kebakaran hutan yang besar, mematikan dan mahal di California ini kecuali bahwa pengelolaan hutan sangat buruk,” kata Trump.

“Miliaran dolar diberikan setiap tahun, dengan begitu banyak nyawa yang hilang, semua karena kesalahan pengelolaan hutan. Perbaiki sekarang, atau tidak ada lagi pembayaran Fed!”

Kepala serikat petugas pemadam kebakaran California Brian Rice, menyebut ancaman Donald Trump untuk menahan dana federal ke negara bagian itu sebagai suatu hal yang “memalukan” dan “sangat keliru”.

Rice juga mengatakan bahwa pernyataan Trump “melukai” ribuan petugas pemadam kebakaran yang masih berada di garis depan. Dia juga mengatakan ahwa kebijakan pengelolaan hutan California adalah penyebab bencana kebakaran hutan yang “sangat berbahaya”.

Perwakilan petugas pemadam kebakaran menjelaskan bahwa kebakaran hutan dipicu dan menyebar karena vegetasi kering, angin kencang, kelembaban rendah dan geografi.

Kebakaran telah menyebar di lebih dari 100 mil persegi selatan California, dengan sekitar 250.000 rumah di bawah perintah evakuasi di seluruh wilayah. Beberapa perintah evakuasi wajib adalah untuk penduduk di Kota Los Angeles di daerah West Hills. Tidak jelas berapa banyak rumah yang telah dievakuasi di Kota Los Angeles.

BACA JUGA  Donald Trump Pecat Menhan AS Mark Esper

Sumber: Independent
Redaktur: Ibas Fuadi

Ingin Langganan Artikel?
Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan update artikel terbaru.
Anda dapat berhenti langganan kapan saja.
Anda mungkin juga berminat