... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Dianggap Hina Prabowo, Bupati Boyolali Dilaporkan ke Polisi

Foto: Tim Advokasi Reaksi Cepat (TARC) melaporkan Bupati Boyolalai Seno Samodro ke terkit dugaan penghinaan terhadap Prabowo Subianto, Jumat (09-11-2018)

KIBLAT.NET, Boyolali – Tim Advokasi Reaksi Cepat (TARC) melaporkan Bupati Boyolalai Seno Samodro ke Polres Boyolali, atas dugaan penghinaan terhadap Prabowo Subianto.

Humas TARC Endro Sudarsono mengatakan pelaporan tersebut dilakukan dengan bukti rekaman pernyataan Seno yang melontarkan kalimat “prabowo asu. Bupati Boyolali mengatakan hal itu pada 4 November 2018, tepatnya pada acara Save Tampang Boyolali.

Endro menambahkan kata “asu” dalam bahasa Jawa memiliki arti “anjing”, yang merupakan salah satu spesies binatang. Menurutnya, kata-kata yang dilontarkan bupati Seno tersebut telah merendahkan martabat manusia, dan menghina Prabowo Subiyanto.

“Bahwa terhadap kata-kata hinaan ‘asu’ yang dilontarkan dan ditujukan oleh terlapor kepada bapak Prabowo Subiyanto maka dapat diduga terlapor telah melakukan tindak pidana penghinaan menyerang kehormatan dan nama baik seseorang yang diatur di dalam pasal 310 ayat (1),” ujarnya di Mapolres Boyolali, Jumat (09/11/18).

Pasal 310 ayat (1) menyebut, Barangsiapa sengaja menyerang kehormatan atau nama baik seseorang dengan menuduhkan sesuatu perbuatan, yang maksudnya terang supaya hal itu diketahui umum, diancam karena pencemaran dengan pidana penjara paling lama sembilan bulan atau pidana denda paling banyak Rp 4.500,-.

Selain ujaran kebencian dan penghinaan yang disampaikan di depan Forum Boyolali Bermartabat, terlapor juga telah diduga melakukan tindak pidana penghasutan yang di atur di dalam Pasal 160 KUHP. Pasal itu berbunyi, Barang siapa di muka umum dengan lisan atau tulisan menghasut supaya melakukan perbuatan pidana, melakukan kekerasan terhadap penguasa umum atau tidak menuruti baik ketentuan undang-undang maupun perintah jabatan yang diberikan berdasar ketentuan undang-undang, diancam dengan pidana penjara paling lama enam tahun atau pidana denda paling banyak empat ribu lima ratus rupiah.

BACA JUGA  Dompet Dhuafa Salurkan Rp5,2 Miliar Zakat Secara Digital

“Perbuatan tersebut dapat memicu kebencian, perasaan permusuhan, dan penghinaan terhadap bapak Prabowo Subiyanto dihadapan masyarakat Boyolali,” ungkap Endro.

Berdasarkan fakta-fakta tersebut di atas Endro berharap Polres Boyolali dapat melakukan proses hukum. Polisi diminta untuk melakukan tindakan hukum mulai pemeriksaan, penetapan sebagai tersangka.

Reporter: Reno
Editor: Imam S.

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Analisis

Memutar Balikkan Fakta Suriah, Mendistorsi Narasi Khilafah

Memutar Balikkan Fakta Suriah, Mendistorsi Narasi Khilafah

Jum'at, 09/11/2018 20:38 0

Irak

Pengecualian Sanksi, AS Izinkan Iraq Beli Listrik dari Iran

AS dan Iraq menikmati hubungan yang kuat dan bekerja sama dalam isu-isu seperti pemerintahan, keamanan dan politik.

Jum'at, 09/11/2018 16:21 0

Australia

Serangan Pisau di Melbourne, Polisi Tak Sebut Aksi Terorisme

Seorang pria menyerang kerumunan orang dengan pisau di jalanan Melbourne tengah, Jumat (09/11/2018). Dia akhirnya tergeletak dalam kondisi kritis setelah ditembak oleh polisi.

Jum'at, 09/11/2018 15:46 0

Amerika

Eks Marinir dan Pemakai Ekstasi, Sosok Penembak 12 Orang di Bar California

Pria bersenjata itu rupanya mengakhiri hidupnya sendiri. Demikian menurut keterangan pihak berwenang, seperti dikutip Herald Sun, Jumat (09/11/2018).

Jum'at, 09/11/2018 13:24 0

Amerika

Pria Lempar Granat Lalu Tembaki Bar di California, 12 Orang Tewas

Seorang pria bersenjata menewaskan 12 orang, termasuk seorang polisi, ketika ia melepaskan tembakan di sebuah bar musik country di California selatan pada Rabu (07/11/2018) malam.

Jum'at, 09/11/2018 11:35 0

Manhaj

Serba-Serbi Bendera Rasulullah ﷺ

Pasca pembakaran bendera bertuliskan kalimat tauhid, perdebatan tentang bendera Rasulullah SAW muncul ke publik, baik itu dari segi warna, bentuk dan tulisan.

Jum'at, 09/11/2018 11:34 0

Turki

Turki Vonis Empat Tahun Bui Koresponden Kantor Berita Resmi Rezim Assad

Wartawan itu didakwa menghinda presiden dan pejabat Turki. Ia mengatakan bahwa Turki mendukung teroris di Suriah

Jum'at, 09/11/2018 10:17 0

Amerika

“Perang Melawan Teror” yang Digaungkan AS Renggut Setengah Juta Jiwa

banyak kematian yang dilaporkan oleh Amerika Serikat dan pasukan lokal sebagai pemberontak adalah warga sipil.

Jum'at, 09/11/2018 08:43 0

Afghanistan

Perluas Kontrol, Taliban Mulai Sasar Wilayah Syiah di Afghanistan Selatan

"Pemerintahan Presiden Ashraf Ghani tidak menunjukkan minat (membantu Hazara)," kata Abdul Qayyum Sajjad, seorang anggota parlemen dari provinsi Ghazni.

Jum'at, 09/11/2018 08:05 0

Rusia

Kemampuan Helikopter Rusia Meningkat Setelah Dicoba dalam Perang Suriah

Ia menjelaskan bahwa pihaknya memodifikasi puluhan hal yang berkaitan dengan helikopter setelah diuji coba.

Jum'at, 09/11/2018 07:35 0

Close