... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Ahmad Al-Raisuni Terpilih Jadi Presiden IUMS Gantikan Yusuf Al-Qaradawi

Foto: Cendekiawan Islam Maroko Ahmad Abdussalam Al-Raisuni

KIBLAT.NET, Istanbul – Cendekiawan Islam Maroko Ahmad Abdussalam Al-Raisuni terpilih sebagai Ketua Umum Persatuan Internasional Ulama Muslim (IUMS) pada Rabu (07/11/2018) menggantikan Dr. Yusuf Al-Qaradawi.

Al-Raisuni memenangkan 93,4% suara Majelis Umum IUMS dalam pemilihan yang diselenggarakan di Istanbul, Turki. Sementara kandidat lain, Esham Basyir (Sudan) memperoleh 89,9%, Khairuddin Qahraman (Turki) memperoleh 88,3%, Salim Segaf al-Jufri (Indonesia) dengan 88,3%, dan Ahmad al-khalili (Oman) dengan 75,5% suara.

Lebih dari 1.500 ulama dari lebih 80 negara hadir dalam majelis tersebut. Pertemuan kali ini menjadi yang terbesar mengenai jumlah kehadiran peserta sejak pembentukan IUMS pada tahun 2004.

Al-Raisuni, yang lahir pada tahun 1953 di Maroko, adalah mantan wakil ketua dan pendiri IUMS. Dia juga anggota Dewan Eksekutif Forum Ulama Muslim Dunia dari Liga Muslim Dunia.

Al-Raisuni juga menjabat sebagai presiden Asosiasi Masa Depan Islam di Maroko (1994-1996) dan presiden Gerakan Unifikasi dan Reformasi di Maroko (1996-2003).

Pemilihan akan dilanjutkan untuk jabatan Wakil Presiden, Sekretaris Jenderal Serikat dan asistennya, serta anggota Dewan Pengawas.

Didirikan pada tahun 2004 di Dublin, Irlandia, International Union of Muslim Scholars adalah yayasan Islam populer yang mencakup anggota dari negara-negara dunia Muslim dan minoritas Islam dan kelompok di luarnya.

Pada tahun 2011, markas besar IUMS dipindahkan ke ibukota Qatar, Doha, di bawah keputusan Dewan Eksekutif. Majelis Umum mengelola Perhimpunan, Dewan Pengawas, Kantor Eksekutif, Presidensi Perhimpunan dan Sekretariat.

BACA JUGA  Turki Vonis Empat Tahun Bui Koresponden Kantor Berita Resmi Rezim Assad

IUMS bertujuan menjadi referensi dasar syariah dalam teorisasi dan rasionalisasi proyek peradaban negara Muslim dalam konteks koeksistensi damai dengan umat manusia lainnya.

Sumber: Middle East Monitor
Editor: M. Rudy

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

One comment on “Ahmad Al-Raisuni Terpilih Jadi Presiden IUMS Gantikan Yusuf Al-Qaradawi”

  1. Sabila

    Masya Allah Syaikh Ar Raisuni… :))
    Semoga Allah limpahkan keberkahan di dalam kepemimpinan beliau

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Soal #JanganSuriahkanIndonesia, UBN: Jangan Berlebihan

"(Demontrasi) ini hanyalah sebatas ekspresi mereka, kekecewaan mereka. Dan barangkali ini yang gagal dipahami oleh rezim," ujar UBN.

Kamis, 08/11/2018 10:10 0

Indonesia

Besok, Huntara FKAM Insya Allah Diresmikan

Forum Komunikasi Aktivis Masjid (FKAM) mendirikan huntara di atas lahan seluas 9.000 meter persegi untuk 50 KK

Kamis, 08/11/2018 10:07 0

Indonesia

AQL Islamic Center Gelar D’FED, Satukan Muhsinin untuk Misi Dakwah

"Karenanya, dibuatlah D'FED ini. Adapun yang diundang adalah orang-orang terdekat dulu, dari kalangan pebisnis, pengusaha, dan aktifis-aktifis di bidang ekonomi," ujarnya.

Kamis, 08/11/2018 10:00 0

Indonesia

Bahas Terorisme di Medsos, Wiranto Singgung Hoaks dan Hate Speech

"Oleh karena itu salah satu upaya yang juga dibahas adalah bagaimana pemerintah kita bekerja sama dengan masyarakat sipil untuk menanggulangi terorisme itu. Di mana kita kerjasamakan para pihak-pihak swasta yang berkecimpung dalam masalah teknologi komunikasi dengan pemerintah," kata Wiranto.

Rabu, 07/11/2018 13:31 0

Indonesia

Ditanya Soal Mobil Esemka, Begini Jawaban KH Ma’ruf Amin

Ditanya Soal Mobil Esemka, Begini Jawaban KH Ma'ruf Amin

Rabu, 07/11/2018 13:12 2

Indonesia

KH Ma’ruf Amin Sebut Kasus Pembakaran Bendera Tauhid Persoalan Lokal Garut

KH Ma'ruf Amin mengatakan kasus pembakaran bendera tauhid hanya persoalan lokal Garut dan sudah selesai

Rabu, 07/11/2018 11:20 0

Indonesia

Pertemuan Sub Regional, 9 Negara Bahas Program Baru Penanggulangan Terorisme

Pertemuan Sub Regional Penanggulangan Terorisme (Sub Regional Meeting On Counter Terorism) digelar di Jakarta dengan diikuti oleh sembilan negara peserta

Rabu, 07/11/2018 10:18 0

Indonesia

FKAM Kebut Huntara untuk Korban Gempa Lombok

“Total huntara yang kita bangun sejumlah 55 unit, untuk 55 KK,” terang Agung Suharno, koordinator FKAM Lombok kepada Kiblat.net (07/11).

Rabu, 07/11/2018 08:58 0

Manhaj

Membumikan Laa Ilaha Illallah dalam Seluruh Aspek Kehidupan

Laa Ilaha Illallah adalah misi para Nabi. Tidaklah seluruh Nabi diutus kepada kaumny, melainkan membawa misi Laa Ilaha Illallah. Namun, dewasa ini kalimat tauhid semakin tereduksi maknanya. Sebagian pihak hanya menganggap kalimat ini hanya sebatas kalimat zikir

Selasa, 06/11/2018 18:39 0

Indonesia

Ditunda Karena Gempa, Pertemuan Internasional Bahas Terorisme Pindah ke Jakarta

Pertemuan SRM on CT tersebut dihadiri oleh perwakilan dari sembilan negara sub regional yaitu Indonesia, Australia, Brunei Darussalam, Filipina, Malaysia, Myanmar, Selandia Baru, Singapura, dan Thailand.

Selasa, 06/11/2018 15:12 0

Close