... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Sanksi AS Berlaku di Tengah Kekacauan Ekonomi Iran

Foto: Aksi protes di Iran menuntut air bersih.

KIBLAT.NET, Teheran – Amerika Serikat telah memberlakukan kembali sanksi minyak dan keuangan terhadap Iran sebagai tekanan agar negara itu mengekang program nuklirnya, Senin (05/11/2018).

Selama setahun terakhir, Teheran telah menyebut Presiden AS Donald Trump melancarkan “perang ekonomi” dan menghancurkan ekonominya.

Kepala militer Iran, Mayor Jendral Mohammad Ali Jafari mengatakan bahwa serangan Trump terhadap ekonomi Iran merupakan upaya putus asa untuk mengalahkan negaranya. Ia meyakini bahwa upaya itu akan gagal.

Namun, nada optimis Jafari sangat kontras dengan kekacauan ekonomi yang meluas yang dialami Iran selama 12 bulan terakhir, yang ditandai anjloknya nilai mata uang, kegaduhan dalam tim ekonomi Presiden Hassan Rouhani dengan beberapa menteri diberhentikan, dan protes nasional terhadap kenaikan harga dan kondisi ekonomi yang mengerikan.

Berdasarkan angka-angka dari Organisasi Negara Pengekspor Minyak (OPEC), ekspor minyak Iran mencapai $ 52.728bn pada tahun 2017. Ekspor minyak mentahnya mencapai 2.125.000 barel per hari pada tahun yang sama, sementara ekspor gas alamnya mencapai 12,9 miliar meter kubik. Angka-angka itu, bagaimanapun, telah menurun pada tahun ini.

“Di India, misalnya, impor minyak mentah dari Iran turun dari 690.000 barel per hari pada bulan Mei menjadi sekitar 400.000 barel per hari pada bulan Agustus,” kata Vandana Hari, seorang analis pasar minyak global yang berbasis di Singapura.

Menurut Administrasi Informasi Energi AS, sektor energi Iran menyumbang hingga 80 persen dari pendapatan negara itu. Sehingga, sanksi bisa membawa rasa sakit yang serius ke garis bawah keuangan dan orang-orangnya.

BACA JUGA  Sanksi AS Tidak Ditujukan untuk Menjatuhkan Pemerintah Iran

Sumber: Al-Jazeera
Redaktur: Ibas Fuadi

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Suara Pembaca

LDK MPM Unhas Salurkan Bantuan Al-Quran untuk Pengungsi Sulteng

"Saat penyaluran di Balaroa, warga berebut Al-Quran dari kami, Alhamdulillah tidak kalah dengan perebutan sembako," ungkapnya.

Selasa, 06/11/2018 10:49 0

Indonesia

Polisi Tak Hadir di Praperadilan Sukmawati, HRS Kecewa

Kita, lanjutnya, berharap kepada hakim jika pihak termohon tidak datang, kami minta persidangan tetap dilanjutkan. Kalau datang minimal dilanjutkan dengan pembacaan permohonan untuk meringkas waktu.

Selasa, 06/11/2018 10:40 0

Indonesia

Kepolisian Tak Hadir, Sidang Praperadilan Sukmawati Ditunda

Di awal persidangan, hakim membacakan tiga termohon yang tidak hadir. Pertama, dari Direktorat Umum Bareskrim, kedua Direktorat Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri, dan yang ketiga Kapolri.

Selasa, 06/11/2018 10:35 0

Indonesia

Dukung UAS Bicara Soal Khilafah, Din Syamsuddin: Itu Ajaran Islam

Ketua Dewan Pertimbangan MUI Din Syamsuddin mengaku prihatin dengan sejumlah tindakan yang dialami Ustadz Abdul Somad; seperti persekusi, pengadangan ceramah hingga fitnah.

Senin, 05/11/2018 16:18 0

Opini

Jalan Menuju Sekularisme dan Politik Machiavelli di Arab Saudi

Salah satu langkah kontroversial lainnya yang diambil adalah menangkapi sejumlah ulama yang tidak secara terbuka menyatakan dukungan terhadap pemerintah, di antaranya Syaikh Salman al-Audah. Implikasinya, otoritas ulama dan keagamaan Arab Saudi yang sudah lama terstruktur secara mapan berkonskuensi mengalami pelemahan.

Senin, 05/11/2018 11:42 0

Indonesia

Ustadz Oemar Mita: Musibah Adalah Surat Cinta dari Allah Ta’ala

Ratusan jamaah berbondong-bondong pergi ke Masjid Jami' Al-Mujahidin Wani Kabupaten Donggala untuk mengikuti tabligh akbar oleh Ustadz Oemar Mita yang dilaksanakan oleh Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Sulawesi Tengah. 

Senin, 05/11/2018 11:12 0

Artikel

Gurita Syiah Iran di Damaskus Sebelum Arab Spring

Iran mencoba untuk menerapkan model Iraq di Suriah dan menyusup melalui lembaga agama, sekolah dan universitas dan mengalokasikan anggaran khusus untuk tujuan ini.

Ahad, 04/11/2018 11:55 0

Video News

Orasi Seberapa Greget  Loe Felix Siauw:  Loe Bilang Kami Makar,  Loe Main Bakar

Loe bilang bahwa kami makar, loe yang main bakar! Tapi kalo loe bakar satu, gue kibarin seribu!

Sabtu, 03/11/2018 18:16 21

Manhaj

Pemimpin yang Mempermainkan Urusan Agama

Hubungan antara kekuasaan dan agama itu bagaikan dua saudara kembar yag saling menjaga antara satu sama lain. Kekuasaan dijaga oleh Islam agar tidak menyimpang dan agama dijaga oleh kekuasaan agar bisa dilaksanakan.

Sabtu, 03/11/2018 16:25 0

Artikel

Mualaf dan Hijrah di Bawah Naungan Infotainment

Semua persoalan ini bermuara pada praktek lancang media yang menyulap makna mualaf atau hijrah dalam mesin-mesin yang mencetak agama menjadi komoditas semata. Motif media, terlebih media sekular tentu saja bukan hikmah atau perjalanan menuju hidayah mualaf atau pribadi yang hijrah tadi,

Jum'at, 02/11/2018 22:05 1

Close