... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Ditunda Karena Gempa, Pertemuan Internasional Bahas Terorisme Pindah ke Jakarta

Foto: ertemuan Sub Regional Meeting On Counter Terrorism (SRM on CT) di Jakarta, Selasa (06/11/2018).

KIBLAT.NET, Jakarta – Pertemuan Sub Regional Meeting On Counter Terrorism (SRM on CT) digelar siang ini di Fairmont Hotel Jakarta. Acara tertutup tersebut dipimpin langsung oleh Menkopolhukam Indonesia, Wiranto dan Menteri Dalam Negeri Australia, Peter Dutton.

Dalam keterangan pers yang diterima Kiblat.net sesaat sebelum pertemuan dimulai, Kemenkopolhukam mengatakan bahwa pola penyebaran paham radikal yang merupakan cikal bakal dari aksi terorisme telah berkembang. Para pelaku teror juga telah memodifikasi strategi serta pola serangan mereka

“Sebelumnya mereka beraksi sebagai satu organisasi dalam melakukan serangan, namun kini serangan-serangan tersebut muncul dalam unit yang lebih kecil atau bahkan atas inisiasi sendiri atau lone wolf serta juga melibatkan kaum perempuan dan anak-anak,” kata Wiranto.

Untuk itu, Wiranto menyebut pertemuan ini nantinya akan berfokus pada bagaimana merespon evolusi strategi dan taktik terorisme.

“Pertemuan tersebut merupakan upaya dari negara-negara sub kawasan guna mengantisipasi dan menanggulangi masalah terorisme, khususnya dengan melihat perkembangan dan perubahan strategi serta taktik para teroris,” ujar Menkopolhukam tersebut.

Dia juga menambahkan, pertemuan ini juga bertujuan untuk membangun sinergi antara pemerintah dan LSM, khususnya yang bergerak di bidang perlindungan perempuan dan keluarga.

“Hal ini untuk mencegah nilai-nilai ideologis yang bersifat radikal serta dapat memicu ekstremisme kekerasan,” imbuhnya.

Pertemuan SRM on CT tersebut dihadiri oleh perwakilan dari sembilan negara sub regional yaitu Indonesia, Australia, Brunei Darussalam, Filipina, Malaysia, Myanmar, Selandia Baru, Singapura, dan Thailand.

BACA JUGA  Khutbah Jumat: Kalimat Tauhid dan Barometer Akhlaqul Karimah

Pertemuan sembilan negara itu sedianya dijadwalkan pada 6 Agustus 2018 lalu di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Namun sehari sebelumnya terjadi gempa berkekuatan 7.0 Skala Richter yang menyebabkan pertemuan tersebut ditunda.

Reporter: Qoid
Editor: M. Rudy

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Artikel

Sanksi AS Tidak Ditujukan untuk Menjatuhkan Pemerintah Iran

"Tujuan utama kami adalah meyakinkan rezim untuk meninggalkan jalur revolusionernya saat ini," kata Pompeo. “Rezim Iran punya pilihan. Ia bisa berbalik 180 derajat dan bertindak seperti negara normal, atau bisa melihat ekonominya runtuh.”

Selasa, 06/11/2018 14:42 0

Iran

Sanksi AS Berlaku di Tengah Kekacauan Ekonomi Iran

Ekspor minyak mentah Iran mencapai 2.125.000 barel per hari pada tahun yang sama, sementara ekspor gas alamnya mencapai 12,9 miliar meter kubik. Angka-angka itu, bagaimanapun, telah menurun pada tahun ini.

Selasa, 06/11/2018 13:44 0

Suara Pembaca

LDK MPM Unhas Salurkan Bantuan Al-Quran untuk Pengungsi Sulteng

"Saat penyaluran di Balaroa, warga berebut Al-Quran dari kami, Alhamdulillah tidak kalah dengan perebutan sembako," ungkapnya.

Selasa, 06/11/2018 10:49 0

Suriah

Jaringan HAM: Rezim Suriah Tangkapi Pejuang Oposisi yang Berdamai

Ini merupakan pelanggaran terhadap perjanjian kesepakatan yang telah ditandatangani.

Selasa, 06/11/2018 09:06 0

Amerika

AS Bolehkan Delapan Negara Ini Beli Minyak Iran Meski Sanksi Berlaku

Di antara delapan negara itu, Turki, Cina, Italia dan Korea Selatan

Selasa, 06/11/2018 07:53 0

Asia

India Larang Salat Lima Waktu di Taj Mahal

para petugas telah memutus jaringan air untuk berwudhu di Taj Mahal sejak Ahad malam.

Selasa, 06/11/2018 07:17 0

Suriah

Rusia Tuduh Oposisi Suriah Langgar Kesepakatan Idlib

Kementerian pertahanan Rusia menuduh oposisi Suriah menewaskan empat tentara Suriah sebagai akibat serangan yang dilancarkan di Idlib.

Senin, 05/11/2018 13:56 0

Amerika

Pembunuhan Khashoggi, AS Tegaskan Jaga Hubungan dengan Saudi

Pompeo mengatakan AS bekerja dengan bijaksana dalam menyikapi setiap fakta yang terungkap. Kami, kata Pompeo, juga terus menjalinkomunikasi dengan Turki dan Saudi.

Senin, 05/11/2018 13:17 0

Opini

Jalan Menuju Sekularisme dan Politik Machiavelli di Arab Saudi

Salah satu langkah kontroversial lainnya yang diambil adalah menangkapi sejumlah ulama yang tidak secara terbuka menyatakan dukungan terhadap pemerintah, di antaranya Syaikh Salman al-Audah. Implikasinya, otoritas ulama dan keagamaan Arab Saudi yang sudah lama terstruktur secara mapan berkonskuensi mengalami pelemahan.

Senin, 05/11/2018 11:42 0

Arab Saudi

Sempat Dikabarkan Meninggal, Kesehatan Syaikh Safar Al-Hawaly Stabil

“Syaikh Safar Al-Hawali –yang ditangkap beberapa bulan lalu— masih hidup. Kondisi kesehatannya stabil setelah periode penurunan karena kondisi buruk yang dialaminya di dalam penjara,” tulis akun aktivis tersebut, seperti dinukil Al-Jazeera pada Ahad.

Senin, 05/11/2018 10:12 0

Close