... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

UBN dan Bupati Sigi Resmikan Huntara “Berkah Berjamaah” AQL Peduli

Foto: UBN dan Bupati Sigi Resmikan Huntara "Berkah Berjamaah" AQL Peduli.

KIBLAT.NET, Sigi – Teriknya matahari tak menyurutkan semangat masyarakat Desa Mpanau, Kecamatan Biromaru, Kabupaten Sigi, Provinsi Sulawesi Tengah untuk bangkit dari penderitaan pasca gempa. Wajah kebahagiaan itu terpancar di aula komplek huntara “Berkah Berjamaah” yang dibangun AQL Peduli.

Masyarakat berbondong-bondong menghadiri peresmian komplek tersebut. Acara dihadiri oleh pimpinan Ar-Rahman Quranic Learning (AQL) Islamic Center KH. Bachtiar Nasir, Bupati Sigi Muhammad Irwan Lapata, Ketua Kecamatan Biromaru dan Kepala Polsek Setempat.

Bupati Sigi Muhammad Irwan Lapata menghaturkan banyak terima kasih atas kepedulian AQL untuk menguatkan masyarakat Sigi. Sehingga Sigi bisa kembali bangkit dari musibah gempa.

Acara dimeriahkan dengan keceriaan anak-anak. Nabil dan Nabilah, dua anak kembar itu memimpin teman-temannya membawakan bacaan Al-Quran di atas panggung. Tak mau kalah, para ibu pun memberanikan naik ke atas panggung untuk menjawab beberapa tantangan yang diberikan oleh pimpinan AQL KH. Bachtiar Nasir.

Pria akrab disapa UBN ini, berpesan kepada masyarakat untuk selalu takut hanya kepada Allah Ta’ala. Ketakutan itu hendaknya ditancapkan di dalam hati setiap hari, yang tidak hanya diaplikasikan saat terjadi bencana saja.

“Kita jadikan musibah ini untuk kembali kepada Allah. Bagi yang belum shalat, mari tingkatkan shalat lima waktunya. Bagi pria untuk melakukan shalat berjamaah di masjid,” serunya kepada masyarakat di komplek huntara “Berkah Berjamaah” AQL, Desa Mpanau, Kecamatan Biromaru, Kabupaten Sigi, Provinsi Sulawesi Tengah, Jumat, (02/11/2018).

BACA JUGA  Cegah Corona, Walikota Pekalongan Berlakukan Jam Malam

Acara peresmian ditandai dengan potong pita yang diikuti dengan serah terima kunci huntara kepada masyarakat yang mendapatkan. Kunci diserahkan langsung oleh Bupati Sigi. Acara dilanjutkan dengan menunaikan shalat Jumat dan shalat ghaib perdana di Masjid Al Barakah di komplek itu.

UBN bersama anak-anak Sigi.

UBN bersama anak-anak Sigi.

UBN, yang juga menjabat Sekjen Majelis Intelektual Muda Indonesia (MIUMI) itu dalam khutbah Jumat-nya menyampaikan kepada korban bencana untuk bersabar di saat lapang maupun sulit. Karena dengan bersabar maka Allah Taala akan memberikan naungan dan rahmat-Nya.

“Mengenali hakikat musibah itu penting, sebab tidak ada musibah kecuali atas kehendak Allah Ta’ala,” tuturnya.

Mengutip Imam Al-Qurtubi, UBN kemudian menjelaskan tentang asbabun nuzul (sebab-sebab turunnya) Surat At-Taghabun ayat 11 terkait ayat musibah. Ketika itu orang-orang kafir mengolok-olok umat beriman yang sedang ditimpa musibah. Orang kafir berkata kalau mereka itu beriman seharusnya tidak akan ditimpa musibah.

“Di sini perbedaan antara umat beriman dengan orang kafir, bagi mereka yang beriman ketika ditimpa musibah maka Allah Ta’ala memberikan petunjuk-Nya. Petunjuk yang pertama adalah sabrun jamil (kesabaran yang indah). Bentuk kesabaran yang indah itu, ketika umat beriman meyakini bahwa di balik musibah selalu ada rahmat dari Allah Ta’ala. Petunjuk ke dua, bertambahnya keimanan seseorang kepada Allah Ta’ala,” jelasnya.

Di penghujung acara, dilaksanakan makan siang bersama. AQL Peduli juga turut memenuhi kebutuhan sembako bagi korban bencana Sigi. Setiap peserta mendapatkan paket sembako, sehingga masyarakat pulang ke pengungsian mereka dengan tidak bertangan hampa. Keindahan berkah berjamaah terpancar dari wajah-wajah mereka yang bersemangat. “Sigi Kuat, Sigi Bangkit, Allahu Akbar” menjadi jargon mereka.

BACA JUGA  Haris Azhar Kritik Kebijakan Jokowi Soal Listrik Gratis

Reporter: Hafidz Syarif
Editor: M. Rudy

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Analisis

Mengapa Al-Qaidah Menargetkan Menara Kembar WTC?

Serangan 11 September merupakan momen yang menentukan dalam sejarah perang dan terorisme. Di samping itu, 11/9 ini merupakan serangan pertama yang direncanakan dan dieksekusikan dengan memanfaatkan sistem koneksi digital.

Jum'at, 02/11/2018 14:20 1

Afghanistan

SIGAR: Taliban Sekarang Lebih Kuat dari Sejak Tahun 2001

Penguasaan pasukan keamanan Afghanistan terhadap ibu kota Kabul telah merosot dalam beberapa bulan terakhir, selain menderita kerugian tinggi dalam perang melawan Taliban.

Jum'at, 02/11/2018 13:37 0

Palestina

Pejuang Palestina Hentikan Demonstrasi di Perbatasan Gaza-Israel

Namun Kamis petang, faksi-faksi Palestina di Gaza menyatakan setuju untuk mengurangi tingkat gesekan dalam rangka menyukseskan pembicaraan yang sedang ditengahi oleh Mesir

Jum'at, 02/11/2018 10:49 0

Turki

Bahas Manbij dan Idlib, Erdogan-Trump Bertekad Jaga Hubungan Bilateral

"Presiden kami dan Presiden Trump menegaskan kembali tekad untuk mengambil langkah-langkah konstruktif menuju penguatan hubungan bilateral AS-Turki lebih lanjut," kata pernyataan tersebut.

Jum'at, 02/11/2018 10:00 0

Opini

Mari Ketawa ala #JanganSuriahkanIndonesia

Di jagat sosial media, muncul trending topik aneh, #JanganSuriahkanIndonesia. Disebut aneh, karena jarak Garut, tempat pembakaran bendera tauhid terlalu jauh dengan Suriah; baik secara tempat apalagi peristiwa.

Jum'at, 02/11/2018 09:34 0

Pakistan

Buntut Vonis Bebas Penghina Islam, Pakistan Diambang Kekacauan

Berbagai kelompok Islam turun ke jalan memprotes vonis tersebut. Mereka akan menggelar aksi besar-besara Jumat ini

Jum'at, 02/11/2018 09:04 0

Yaman

Koalisi Saudi Klaim Hancurkan Gudang Rudal Balistik Syiah Hutsi

Ia menjelaskan, target-target tersebut ditentukan berdasarkan operasi intelijen detail untuk memantau aktivitas milisi Hutsi. Operasi intelijen ini bertujuan menghancurkan dan melemahkan kemampuan Hutsi yang mengancam keamanan regional dan internasional.

Jum'at, 02/11/2018 07:38 0

Suriah

Patroli Turki-AS di Manbij Dimulai

konvoi kendaraan lapis baja yang terdiri dari enam mobil berbendera AS dan lainnya berbendera Turki.

Jum'at, 02/11/2018 06:48 0

Suara Pembaca

AQL Peduli Bangun Komplek Huntara untuk Korban Gempa Sulteng, Ini Fasilitasnya

KIBLAT.NET, Sulteng – Ar-Rahman Quranic Learning (AQL) Islamic Center menggelar program pembangunan hunian sementara (huntara)...

Kamis, 01/11/2018 19:17 0

Khutbah Jum'at

Khutbah Jumat: Kalimat Tauhid, Azas Persatuan Umat Islam

Khutbah Jumat: Kalimat Tauhid, Azas Persatuan Umat Islam

Kamis, 01/11/2018 18:44 1

Close