Aksi Bela Tauhid II, Polisi Tutup Jalan Merdeka Barat Pakai Kawat Berduri

KIBLAT.NET, Jakarta – Umat Islam kembali menggelar Aksi Bela Tauhid II di kawasan Monumen Jakarta (Monas), Jumat (02/11/2018) sebagai reaksi atas pembakaran bendera tauhid oleh anggota Barisan Ansor Serbaguna (Banser) di Garut. Aksi serupa digelar sepekan sebelumnya.

Seusai shalat Jumat, terpantau sejumlah massa telah mendatangi kawasan Monas. Dalam pantauan kiblat.net, massa aksi telah memulai longmarch menuju seputaran Patung Kuda, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat.

Massa aksi yang juga disebut-sebut sebagai Aksi 211 itu direncanakan akan melakukan longmarch dari Masjid Istiqlal. Nantinya aksi akan dipusatkan di depan Istana Negara, Jalan Medan Merdeka Utara.

Namun pihak kepolisian saat ini telah menutup Jalan Medan Merdeka Barat, yang menutup jalan massa peserta aksi menuju ke depan Istana Merdeka. Penutupan dilakukan dengan memasang kawat berduri didepan gedung Sapta Pesona.

Hingga berita ini dibuat, ribuan massa yang dominan berpakaian putih-putih terlihat telah mulai berdatangan. Mereka terlihat membawa atribut-atribut yang bertuliskan kalimat tauhid mulai bendera, topi, hingga ikat kepala.

Dari pihak keamanan, ribuan personil gabungan TNI-Polri juga terlihat disiagakan. Kepolisian juga menerjunkan pasukan Dalmas yang dilengkapi dengan pentungan dan tameng, juga beberapa penembak gas air mata terlihat bersiaga. Tak kurang dari 5 kendaraan lapis baja disiapkan di lokasi untuk mengamankan aksi kali ini.

Reporter: Qoid
Editor: Imam S.

Ingin Langganan Artikel?
Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan update artikel terbaru.
Anda dapat berhenti langganan kapan saja.
Anda mungkin juga berminat