... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

Khazanah

Sholat Ghoib Bagi Korban Kecelakaan Pesawat

Foto: Pesawat Jatuh (detik)

KIBLAT.NET – Ketika terjadi kecelakaan pesawat, maka jatuhlah banyak korban yang terkadang sulit untuk diidentifikasi. Ada yang tenggelam dan ada pula yag hanya ditemukan sebagian tubunya. Bagi umat Islam yang hendak melakukan sholat ghaib, hal ini sedikit membingungkan karena tidak semua penumpang beragama Islam. Lantas seperti apa cara menyolatkannya?

Sebelum menjawab pertanyaan di atas, perlu diketahui bahwa sholat ghaib adalah sholat yang dilakukan tatkala seorang muslim yang meninggal dunia pada tempat yang jauh dan tidak mungkin didatangi. Hal ini sebagaimana perbuatan Nabi Muhammad shalallahu ‘alaihi wa sallam sendiri. Ketika beliau mendengar kabar meninggalnya Raja Najasyi yang telah masuk Islam, beliau melakukan sholat ghaib.

أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ نَعَى النَّجَاشِيَّ فِي الْيَوْمِ الَّذِي مَاتَ فِيهِ خَرَجَ إِلَى الْمُصَلَّى فَصَفَّ بِهِمْ وَكَبَّرَ أَرْبَعًا

Bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam mengumumkan kematian An-Najasyi pada hari kematiannya. Kemudian beliau keluar menuju tempat shalat lalu beliau membariskan shaf kemudian bertakbir empat kali.” (HR. Al-Bukhari no. 1337)

Berniat Mensyolatkan Jenazah Muslim

Sunnah sholat ghaib ini hanya diperuntukkan bagi jenazah yang muslim saja. Karena Allah melarang untuk mensholatkan jenazah orang munafik dan kafir.

وَلا تُصَلِّ عَلَى أَحَدٍ مِنْهُمْ مَاتَ أَبَدًا وَلا تَقُمْ عَلَى قَبْرِهِ إِنَّهُمْ كَفَرُوا بِاللَّهِ وَرَسُولِهِ وَمَاتُوا وَهُمْ فَاسِقُونَ

“Dan janganlah sekali-kali kamu menshalatkan jenazah salah seorang diantara mereka (orang-orang munafiq) selama-lamanya, dan janganlah kamu berdiri (mendoakan) di atas quburnya. Sesungguhnya mereka itu telah kafir kepada Allah dan Rasul-Nya, dan mereka mati dalam keadaan fasiq.”  (QS. At-Taubah : 84)

Karena inti dari sholat jenazah atau sholat ghaib adalah mendoakan si mayit. Walau pun kita tidak mengetahui namanya atau jenis kelaminnya. Selama ia muslim, maka kita dianjurkan untuk mendoakannya.

Jenazah yang Tidak Diketahui Identitasnya

Ketidak-harusan mengetahui identitas jenazah ini dijelaskan oleh Imam an-Nawawi rahimahullah dalam kiabnya Al-Majmu. Beliau menerangkan bahwa niat sholat ghaib cukup hanya dalam rangka menggugurkan kewajiban fardhu kifaiyyah.

(الصحيح) الاكتفاء بمطلق نية الفرض ولا يفتقر إلى تعيين الميت، وأنه زيد أو عمرو أو امرأة أو رجل، بل يكفيه نية الصلاة على هذا الميت وإن كان مأموما ونوى الصلاة على من يصلي عليه الإمام كفاه، صرح به البغوي وغيره

“Yang benar adalah cukup dengan niat untuk melaksanakan kewajiban (kifaiyyah) secara umum saja. Tidak perlu menspesifikasikan niat pada mayit (yang hendak ia shalatkan). Seperti seorang berniat, shalat saya ini untuk Zaid atau Amr, laki-laki atau perempuan. Jadi cukup meniatkan shalat jenazah untuk mayit yang bersangkutan. Bila ia sebagai makmum, kemudian ia berniat sebagaimana niat imam (red. tanpa harus mencari tau niat sang imam) maka itu sudah mencukupi. Hal ini sebagaimana dijelaskan oleh Al-Baghawi dan yang lainnya.” (Al-Majmu’, 5/187)

Hal ini juga diperjelas dengan keterangan dalam kitab Kifayatul Akhyar :

ولا يشترط تعين الميت بل لو نوى الصلاة على من صلى عليه الإمام كفى

“Tidak disyaratkan harus meniatkan shalat jenazah untuk mayit tertentu. Bahwa jika berniat shalat jenazah sebagaimana niatnya imam, itu sudah cukup.”  (Kifayatul Akhyar, hlm. 162).

Sehingga jelaslah bahwa niat sholat ghaib cukup hanya dalam rangka melaksanakan fardhu kifaiyyah saja. Tidak harus kita mengetahui identitas jenazah, baik dia seorang laki-laki atau perempuan, muslim atau kafir. Maka, cukuplah kita niatkan hanya untuk mensholatkan jenazah yang muslim saja. Wallahu ‘alam bish showab..

Penulis: Zamroni
Editor: Arju

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Turki

Militer AS dan Turki Siap Mulai Patroli Bersama di Manbij, Suriah

Robertson tidak menjelaskan kapan pelaksanaan operasi itu dimulai.

Selasa, 30/10/2018 14:16 0

Indonesia

Ahli Hukum Pidana: Pembakar Bendera Tauhid Ditetapkan Tersangka untuk Meredam Opini Publik

Ahli hukum pidana, Nasrullah Nasution menduga penetapan tersangka dua anggota Banser yang membakar bendera hanya untuk meredam opini publik.

Selasa, 30/10/2018 14:13 0

Indonesia

Sidang Perdana Praperadilan Kasus Sukmawati Digelar 5 November Mendatang

Sidang perdana praperadilan soal penghentian kasus Sukmawati akan digelar pada 5 November 2018 mendatang.

Selasa, 30/10/2018 12:37 0

Indonesia

Pembakar Bendera Tauhid Dijerat Pasal 174 KUHP, Polisi Dinilai Kaburkan Substansi Permasalahan

Ahli hukum pidana, Nasrullah Nasution menyayangkan penetapan tersangka dua oknum Banser yang membakar bendera tauhid

Selasa, 30/10/2018 12:26 0

Indonesia

Dianggap Mengganggu Rapat Umum, Pembakar Bendera Tauhid Jadi Tersangka

Pihak kepolisian menetapkan dua anggota Banser pembakar bendera tauhid yang berinisial M dan F sebagai tersangka.

Selasa, 30/10/2018 11:19 0

Arab Saudi

Menlu Turki: Jaksa Agung Saudi Akui Pembunuhan Khashoggi Terencana

“Jaksa Agung Saudi mengakui bahwa pembunuhan Khashoggi terencana sebelumnya. Ia juga menekankan pentingnya menyelesaikan penyelidikan Saudi dalam kasus pembunuhan Khashoggi secepat mungkin,” kata Jawushglu dalam konferensi pers

Selasa, 30/10/2018 09:30 0

Arab Saudi

Saudi Gelar Latihan Militer Gabungan dengan Lima Negara Arab

Latihan ini bersandi "Perisai Arab 1"

Selasa, 30/10/2018 07:29 0

Iran

Tak Ada yang Menawar, Iran Terpaksa Jual Minyak Mentah Lebih Murah

Kondisi itu terjadi menjelang diberlakukan sanksi kedua AS pekan depan.

Selasa, 30/10/2018 06:40 0

Arab Saudi

Amnesty: Syaikh Al-Audah Terancam Vonis Mati di Persidangan Ketiga

"Kami menyerukan kepada pemerintah Saudi untuk membatalkan rencana mengeluarkan hukuman mati dan membebaskan semua tahanan berpendapat,” imbuhnya.

Senin, 29/10/2018 20:13 0

Indonesia

YLKI: Lion Air Harus Beri Kompensasi Bagi Korban Kecelakaan Pesawat

Ketua Pengurus Harian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI), Tulis Abadi menanggapi soal jatuhnya pesawat Lion Air JT 610

Senin, 29/10/2018 15:29 0

Close