... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Menlu Al-Jubeir: Hubungan Saudi dengan Amerika Sangat Kuat

Foto: Raja Arab Saudi Salman bin Abdul Aziz dan Presiden AS Donald Trump.

KIBLAT.NET, Manama – Menteri Luar Negeri Adel Al-Jubeir membantah laporan media bahwa Arab Saudi bermaksud untuk menggeser aliansinya dari Amerika Serikat dan Barat. Ia menegaskan bahwa hubungan mereka tidak akan berubah.

“Kerajaan Arab Saudi memiliki hubungan strategis dengan Amerika Serikat yang kembali ke tahun 1930-an, itu diabadikan oleh pertemuan dengan almarhum Raja Abdulaziz dan Franklin Roosevelt,” kata Al-Jubeir pada hari pertama dialog tahunan di Manama yang diselenggarakan International Institute for Strategic Studies (IISS), Bahrain, Sabtu (27/10/2018).

“Hubungan itu sangat kuat. Arab Saudi telah menjadi sekutu negara-negara Barat sejak awal negara Saudi ketiga. (Hubungan) itu tidak akan berubah. Teman-teman datang dan pergi tetapi tetap ada minat, ini adalah bagaimana kita melihat hubungan kita dengan Barat pada umumnya dan Amerika Serikat pada khususnya.”

Al-Jubeir juga memuji strategi Timur Tengah pemerintah saat ini, terutama dalam kaitannya dengan masalah Iran. “Presiden Donald Trump telah melindungi sekutu AS sejak ia menjabat, sebuah kebijakan luar negeri yang ‘rasional dan realistis’,” ujarnya.

“Dia telah mengalahkan Daesh (ISIS) di Suriah karena dia tidak ragu untuk mengerahkan kekuatan. Dia telah mengalahkan Daesh (ISIS) di Iraq, ketika butuh bertahun-tahun bagi pemerintahan Obama untuk membuat kemajuan. Dia telah menempatkan Iran pada pemberitahuan bahwa bisnis seperti biasa tidak dapat dilanjutkan, dan menjatuhkan sanksi terhadap Iran,” jelas Al-Jubeir.

BACA JUGA  Arab Saudi Tetap Gelar Ibadah Haji, Tapi Dibatasi

Terkait pembunuhan jurnalis Saudi Jamal Khashoggi di Turki, Al-Jubeir mengatakan pemerintah Saudi berkomitmen untuk menemukan semua fakta, dan bekerja sama dengan pemerintah Turki untuk melakukannya.

“Kami tahu kesalahan dilakukan, kami tahu bahwa orang melebihi otoritas mereka, dan kami sedang menyelidiki mereka. Delapan belas warga Saudi telah ditangkap sehubungan dengan kematian Khashoggi, dan permintaan Turki untuk ekstradisi mereka tidak akan diberikan. Mereka adalah warga negara Saudi, mereka ditahan di Arab Saudi, investigasi dilakukan di Arab Saudi dan mereka akan dituntut di Arab Saudi,” katanya.

Sumber: Arab News
Redaktur: Ibas Fuadi


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Bertopi Kalimat Tauhid, UBN: Marahlah Karena Allah!

Pimpinan Arrohman Quranic Learning (AQL) Center, Ustadz Bachtiar Nasir mengatakan bahwa amarah itu anugerah, jika ditempatkan pada tempatnya dan diluapkan secara proporsional.

Ahad, 28/10/2018 12:31 0

Indonesia

Kejagung Klaim Selamatkan Lebih Rp2 Triliun Uang Negara

"Untuk kasus korupsi, selain menindak dalam penanganan, Kejaksaan telah melakukan penyelamatan dan pengembalikan aset negara," kata Jaksa Agung HM Prasetyo.

Ahad, 28/10/2018 10:47 0

Indonesia

Menlu Retno Sebut Indonesia Selalu di Depan Dukung Palestina

Retno menyatakan Indonesia selalu berada di depan dalam mendukung perjuangan Palestina.

Ahad, 28/10/2018 10:10 0

Indonesia

HRS Center Bakal Polisikan Yaqut Cholil Terkait Info Hoaks Bendera

Ahli hukum pidana ini menilai bahwa Yaqut telah melanggar pasal 14 ayat 1 Undang-undang nomor 1 tahun 1946 tentang pemberitahuan berita bohong.

Ahad, 28/10/2018 09:48 4

Profil

Rifa’i Surur, Keluar Masuk Penjara Demi Memperjuangkan Syariat Islam

Jika ada pertanyaan, siapakah yang pantas disebut sebagai syaikh bagi seluruh jamaah jihad di Mesir. Maka, akan dijawab tanpa pikir panjang dengan menyebut nama Rifai Surur

Ahad, 28/10/2018 06:45 0

Indonesia

Jalur Gaza Dibombardir Jet Tempur Israel

Israel Mengebom 80 Lokasi di Jalur Gaza

Sabtu, 27/10/2018 14:49 0

Video News

Kiblat Review : Ijtima Ulama dan Politik Umat Islam

KIBLAT.NET- Ijtima ulama 2, sudah digelar dan menghasilkan kesepakatan. Salah satunya dengan adanya pakta integritas...

Sabtu, 27/10/2018 12:09 0

Indonesia

Kesepakatan Wapres dan Pimpinan Ormas Islam Terkait Pembakaran Bendera Tauhid

Lima Kesepakatan Wapres dan Pimpinan Ormas Terkait Pembakaran Bendera Tauhid

Sabtu, 27/10/2018 10:19 0

Analisis

Skenario Global di Balik Industri Islamofobia

Mereka membagi adanya “Good Muslims” dan “Bad Muslims”. “Good Muslims” adalah umat Islam yang mau bekerja untuk Barat. Kumar menganalogikan pendekatan Islamofobia liberal sebagai “penjajahan berbulu domba”.

Sabtu, 27/10/2018 06:00 1

Artikel

Khilafah dan Ujian Negara Bangsa

Masih relevankah konsep negara bangsa di tengah gempuran globalisasi, liberalisasi ekonomi, banjir informasi bahkan mobilitas penduduk? Mampukah ia bertahan?

Sabtu, 27/10/2018 02:38 0

Close