Pushami Polisikan Yaqut dan Anggota Banser Pembakar Bendera Tauhid

KIBLAT.NET, Jakarta – Pusat Hak Asasi Muslim Indonesia (Pushami) melaporkan anggota Banser yang membakar bendera bertuliskan kalimat tauhid ke Bareskrim Polri. Selain itu, Ketua Umum GP Ansor Yaqut Cholil Qoumas juga ikut dilaporkan terkait kasus tersebut.

Pushami menilai, pembakaran tersebut adalah pelecehan terhadap kalimat tauhid yang diakui sebagai simbol milik umat Islam di seluruh dunia. Pushami melaporkan dengan dugaan pelanggaran atas pasal 165a tentang penodaan agama.

Ketua Biro Hukum Pushami, Aziz Yanuar membawa serta barang bukti berupa CD berisi video pembakaran ikat kepala dan bendera bertuliskan kalimat tauhid.

“Barang bukti berupa CD berisi tindakan pembakaran, ikat kepala dan bendera yang diduga dilakukan sengaja dengan motif kebencian. Kita duga seperti itu, nanti biar pihak kepolisian yang menilai hal tersebut ya,” ujar Aziz kepada wartawan usai pelaporan di Bareskrim, Kamis (25/10/2018).

Sebelumya, dua oknum pembakaran bendera tauhid di Garut dibebaskan oleh pihak kepolisian. Mengenai hal ini, Pushami berharap kepolisian bertindak profesional. Aziz menyebut, apa yang dilakukan oknum Banser tersebut telah menyebabkan kemarahan umat Islam khususnya di Indonesia. Pushami juga hadir untuk melaporkan upaya sweeping simbol tauhid yang juga diserukan Banser.

“Video-videonya juga sudah ada buktinya. Jadi selain pembakaran, ikat kepala dan bendera, juga upaya-upaya mereka men-sweeping simbol-simbol tauhid yang sebenernya tidak ada kaitannya dengan simbol HTI. Karena di situ kita ada saksinya bahwa tidak ada tulisan Hizbut Tahrir Indonesia atau ormas apapun di situ. Hanya ada tulisan Laa ilaaha illallah Muhammadurrasulullah, seperti itu,” terang Aziz

BACA JUGA  Habib Hanif: HRS Sudah Bayar Denda Administratif

Sebelumnya, pelaporan juga dilakukan oleh LBH Street Lawyer terkait kasus pembakaran bendera tauhid dalam peringatan Hari Santri Nasional di Garut. Selain tiga orang pembakar bendera, salah satu yang dilaporkan ke Bareskrim Polri adalah Ketua GP Ansor Yaqut Cholil Qoumas.

Reporter: Qoid
Editor: M. Rudy

Ingin Langganan Artikel?
Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan update artikel terbaru.
Anda dapat berhenti langganan kapan saja.
Anda mungkin juga berminat